Terdapat sejenis produk kayu yang khusus untuk digunakan / diaplikasikan untuk Plafon bangunan sebagai pengganti gypsum yang sudah terlihat monoton dan membosankan, yang di produksi secara struktural agar lebih mudah saat pemasangan dan lebih murah dari segi kost / biaya, yaitu jenis lambersering atau Lumber Ceilling Kayu.

Lumber Ceilling di produksi dan kembangkan dengan beberapa jenis pilihan produk diantaranya yaitu:

  • Plafon kayu PVC (Poly vinyl Chloride) seperti di kembangkan oleh Shunda Plafon. PVC adalah polimer termoplastik dimana lebih dari 50% PVC yang diproduksi dipakai dalam konstruksi. Sebagai bahan bangunan, PVC relatif murah.
  • Plafon Kayu Solid yaitu yang di produksi dari Kayu asli alami tanpa adanya bahan campuran lain didalamnya. Jenis kayu yang digunakan seperti kayu jati, merbau, ulin, bengkirai, agathis, keruing dan kayu-kayu keras lainnya.

Klik Untuk Melihat Produk Lambersering Kayu Solid

Lambersering Kayu Ulin

Plafon kayu ulin adalah produk andalan lantai-kayu.co.id sebagai media penutup atap hunian, karena kayu ulin merupakan kayu yang berkualitas tinggi. Baik dari segi kekerasan, ketahanan dan keawetannya. Sehingga plafon kayu lambersering yang terbuat dari kayu ulin ini sangat rekomendasi dan disukai oleh sebagian konsumen kami.

harga plafon kayu ulin per meter 2021 & biaya pasangnya

Kayu ulin khas Kalimantan ini mempunyai tingkat kekerasan kelas I, tingkat awet kelas I dan tingkat kekuatan kelas I. Maka tak heran, jika kayu ulin termasuk kedalam jajaran 10 kayu terkeras didunia. Oleh sebab itu pula, kayu ulin ini sering dimanfaatkan sebagai penutup lantai kayu outdoor atau decking karena tahan terhadap perubahan suhu atau cuaca.

Baca juga : Decking kayu ulin untuk dekorasi lantai halaman rumah

Lambersering Kayu Bengkirai

harga plafon kayu bengkirai per meter 2021 & biaya pemasangannya

Pelapis atap kayu bengkirai juga sangat rekomendasi karena tingkat kekerasan yang dimilikinya setara dengan kayu ulin, dengan tingkat keawetan kelas II. Meskipun begitu, plafon kayu bengkirai ini dapat diandalkan sebagai alternatif penutup atap rumah dan sebagai pengganti lambersering kayu ulin yang harganya mahal.

Baca juga : Promo decking kayu bengkirai polos

Lambersering kayu keruing

Selain lambersering kayu ulin dan bengkirai, terdapat juga salah satu produk andalan kami yaitu plafon kayu keruing. Sebab kayu keruing sangat ringan, namun sifatnya keras dan awet. Dengan tekstur permukaan yang sedikit agak kasar.

Baca juga : Inilah kegunaan lain dari kayu keruing

harga plafon kayu keruing per meter 2021 & harga pasangnya

Tingkat keawetan kayu keruing kelas III. Meskipun tidak seawet kayu ulin ataupun bengkirai, sehingga masih berpotensi lapuk atau kropos tetapi berada ditingkatan yang medium. Keawetannya juga cukup baik, bahkan dapat bertahan hingga 5 tahun kedepan.

Lumber Ceilling dirancang dengan bentuk yang memanjang dengan ukuran ketebalan 1,2 cm dan dibekali dengan sistem pengunci dikedua sisinya atau ditambahkan T & G ( Lidah dan Mulut) yang berfungsi untuk memberikan presisi dan kuncian yang rapi pada saat pemasangan. Sehingga nantinya plafon kayu lambersering yang sudah terpasang akan akan sangat kuat dan awet, tanpa perlu mengkhawatirkan akan terbukannya kembali.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai produk plafon kayu Lumber Ceiling, bisa kunjungi halaman ini : Harga lambersering per meter 2021

Plafon Kayu Lambersering Biasa Digunakan Diruangan Mana?

Biasanya orang-orang memakai lambersering ini sebagai media penutup atap diberbagai ruangan yang sering dikunjungi olehnya, tetapi tidak jarang pula para konsumen menggunakan plafon kayu ini untuk menutupi area atap hunian di area semi-outdoor. Seperti contohnya area teras rumah, balkon dan lain sebagainya.

Lalu, diruangan mana sajakah plafon kayu sering dipergunakan?

Ruang Tamu

Seperti yang kita ketahui, bahwasana area ruang tamu kerap kali digunakan sebagai tempat berkumpulnya orang-orang terdekat kita. Oleh sebab itu, penggunaan plafon kayu diruang tamu merupakan solusi yang cukup baik. Mengingat tampilan ruang tamu harus benar-benar terkesan mewah agar orang-orang yang berkunjung ke rumah kita akan mendapatkan kesan pertama yang positif.

ide plafon kayu ruang tamu

Corak motif yang ditampilkan dari plafon kayu ini dapat menciptakan suasana yang berbeda dari sebelumnya menggunakan plafon gypsum. Penggunaan elemen dekorasi ini dapat dimaksimalkan tampilannya dengan didukung menggunakan lantai kayu atau pelapis lantai motif kayu, sehingga ruang tamu unsur alaminya akan benar-benar terbentuk.

Baca juga : Langkah mudah mewujudkan ruang tamu minimalis

Ruang Keluarga/Ruang Tengah

Selain ruang tamu, kebanyakan para konsumen juga menerapkan plafon kayu ini sebagai pelapis atap diruangan tengah atau ruangan yang biasa digunakan sebagai tempat berkumpul bersama anggota keluarga.

mewahnya ruang tengah memakai plafon kayu

Kesan hangat yang dihasilkan dari plafon lambersering ini dapat memberikan suasana yang menyenangkan ketika sedang menghabiskan waktu bersama orang-orang tercinta kita. Selain itu, kesan hangatnya cukup baik bagi kesehatan para penggunannya.

Kamar Tidur

Di karenakan plafon kayu solid ini dapat memberikan kesan yang hangat, sehingga orang-orang kebanyakan memutuskan menggunakan plafon lumber ceiling ini sebagai penutup atap diarea kamar tidur.

desain kamar plafon kayu lambersering

Alasanya agar pada saat beristirahat didalam kamar dapat merasakan kenyamanan dan kehangatan, sehingga area kamar tidur selain digunakan untuk tempat istirahat tetapi juga bisa digunakan untuk menghabiskan waktu luang disaat pandemi covid-19 seperti ini.

Baca juga : Mau kamar tidur ala Korea? ikuti tips berikut ini

Teras Hunian

Selain di dalam ruangan, plafon kayu lambersering juga sering digunakan pada area yang cukup terbuka yakni bagian atap teras rumah. Area semi-outdoor tersebut kerap kali dipasangi plafon kayu sebagai pelapis atapnya.

plafon kayu untuk teras semi-outdoor

Hampir 70% para konsumen menerapkan plafon kayu diarea atap teras hunian. Alasannya cukup sederhana, yakni agar tampilan dari depan rumah terkesan lebih mewah dan indah. Dengan adanya unsur kayu didalamnya membuat rumah tersebut berkesan alami serta bernilai seni yang cukup tinggi.

Baca juga : Tips mendekorasi apartemen minimalis

Plus Minus Menggunakan Plafon Kayu Dirumah

Terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan plafon kayu lambersering didalam hunian, salah satu kelebihannya yaitu berkesan hangat dan dapat menstabilkan suhu didalam ruangan (Seperti yang sudah dijelaskan diawal).

Lalu apa saja, keunggulan dan kelemahan lainnya dari plafon kayu ini? Yuk kita cari tahu, simak ulasannya dibawah ini:

Kelebihan memakai plafon kayu : 

Dapat menciptakan suasana alami

Memakai plafon kayu dirumah dapat memberikan suasana yang alami, hal ini dikarenakan corak serat kayu alami yang dihasilkan dari kayu solid plafon yang terlihat artistik.

plafon kayu dapat memberikan kesan yang alami

Sehingga Anda tidak hanya menggunakan lantai kayu saja yang dapat menciptakan suasana yang alami, tetapi memasangkan plafon kayu dirumah juga bisa menghasilkan tampilan rumah yang indah dan terkesan mewah dengan didukung sentuhan yang alami.

Mampu meredam suara maupun suhu

Elemen kayu merupakan bahan material yang mempunyai pori, hal inilah yang membuatnya memiliki kemampuan seperti meredam suhu pada ruangan dan meredam suara yang cukup baik. Maka tak heran, jika pada gedung-gedung pertunjukan bioskop atau opera suka menggunakan plafon kayu.

plafon kayu dapat meredam suhu dan suara

Oleh karena itu, rumah yang dipasangi plafon kayu dapat terasa sejuk pada saat siang hari dan terasa hangat pada waktu malam hari tiba. Serta, plafon kayu ini sangat cocok untuk diaplikasikan pada studio musik karena kemampuannya yang dapat meredam suara.

Plafon kayu mudah diaplikasikan

lambersering mudah dalam hal instalasinya

Kemudahan dalam hal instalasi ini membuat plafon kayu sangat digemari oleh sebagian besar kalangan masyarakat khususnya di Indonesia. Kenapa bisa plafon kayu mudah dipasangkan? hal ini karena lambersering telah didesain sedemikian rupa dengan adanya sistem pengunci T&G di bagian sampingnya. Selain berguna untuk memperkuat ikatan satu dengan yang lainnya, tetapi juga memudahkan para tukang dalam pemasangannya.

Baca juga : Pemasangan lambersering atau plafon kayu disebuah hunian Jakarta

Apakah plafon kayu lambersering anti rayap & jamur?

Bagi sebagian orang yang masih awam tentang kayu terutama plafon kayu tentunya akan sangat kebingungan, apakah plafon kayu dapat dimakan rayap atau tidak? jawabannya adalah tidak, tetapi tergantung juga jenis kayu apa yang digunakan.

apakah plafon kayu tahan rayap?

Bila plafon tersebut terbuat dari jenis-jenis kayu keras seperti kayu ulin, bengkirai, keruing dan merbau maka tidak akan terserang oleh rayap maupun jamur. Karena biasanya rayap akan memakan kayu yang lembut atau tidak bersifat keras.

Sisi Kekurangan Dalam Memakai Plafon Kayu

Selain kelebihan, tentunya terdapat segi kekurangan dalam menggunakan penutup atap berbahan dasar kayu. Apa sajakah kelemahannya? simak uraiannya baik-baik berikut ini :

Rentan terbakar

Seperti yang kita ketahui, bahwa aksen kayu adalah bahan material yang mudah terbakar. Terlebih lagi jika kayu tersebut tidak berkualitas tinggi, baik dari segi ketahanan atau kekuatannya.

kelemahan plafon kayu yaitu rentan terbakar

Akan tetapi bila menggunakan jenis kayu keras seperti contohnya kayu ulin, maka kecil kemungkinan akan beresiko mudah terbakar. Mengingat kayu tersebut sangat kuat dengan tingkat kekerasan yang paling tinggi. Meskipun begitu, alangkah lebih baiknya jika kita berhati-hati.

Harus dirawat secara rutin

Dalam menggunakan plafon kayu minimalis dirumah, sudah seharusnya jika kita merawatnya dengan baik dan benar sesuai prosedur serta mesti dilakukan secara rutin. Baik itu setiap 1 minggu sekali maupun 1 bulan sekali. Hal ini bertujuan agar pelapis atap kayu tersebut dapat terjaga kualitasnya, sehingga akan sangat awet.

memakai plafon kayu harus dirawat secara rutin

Bila warna permukaan dasar plafon kayu telah terlihat kusam atau memudar, maka solusi untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan cara mengecat kembali atau di coating ulang. Biasanya warna lambersering akan memudar bila pemakaiannya sudah menginjak selama beberapa tahun.

Baca juga : Kelebihan menggunakan papan tangga kayu

Harga plafon kayu relatif mahal

Sayangnya, biaya yang harus kita keluarkan untuk menghiasi atap rumah menggunakan produk lambersering tidaklah murah. Pasalnya, harga plafon kayu lumber ceiling ini dijual dengan harga yang cukup mahal. Hal ini lantaran karena jenis kayu yang digunakannya.

Selain harga produk plafon kayunya yang sangat tinggi, biaya pemasangannya pun terbilang cukup mahal. Meskipun kualitas dan hasilnya sepadan dengan budget yang kita keluarkan, tetapi tidak ada salahnya jika kita memikirkannya terlebih dahulu.

 

Bagi Anda yang sedang mencari penjual plafon kayu, Anda bisa langsung menghubungi salah satu pihak marketing kami untuk menanyakan detail perihal produk, harga beserta biaya pemasangannya. (Free Survei & Konsultasi)

Contact Marketing : 0811212031

Baik segitu saja untuk pembahasan kita kali ini mengenai kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan penutup plafon yang terbuat dari kayu solid beserta ruangan yang sering digunakannya. Semoga ulasan diatas dapat membantu Anda yang sedang mempertimbangkan penggunaan palfon kayu dirumah. Cukup sekian & Terimakasih telah membaca artikel ini hingga akhir.

(Visited 235 times, 1 visits today)
Scroll to Top
Open chat
Hallo
Ada yang bisa saya bantu?
%d bloggers like this: