Tips rumah Bersih Segar dan Nyaman Tanpa AC

Tips dan Trik membuat rumah anda menjadi lebih segar dan nyaman ditempati Tanpa membutuhkan AC. Rumah merupakan tempat yang seharusnya menjadi tempat paling nyaman untuk kita tempati. Meskipun sebetulnya pendapat tentang kenyamanan sebuah rumah itu berbeda-beda, tergantung dari Individu pemilik rumah tersebut.

Meskipun demikian hampir setiap orang menginginkan rumah yang segar, sejuk dan bersih untuk ditempati sehingga mereka rela melakukan berbagai cara untuk mewujudkannya. Apalagi bagi anda yang Hidup di Kota-kota besar yang memiliki suhu yang memang panas dan sangat penting untuk memiliki rumah yang sejuk untuk tempat beristirahat.

banyak cara yang dilakukan, dari mulai menggunakan Lantai kayu untuk kenyamanan rumahnya, mendesain rumah tersebut hingga sesuai dengan yang diharapkan, hingga yang paling penting dan mutlak harus dilakukan adalaha memasang AC untuk mendapat kesegaran.

namun, Tahukah anda bahwa rumah Ideal yang nyaman, segar dan bersih tersebut bisa diwujudkan tanpa perlu memasang AC.

Bagi anda yang sedang mecari Info bagaimana cara mewujudkan rumah yang bersih, Segar dan nyaman tanpa perlu menerapkan AC kami siap memberikan solusinya.

Tips Bagian Pertama : Perencanaan bangunan

1 Buatlah Lubang Ventilasi Silang

Harus anda ketahui bahwa jendela dalam satu ruangan tidaklah cukup untuk memberikan kesegaran pada rumah. Agar pertukaran udara dalam rumah berjalan dengan baik, sebaiknya buatlah Ventilasi silang (cross Ventilation), setidaknya dengan dua buah jendela dan lubang angin yang berhadapan yang berfungsi sebagai tempat udara keluar masuk.

2 Buatlah langit-langit yang tinggi

Langit-langit yang rendah akan mengakibatkan rumah yang terasa sempit. sebainya, rancanglah rumah yang memiliki Plafon (langit-langit) yang cukup tinggi agar suasan ruangan tampak lebih luas dan terasa sejuk.

Plafon kayu Lambersering
Plafon kayu Lambersering

3 Buatlah Rongga dibawah atap

pembuatan rongga dibawah atap ini bertujuan untuk mengusir radiasi panas dari daerah loteng. anda juga bisa menggunakan lapisan alumunium foil dipasang dibawah genteng atap rumah.

4 Buatlah Kolam

buatlah kolam didekat rumah anda, entah itu kolam renang atau kolam ikan, elemen air didalam rumah selain untuk penambahan estetika, dapat juga digunakan untuk memberikan kesan sejuk dan adem. akan lebih baik lagi jika disekitar kolam ditanam dengan tanaman dan rumput yang dapat menyerap panas serta dapat menambah oksigen kerumah.

selain itu, anda juga bisa menambahkan Decking kayu untuk menambah estetika dan kemewahan.

Decking kayu bengkirai untuk tepi kolam berenang

baca : decking kayu bengkirai untuk menambah estetika kolam berenang halaman rumah anda

keempat cara diatas mampu mengatasi rasa panas pada rumah anda apalagi panasnya pusat kota.

Namun, adakalanya, bangunan yang ditempati tidak sesuai dengan kehendak, karena alasannya kita terpaksa menggunakan tempat panas tersebut sebagai hunian.

Anda jangan khawatir karena tips dan trik berikut bisa membantu agar ruangan tetap segar, sejuk dan nyaman pada rungan yang sudah jadi

Tips bagian Kedua : Setelah bangunan berdiri

1 cukup bukaan

rumah anda haruslah memiliki banyak bukaan atau celah yang memungkinkan udara dapat keluar masuk dengan mudah. ini bisa menjadi solusi untuk rumah dengan langit-langit yang lebih rendah.

2 Memperbanyak tanaman dapat menjadi solusi

Memperbanyak tanaman pada halaman rumah anda dapat dijadikan cara agar rumah anda menjadi segar. ini karena udara yang dihasilkan oleh tumbuhan-tumbuhan sangatlah segar.

bagi rumah yang memiliki halaman yang terbatas, menanam tanaman merambat dapat dijadikan solusi. hal ini juga sangat membantu untuk mengurangi pemanasan Global.

3 pasangkan dinding Styrofoam

dinding Styrofoum adalah jenis dinding yang berfungsi untuk meredam suara. namun Tahukah anda, selain digunakan di dalam studio musik untuk meredam suara, Dinding Styrofoum ini juga bisa diandalkan untuk menyerap panas. hal ini karena pada dinding Styrofoam terdapat butiran ini tidak bisa menghantarkan panas.

4 minimalisi sumber panas

sumber peralatan Listrik adalah salah satu sumber panas pada rumah. jadi sebisa mungkin menimalisir penggunaan alat-alat listrik tersebut seperti ricecooker, Setrika, dan lampu.

untuk lampu juga, sebaiknya gunakan lampu hemat energi karena pada lampu ini panas yang dihasilkan lebih rendah dibanding lampu bohlam.

Tips ini juga sangat menguntungkan anda karena dapat meminimalisir biaya pengeluaran listrik bulanan anda.

Tips bagian ketiga : Alat lain yang dapat diterapkan

1 menggunakan kipas angin

cara satu ini merupakan cara yang paling populer digunakan oleh orang-orang Indonesia. selain kipas angin, Blower juga bisa diterapkan untuk menyejukan dan menyegarkan rumah.

1 Menggunakan Kaca Film

kaca film sekarang mulai banyak orang gunakan di bangunan atau perumahan. konsep eco-friendly yaitu konsep yang membuat sinar matahari masuk nhamun tidak membuat kamar menjadi gerah dan panas.

2 menggunakan Turbin Ventilator

Turbin Ventilator dilengkapi dengan sirip-sirip untuk menangkap angin. angin yang berhembus ditangkap sirip dan mengalir ke ruang sehingga sirkulasi udara diruangan lancar dan ruangan menjadi adem.

turbin Ventilator untuk rumah

hanya saja, sama halnya dengan pemasangan AC, pemasangan Turbin Ventilasi ini bisa merogok $$ yang cukup banyak

itulah tips & trik membuat rumah menjadi segar, sejuk dan nyaman tanpa menggunakan AC. semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa beli juga produk lantai kayu kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: