kelebihan dan kekurangan lantai kayu

Pada zaman sekarang, masyarakat sudah lebih mengenal dan juga memiliki inspirasi desain hunian yang indah dan menawan atau sering dibilang Estetik. Hal ini didukung karena banyak konten di sosial media yang memberi inspirasi tentang hunian mewah dengan harga yang tak terlalu mahal.

Faktor ini menjadikan sebagian besar masyarakat yang dominan nya adalah anak muda baik itu mendesain kamar atau juga pasangan muda yang ingin memiliki rumah berlomba-lomba membuat hunian nya estetik. Karena, selain memanjakan mata, hunian yang nyaman dan indah ini juga dapat menjadi ‘spot foto’ yang bagus.

Kelebihan dan Kekurangan Lantai Kayu Solid

kelebihan kekurangan lantai kayu solid

Lantas, apa yang dapat menjadikan sebuah rumah/kamar menjadi estetik? Salah satunya yaitu bahan material lantai yang dipasangkan. Tentu anda tidak menginginkan lantai keramik putih polos yang membosankan dipasang pada hunian anda bukan? Jika iya, maka lantai kayu menjadi alternatif lantai yang patut untuk anda coba. Selain menawarkan tampilan yang mewah dan elegan, lantai kayu juga memiliki berbagai macam kelebihan lainnya seperti empuk saat dipijak dan juga lebih awet. Namun, tentu material yang bagus datang dengan harga yang pastinya cukup tinggi.

Agar lebih jelasnya, mari kita bahas tentang Kelebihan dan Kekurangan Lantai Kayu dibawah ini;

Kelebihan Lantai Kayu

  • Memiliki ketahanan yang baik dan awet hingga bertahun-tahun
  • Karakteristik yang empuk menjadikan nyaman saat dipijak
  • Tampilan yang elegan dan mewah
  • Dapat diperbaharui dengan pengamplasan dan finishing ulang
  • Dapat meningkatkan harga jual rumah (menjadi investasi bagi bangunan)

Itulah gambaran singkat tentang kelebihan dari lantai kayu solid. Namun, pada setiap kelebihan, tentu pasti ada kekurangan. Begitu juga pada lantai kayu solid, apa saja kekurangan lantai kayu solid? Simak informasinya berikut ini;

Kekurangan Lantai Kayu Solid

  • Harga yang terbilang cukup mahal jika dibandingkan dengan keramik
  • Pemasangan yang sulit memerlukan tenaga ahli
  • Perawatan yang sedikit lebih sulit bagi sebagian besar orang karena memerlukan bahan tertentu
  • Rawan tergores benda tajam dan memberikan kerusakan yang serius

Bagaimana? Kini anda sudah mengetahui tentang kelebihan dan kekurangan dari lantai kayu solid, apakah kekurangan tersebut dapat anda hadapi? Jika iya, maka inilah material lantai yang terbaik bagi anda. Tidak ada aspek kekurangan dari kualitas, hanya dari segi perawatan dan pemasangan saja yang mana sebenarnya bisa anda lewati dengan menggunakan tenaga ahli. Penasaran dengan harga nya? Klik tautan dibawah ini;

Lantai Laminate, Solusi Lantai Kayu Terjangkau

lantai kayu laminate

Adapun jenis lantai kayu lainnya yang memiliki harga lebih terjangkau, yaitu Lantai Kayu Laminate. Namun perlu diingat, walaupun disebutkan sebagai lantai ‘kayu’, Laminated bukanlah jenis lantai kayu solid yang ditebang langsung dari pohonnya. Lantai laminate merupakan sebuah papan lantai yang terbuat dari serbuk kayu yang dipress dan beberapa proses lainnya sehingga dapat dibentuk sedemikian rupa.

Jika dilihat, lantai laminate ini mirip seperti parket kayu namun lebih tipis dan mudah untuk dipasangkan. Saking mudahnya, anda bisa memasangkannya sendiri tanpa bantuan tenaga ahli. Namun ada beberapa faktor minus dari lantai laminate ini, salah satunya yaitu laminate tidak bisa diaplikasikan pada luar ruangan atau outdoor. Karena lantai laminate tidak tahan terhadap air hujan dan panas dari terik matahari. Akan tetapi, lantai laminate ini memilik harga yang murah lho jika kita bandingkan dengan lantai kayu solid.

Apa saja kelebihan dan kekurangan lantai kayu laminate? Simak ulasannya berikut ini;

kelebihan kekurangan lantai laminate

Kelebihan Lantai Kayu Laminate

  • Harga yang cukup terjangkau dibandingkan lantai kayu asli (solid)
  • Memiliki beragam motif kayu yang dapat dipilih
  • Tahan air (bukan air hujan)
  • Perawatan yang mudah
  • Pemasangan yang mudah dapat dilakukan sendiri

Kekurangan Lantai Kayu Laminate

  • Kualitas yang tidak tahan lama atau tidak awet seperti lantai kayu
  • Jika satu papan rusak, harus mengganti dengan papan yang sama (jika masih tersedia papan extra)
  • Permukaan lantai tidak bisa diperbaharui

Demikianlah pembahasan singkat kita tentang kelebihan dan kekurangan lantai kayu solid dan juga lantai kayu laminate. Jadi, lantai kayu mana yang paling cocok bagi anda? Perlu diingat bahwa kebutuhan dan budget harus disesuaikan agar tidak ada penyesalan di hari nanti. Jika budget anda besar dan menginginkan investasi pada sebuah hunian, maka lantai kayu solid jawabannya.

Cara Pasang Lantai Kayu

Cara Memasang Lantai Kayu Solid dan Laminate Yang Baik dan Benar

Tapi jika anda sekedar menginginkan hunian agar terlihat sedikit unik, elegan dan nyaman untuk jangka waktu beberapa tahun saja, maka lantai kayu laminated yang terjangkau sangat cocok bagi anda. Terimakasih telah membaca, semoga bertemu di lain waktu.

Jika anda memiliki pertanyaan lebih lanjut seputar lantai kayu ataupun produk lainnya, anda bisa menghubungi kontak marketing kami dibawah ini

Phone
0811212031
Ibnu

(Visited 8 times, 1 visits today)
Scroll to Top
Open chat
Hallo
Ada yang bisa saya bantu?
%d bloggers like this: