mengetahui plus minus kisi-kisi kayu minimalis

Di era yang modern ini, penggunaan aksen kayu kedalam hunian semakin meningkat dari tahun ke tahun. Perkembangan desain minimalis dan modern membuat pemakaian kisi-kisi kayu semakin populer. Rentetan bilah kayu yang disusun secara geometris dan horizontal semakin banyak peminatnya karena bisa dijadikan sebagai alternatif pilihan selain partisi kayu minimalis pada ruangan.

Di dalam hunian, kisi-kisi kayu solid sering digunakan sebagai penghalau sinar matahari yang masuk secara langsung ke dalam ruangan. Selain itu juga, kisi-kisi kayu dipakai untuk dijadikan sebagai sirkulasi udara di dalam ruangan. Namun tak jarang juga kisi-kisi diaplikasikan sebagai elemen dekorasi hunian yang aesthetic.

Plus Minus Kisi-Kisi Kayu Solid

Penggunaan kisi-kisi kayu pada hunian atau bangunan memang semakin berkembang, namun banyak yang belum mengetahui akan hal kelebihan dan kekurangan dari kisi kisi kayu itu sendiri. Bagi kalian yang berencana ingin menggunaan kisi kisi kayu diruangan, alah lebih baiknya mengenal kisi kisi kayu beserta plus minusnya agar tidak menyesal membeli.

Kelebihan kisi kisi kayu solid

Kisi-kisi kayu solid sangat kuat dan awet

kelebihan dan kekurangan kisi-kisi kayu solid

Dikarenakan kisi kisi ini terbuat dari olahan kayu solid, sehingga kualitas sangat bagus. Seperti yang kita ketahui bahwa jenis-jenis kayu solid mempunyai kualitas yang cukup tinggi, Baik dari segi kekerasan, ketahanan maupun keawetannya. Seperti kayu jati, kayu merbau, kayu ulin, bengkirai dan lain sebagainya.

Bahkan keawtannya sendiri mampu bertahan hingga puluhan tahun dan mampu bertahan dari perbubahan suhu atau cuaca, sehingga kisi kisi kayu solid bisa diterapkan di luar ruangan, di dalam ruangan atau semi-outdoor. Bila dibandingkan dengan kisi kisi wpc, kisi kisi kayu solid jauh lebih bagus dari segi kualitasnya.

Membuat tampilan ruangan menjadi elegan dan artistik

plus minus kisi-kisi kayu solid modern

Selain kuat dan awet, alasan orang-orang menggunakan kisi kisi kayu solid yaitu karena mampu membuat ruangan terlihat begitu elegan dan terkesan artsy. Selain itu, kisi kisi juga dapat menyesuaikan dengan desain ruangan atau desain rumah minimalis modern. Sehingga tak heran jika kisi kisi kayu sering diterapkan di dalam ruangan. Seperti ruang tengah, ruang keluarga, kamar tidur hingga ruang tamu.

Terlebih lagi, kisi kisi kayu solid ini bisa dikombinasikan dengan elemen lain, kalian bisa memadukan dengan hiasan tanaman segar atau memperkuat karakter ruangan dengan mengkombinasikan kisi kisi kayu solid dengan elemen besi, alumunium dan lain sebagainya.

Nyaman digunakan dan mudah dirawat

desain unik kisi-kisi kayu solid minimalis

Kisi kisi kayu solid sangat nyaman digunakan karena materialnya yang ramah lingkungan dan baik untuk kesehatan sebab tidak adanya bahan campuran lain di dalamnya. Sehingga selain nyaman tetapi juga aman untuk dipakai di dalam hunian. Berbanding terbalik dengan kisi kisi wpc yang terbuat dari bahan campuran kimia, yang dimana kurang baik untuk kesehatan dan kurang nyaman digunakan.

Selain itu, kisi kisi kayu solid sendiri mudah dalam hal perawatannya. Kita bisa membersihkan kisi kisi kayu dari debu dan kotoran menggunakan lap basah atau menggunakan sapu. Namun jangan terlalu sering kisi kisi kayu terkena air karena terdapat jenis kayu solid yang rentan terkena air. Tergantung jenis kayu apa yang digunakan.

Kisi-kisi kayu sebagai alternatif pengganti lambersering untuk dinding & partisi rumah

keunggulan kisi-kisi kayu solid dibandingkan kisi-kisi wpc

Salah satu keunggulan kisi kisi kayu yang tergolong cukup unik yaitu dapat dijadikan sebagai alternatif pilihan selain partisi kayu atau dinding kayu minimalis di dalam ruangan. Yang dimana notabene harga partisi maupun dinding kayu di bandrol cukup mahal, sedangkan harga kisi kisi kayu solid sendiri relatif terjangkau sehingga mudah didapatkan oleh berbagai kalangan.

Bahkan kisi kisi kayu solid sendiri bisa dijadikan sebagai pengganti plafon kayu lambersering, kisi kisi kayu plafon yang diterapkan di area luar ruangan atau outdoor bisa menjadi inspirasi desain rumah modern yang terkesan alami dengan adanya sentuhan minimalis di dalamnya.

Baca juga : Desain Dinding Kayu Minimalis

Kisi-kisi kayu bisa dijadikan sebagai bantalan decking

kisi-kisi kayu bisa dijadikan bantalan decking kayu & wpc

Keunggulan lain yang dimiliki kisi-kisi kayu yaitu dapat dimanfaatkan sebagai bantalan decking kayu dan wpc, karena kisi-kisi sangat cocok dipakai untuk bantalan decking kayu memiliki ukuran yang cukup tebal. Sehingga kisi-kisi kayu ini tidak hanya sebagai alternatif pengganti plafon kayu, dinding lambersering dan partisi ruangan saja, melainkan dijadikan bantalan decking pun bisa.

Harga kisi kisi kayu sangat ekonomis

harga kisi-kisi kayu per meter persegi

Di balik kualitasnya yang cukup tinggi dan tampilannya yang bagus, terdapat sisi harga yang murah. Diketahui bahwa harga kisi kisi kayu solid per meter persegi di jual dipasaran dengan harga yang relatif terjangkau, bahkan cenderung murah. Hal inilah yang membuat mengapa kisi kisi kayu sangat disukai oleh sebagian besar orang.

Harga kisi-kisi kayu solid : 

  • 3 x 6 x 100 cm = Rp. 60.000
  • 3 x 6 x 400 cm = Rp. 240.000

 

 

Baca juga : Harga Decking Kayu Untuk Dinding

Itulah beberapa kelebihan dari kisi kisi kayu solid, nah selanjutnya agar balance kita bahas beberapa poin penting mengenai kekurangan kisi kisi kayu solid. Penasaran? Simak ulasannya di bawah ini :

Kekurangan Kisi-Kisi Kayu Solid

Terdapat beberapa kekurangan yang dimiliki kisi kisi kayu solid, diantaranya yaitu :

Mudah terbakar

kisi-kisi kayu alternatif plafon kayu minimalis

Meskipun kisi kisi terbuat dari olahan kayu solid, namun yang namanya kayu pastinya jika terkena suhu panas atau api makan kemungkinan besar akan terjadi kebakaran. Walaupun kenyataannya kisi kisi kayu solid sangat kuat dan dapat tahan lama, akan tetapi material kayu pada umumnya mudah terbakar. Terlebih lagi kisi kisi kayu di desain tipis kecil yang panjang, tidak seperti dinding kayu lambersering yang di desain lebar, tebal dan panjang.

Baca juga : Harga Plafon Kayu Lambersering

Rentan Rusak atau retak

keunggulan dan kelemahan kisi-kisi kayu minimalis

Selain mudah terbakar, kisi kisi kayu juga rentan terjadi kerusakan atau mengalami retak. Hal ini bisa terjadi bila ketika proses pemasangan berlangsung dilakukan secara terburu-buru atau di pasangkan oleh tenaga kerja yang belum berpengalaman. Terlebih lagi kisi kisi kayu di buat tipis, kecil yang memanjang sehingga rentan mengalami kerusakan. Alangkah lebih baiknya, kisi kisi kayu diaplikasikan oleh teknisi atau tukang yang sudah profesional di bidangnya.

Celah-celah kecil bisa dilihat dari luar

kekurangan dan kelebihan kisi-kisi kayu solid minimalis

Salah satu kekurangan memakai kisi-kisi yaitu orang lain dapat melihat aktivitas kita didalam rumah, bila kita menerapkan kisi-kisi tersebut di luar ruangan dan dijadikan sebagai dinding tembok rumah. Celah-celah kecil yang tersusun secara vertikal pada kisi-kisi kayu tersebut dapat dijadikan sebagai celah untuk mengintip berbagai aktivitas kita. Namun bisa diakali dengan berbagai cara, salah satu caranya yaitu dengan merapatkan kisi-kisi kayu agar tidak menciptakan celah yang cukup besar.

Bagaimana, tertarik ingin menggunakan kisi-kisi kayu dirumah? 

Jika Kalian berminat ingin menggunakan kisi-kisi kayu solid minimalis dirumah, bisa langsung memesan produk tersebut melalui pihak marketing kami untuk menanyakan ketersediaan barang terlebih dahulu. Dibawah ini : (Free Survei & Konsultasi)

Ibnu : 0811-212-031

Demikianlah ulasan kita kali ini mengenai kelebihan dan kekurangan kisi-kisi kayu minimalis, semoga pembahasan diatas dapat bermanfaat bagi kalian yang sedang berencana menggunakan kisi-kisi dirumah. Cukup sekian dan terimakasih.

(Visited 19 times, 1 visits today)
Scroll to Top
Open chat
Hallo
Ada yang bisa saya bantu?
%d bloggers like this: