pilih dinding wallpaper atau dinding kayu?

Sebuah rumah bukan melulu soal kenyamanan dan keamanan, tetapi kita juga harus melihat dari segi tampilan keindahan didalamnya agar suasana ketika berada didalam ruangan pada hunian terasa lebih menyenangkan dan lebih betah berada dirumah. Untuk itu, tentunya kita harus mendekorasi beberapa ruang yang sering kita pakai, selain ruangan dekorasi dinding tembok juga perlu kita perhatikan.

Berbicara soal dinding rumah, terdapat 2 jenis pelapis dinding yang saat ini sedang hangat diperbincangkan dari berbagai kalangan masyarakat di Indonesia. Jenis lapisan dinding rumah tersebut yaitu wallpaper dan lambersering. Apakah diantara kalian sudah mengetahui kedua jenis lapisan interior dinding ruangan ini? Jika belum, mari kita simak ulasannya berikut ini mulai dari plus minus hingga perbandingannya.

Wallpaper Dinding Ruangan

Dinding wallpaper merupakan sebuah produk penutup bagian dinding yang terbuat dari bahan dasar kertas pilihan terbaik, jenis kertas yang digunakan cukup banyak disukai oleh orang-orang karena mempunyai segudang motif, warna mulai dari motif bunga, garis-garis hingga motif kotak-kotak. Bisa juga costum motif wallpaper dinding, sehingga bisa menyesuaikan dengan desain ruangan interior hunian.

inspirasi dinding wallpaper stiker

 

Model wallpaper dinding ini bervariasi, unik dan menarik. Alhasil dapat memberikan suasana yang berbeda dan tidak terlihat membosankan, bahkan wallpaper dinding lembaran ini bisa kita pilih sesuai selera atau request motif dinding agar senada dengan warna ruangan atau konsep rumah, sehingga tampilannya akan lebih maksimal.

Biasanya kebanyakan orang menggunakan jenis wallpaper minimalis ini pada ruang kamar tidur, ruang tamu dan ruang tengah atau yang lebih biasa dikenal dengan sebutan ruang keluarga. Karena wallpaper dinding lebih cocok diaplikasikan pada ruangan-ruangan tersebut, tetapi bila kita ingin menggunakan ditempat lain itu tidak akan menjadi masalah.

Dalam hal instalasi pemasangan wallpaper dinding minimalis tidak terlalu sulit seperti apa yang kita bayangkan, bahkan tergolong mudah. Terlebih lagi alat-alat yang diperlukan pun tidak begitu banyak dan tidak ribet. Dengan menggunakan lem khusus, wallpaper akan terpasang dengan cukup kuat pada bagian dinding ruangan rumah.

Kelebihan & kekurangan dinding wallpaper

plus minus pakai dinding wallpaper

 

Setiap produk tentunya memiliki nilai plus minusnya, begitu pun dengan wallpaper dinding. Terdapat beberapa kelemahan dan keunggulan yang dimiliki lapisan dinding wallpaper, diantaranya :

Keunggulan wallpaper

  • Mudah proses pengerjaannya
  • Dapat dipasangkan pada ruangan tertentu
  • Harga wallpaper dinding per meter sangat murah

Kelemahan wallpaper

  • Rentan terkena goresan yang diakibatkan dari benda tajam atau furniture
  • Kurang awet dan kuat, lambat laun wallpaper dinding akan copot
  • Mudah rusak atau robek dan bila terjadi kerusakan maka mesti diganti secara keseluruhan

Dinding Kayu Lambersering

 

Dinding kayu minimalis atau lambersering merupakan sebuah produk yang di desain khusus sebagai media penutup atap dan dinding pada sebuah bangunan atau hunian. Dinding kayu lambersering terbuat dari kayu pilihan terbaik yang memiliki kualitas tinggi dengan karakteristik yang memadai, sehingga dinding kayu palet bisa dipasangkan pada area tertentu seperti didalam ruangan maupun di luar ruangan.

rekomendasi dinding kayu lambersering

 

Jenis kayu yang sering digunakan untuk membuat dinding lambersering yaitu kayu ulin, kayu bengkirai, kayu merbau, kayu keruing hingga kayu jati. Jenis kayu solid tersebut dipilih karena dapat bertahan dari perubahan suhu atau cuaca, tahan rayap dan tidak mudah melinting. Sehingga nantinya lambersering yang terpasang pada dinding hunian dapat bertahan cukup lama hingga puluhan tahun.

Secara fisik, lambersering ini dibuat memanjang sebab hanya dipergunakan untuk menutupi bagian atap langit-langit rumah dan dinding ruangan. Ukuran yang dimiliki lambersering panjangnya sekitar 100-390 sentimeter dengan ukuran tebal berkisar 1-1,2 sentimeter. Uniknya, produk lambersering minimalis ini dibekali sistem pengunci T&G pada bagian sampingnya yang berfungsi sebagai memperkuat ikatan lambersering satu dengan yang lainnya, selain itu dapat memudahkan proses pemasangan.

Plus minus lambersering dinding kayu

kelebihan dan kekurangan dinding kayu minimalis

 

Seperti halnya pada wallpaper dinding stiker, dinding kayu lambersering juga mempunyai segi kelemahan dan kelebihannya. Diantaranya yaitu :

Kelebihan dinding lambersering

  • Dinding kayu lambersering dapat meredam suhu dan suara
  • Kualitasnya sangat kuat dan awet karena terbuat dari kayu solid
  • Tahan rayap dan mampu bertahan dari perubahan suhu atau cuaca
  • Dapat bertahan hingga puluhan tahun
  • Tampilannya sangat alami dan terkesan asri
  • Tidak mudah rusak karena terbuat dari kayu yang kuat

Kekurangan dinding kayu lambersering

  • Lambat laun warna nya akan memudar atau kusam, maka perlu di coating ulang
  • Perawatannya terbilang cukup sulit
  • Harga lambersering tergolong mahal

Baca juga : Harga Lambersering Per Meter Terbaru 2021

Lalu apa perbedaan dinding wallpaper dengan dinding kayu lambersering? Yuk simak ulasannya berikut ini :

Perbandingan Wallpaper Dinding & Lambersering Dinding Kayu

Menilai perbandingan antara dinding stiker wallpaper dengan lambersering dinding kayu, dibedakan berdasarkan bahan pembuatan. Yang dimana lambersering terbuat dari kayu solid, sedangkan wallpaper terbuat dari kertas pilihan terbaik. Selain itu, terdapat beberapa lagi perbedaan diantara keduanya mulai dari kualitas, tampilan hingga harga.

1. Tampilan

perbandingan dinding kayu dan dinding wallpaper

Jika dilihat dari perbandingan tampilan wallpaper dengan tampilan dinding kayu lambersering, keduanya sama-sama terlihat bagus. Untuk segi tampilan tergantung perspektif masing-masing pendapat. Wallpaper dinding memiliki tampilan yang unik dan menarik karena motif dan warnanya yang bervariasi, sedangkan pada tampilan dinding kayu terlihat begitu elegan, alami dan bernilai seni yang cukup tinggi.

2. Kualitas

dinding kayu atau dinding wallpaper

Nah untuk perbandingan kualitas lambersering dinding kayu dengan kualitas wallpaper, keduanya sangat berbeda jauh. Seperti yang kita ketahui bahwa dari segi bahan dasar pembuatan nya saja sudah berbeda, tentunya kualitas nya pun akan berbeda pula. Jika dibandingkan, maka dinding kayu minimalis jauh lebih unggul sebab terbuat dari kayu solid dengan kualitas yang tinggi seperti kayu ulin, bengkirai, merbau dan lain sebagainya.

Sedangkan kualitas dinding stiker wallpaper kurang begitu bagus meskipun terbuat dari kertas pilihan terbaik, sebab mudah rusak atau robek dan cukup rentan terkena goresan atau gesekan.

Baca juga : Plafon Kayu vs Plafon PVC

3. Harga

Perbandingan harga lambersering dengan wallpaper, keduanya selisih harga yang terpaut cukup jauh. Yang dimana harga wallpaper per meter sendiri tergolong murah yakni dibawah 70 ribu, sedangkan harga dinding lambersering kayu sekitar 200 ribu. Jika ditanya kenapa harga lambersering mahal, itu karena produk tersebut terbuat dari kayu solid yang notabene kualitasnya sangat bagus, sehingga tak heran jika harganya tergolong tinggi.

Baca juga : Cara Membuat Ruang Tamu Minimalis Dengan Dekorasi Dinding


Bagaimana, mau pilih wallpaper apa lambersering? pilihan ada di tangan kalian!

Jika kalian berminat ingin menggunakan dinding kayu outdoor atau indoor minimalis, bisa langsung menghubungi salah satu pihak marketing kami dibawah ini untuk menanyakan perihal detail produk, harga beserta biaya pasang. (Free Survei & Konsultasi)

Ibnu : 0811-212-031

Demikianlah ulasan kita kali ini mengenai perbandingan antara wallpaper dinding stiker dengan dinding kayu lambersering, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat bagi kalian yang sedang bingung mencari pelapis dinding terbaik untuk hunian minimalis mewah modern. Terimakasih

(Visited 12 times, 1 visits today)
Scroll to Top
Open chat
Hallo
Ada yang bisa saya bantu?
%d bloggers like this: