pilih plafon kayu lambersering atau plafon pvc

Plafon kayu vs plafon PVC – Plafon merupakan bagian dari sebuah bangunan yang letaknya berada di atas atau pembatas atap dengan dinding. Fungsi plafon sendiri sebagai media penutup rangka atap, dapat juga meredam panas dan meredam suara. Di era yang modern ini sudah banyak tersedia beragam jenis atau tipe plafon rumah yang bisa dijadikan pilihan.

Contohnya, selain plafon gypsum terdapat jenis plafon hunian yang saat ini sedang banyak disukai oleh berbagai kalangan yakni plafon kayu dan plafon PVC. Kedua produk penutup atap ini tidak hanya digemari oleh sebagian besar orang, tetapi juga sangat laris dipasaran. Bisa dibilang produk best seller.

Meskipun keduanya memiliki fungsi yang sama, tetapi terdapat perbedaan yang cukup signifikan dari segi kualitas dan kenyamanan. Perbedaan plafon PVC dengan plafon kayu dilihat dari segi tampilan, kenyamanan dan keamanan serta kualitasnya. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kita akan mengulas tentang perbandingan antara plafon kayu dengan plafon PVC, manakah yang lebih baik? Simak ulasannya berikut ini :

Menilai Perbandingan Plafon PVC & Plafon Kayu Solid

Terdapat perbandingan yang cukup signifikan antara plafon kayu dengan plafon kayu PVC, keduanya jelas berbeda berdasarkan bahan pembuatan. Yang dimana plafon PVC terbuat dari bahan sejenis plastik yang sering digunakan untuk membuat pipa paralon, sedangkan plafon kayu sendiri terbuat dari kayu pilihan terbaik dan berkualitas seperti kayu ulin, bengkirai, momala, dan lain sebagainya.

Selain dari segi bahan pembuatan yang berbeda, terdapat perbedaan lainnya. Mulai dari segi kualitas, tampilan, keawetan, kemudahan dalam pemasangan dan perbedaan harganya. Simak penjelasannya di bawah ini :

Perbedaan Kualitas

perbandingan kualitas plafon kayu dan plafon PVC

Berbicara perihal perbedaan kualitas plafon kayu dan plafon PVC, keduanya sama-sama mempunyai kualitas yang sangat bagus. Hanya saja kualitas plafon kayu jauh lebih unggul. Hal ini dikarenakan bahan baku untuk membuat plafon kayu lambersering tidak sembarangan, setidaknya memerlukan jenis kayu yang memiliki karakteristik yang bagus. Sehingga keawetan dan ketahanannya jauh lebih kuat dan tahan lama dibandingkan dengan plafon PVC yang notabene nya terbuat dari plastik.

Tidak sampai disitu, plafon kayu solid ini juga tahan terhadap serangan rayap dan perubahan cuaca. Begitu pun sama halnya dengan plafon PVC yang tahan banting, korosi dan tahan rayap. Hanya saja plafon PVC ini tidak sekuat dan tidak bertahan lama bila dibandingkan dengan plafon kayu. Biasanya plafon PVC ini hanya dapat bertahan dalam kurun waktu beberapa tahun kedepan, sedangkan plafon kayu bisa dapat bertahan hingga puluhan tahun. Hebat bukan?

Penampilan

perbandingan tampilan plafon kayu dengan plafon pvc

Nah, untuk segi tampilan keduanya menyuguhkan suasana yang bisa membuat hunian tampak terlihat nyaman, indah dan terkesan mewah. Tampilan plafon kayu dan plafon PVC sama-sama bagus. Yang berbeda hanya pada saat finishing warna, yang dimana plafon PVC sudah di dalam mode finishing warna dengan motif yang bervariasi sesuai keinginan. Berbeda halnya dengan plafon kayu yang harus di finishing terlebih dahulu, tetapi menyuguhkan nuansa yang natural dan alami.

Akan tetapi, dari segi tampilan balik lagi ke pendapat masing-masing karena tidak semua orang mempunyai selera yang sama. Baik itu plafon kayu solid maupun plafon PVC, keduanya menampilkan tampilan yang dapat menyesuaikan dengan desain hunian dan bisa disesuaikan dengan keinginan atau selera.

Kemudahan pemasangan

lebih mudah memasangkan plafon kayu atau plafon PVC

Lebih mudah memasangkan plafon PVC atau plafon kayu? untuk kemudahan dalam hal pemasangan, plafon PVC memiliki keunggulan dari segi pemasangan yang cukup mudah. Hal ini dikarenakan bobot dari plafon pvc sendiri cukup ringan sehingga memudahkan proses pemasangan. Terlebih lagi, plafon PVC ini dibekali sistem Knock-down sehingga bisa dibongkar pasang.

Plafon kayu juga bisa dibilang cukup mudah dalam hal instalasi pemasangan karena dibekali fitur pengunci T&G pada bagian sampingnya. Sistem pengunci alur lidar tersebut selain berguna untuk memperkuat ikatan lambersering atau plafon kayu satu dengan yang lainnya, tetapi juga mempermudah proses pemasangan.

Perbedaan harga plafon kayu dengan harga plafon PVC

harga plafon PVC lebih murah dari pada harga plafon kayu

Untuk segi harga, plafon PVC dijual dengan harga yang cukup murah yakni sekitar dibawah 50rb. Hal ini lantaran bahan pembuatannya tidak menggunakan bahan yang mahal. Sedangkan harga plafon kayu di bandrol dengan harga yang cukup mahal yaitu sekitar 150rb hingga 200rb per meternya. Masing-masing harga lis plafon kayu dan plafon PVC keduanya belum termasuk dengan biaya pemasangan.

Baca juga : Harga plafon kayu 2021 plus jasa pasang

Kenyamanan

lebih nyaman menggunakan plafon kayu ketimbang plafon PVC

Lebih nyaman menggunakan plafon kayu atau plafon PVC? Nah untuk segi kenyamanan, plafon kayu lebih nyaman digunakan ketimbang plafon PVC. Karena plafon kayu dibuat dari bahan alami tanpa adanya bahan campuran lain, selain itu plafon kayu juga dapat meredam suhu dan suara. Serta dapat menghasilkan nuansa yang hangat dan cozy. Berbeda halnya dengan plafon PVC yang kurang nyaman dipakai karena terbuat dari bahan kimia plastik, yang dimana terdapat kandungan VOC (Votatile Organic Cumpounds), kandungan tersebut kurang baik bagi kesehatan.

Baca juga : Tips membangun ruang tamu minimalis


Untuk lebih jelasnya, dibawah ini ada pembahasan mengenai plafon kayu lambersering dan plafon PVC. Simak ulasannya baik-baik dibawah ini :

Plafon Kayu

Plafon kayu adalah sebuah produk yang berfungsi sebagai media penutup atap bangunan yang terbuat dari kayu-kayu pilihan. Tidak tanggung-tanggung, kayu yang dipakai untuk membuat plafon kayu ini menggunakan kayu berkualitas tinggi, seperti kayu jati, kayu bengkirai, kayu ulin hingga kayu kumea dan momala. Sehingga tampilan pada plafon kayu ini sangat khas dan alami karena corak yang ditampilkan sangat bagus dan terlihat elegan bila sudah terpasang pada hunian.

plus minus plafon kayu solid minimalis

Plafon kayu minimalis ini dapat diterapkan pada berbagai jenis ruangan, baik itu diluar ruangan maupun didalam ruangan. Biasanya sih plafon kayu ini dipakai pada bagian atap teras rumah karena tampilannya yang membuat rumah terkesan mewah dan indah. Terlebih lagi plafon kayu ini mampu bertahan dari perubahan suhu atau cuaca, serta sangat kokoh dan tahan terhadap serangan rayap, kutu kayu, hingga pertumbuhan jamur.

Ukuran plafon kayu ini cukup bervariasi, memiliki ukuran tebal sekitar 1 sentimeter dengan ukuran lebar 9 sentimeter dan ukuran panjangnya 100 sentimeter. Dengan dibekali sistem pengunci T&G dibagian sampingnya. Harga plafon kayu lambersering mulai dari 190 ribu hingga 300 ribuan per meternya. Dengan biaya pemasangan yang terpisah alias harga yang tercantum didalam daftar biasanya belum termasuk dengan biaya jasa pasang plafon.

Kelebihan plafon kayu

  • Dapat meredam suhu dan suara
  • Tidak mudah pecah atau lapuk
  • Tahan terhadap rayap, jamur dan kutu kayu
  • Menyuguhkan tampilan yang natural
  • Cukup mudah dipasangkan
  • Berkesan hangat dan nyaman digunakan

Kekurangan plafon kayu

  • Tidak tahan api
  • Cukup sulit dalam hal perawatan
  • Harganya tergolong mahal

Sayangnya, plafon kayu ini memerlukan perawatan yang khusus sebab lama-kelamaan bila tidak dirawat dapat berpotensi pelapukan. Usahakan bila ingin menggunakan wood lumber ceiling atau plafon kayu ini dirawat dengan baik dan benar agar kualitas dan tampilannya tetap terjaga.

Baca juga : Inilah manfaat menggunakan plafon kayu dirumah

Plafon PVC

Istilah PVC merupakan singkatan dari kata Poli Vinyl Chloride, yang merupakan material sejenis polimer thermoplastik. Bahan yang satu ini biasanya digunakan untuk pembuatan pipa paralon, Salah satu ciri khas dari PVC ini memiliki tekstur yang elastis dan sifatnya cukup fleksibel. PVC selain sering digunakan untuk membuat plafon dan juga peralon, tetapi juga bisa digunakan untuk keperluan yang beragam, terutama dibidang property seperti kusen, pintu, jendela hingga lantai pvc dan lain sebagainya.

kelebihan & kekurangan plafon pvc

Meskipun terbuat dari bahan polimer yang lentur dan elastis, tetapi plafon PVC ini cukup kuat dan awet. Bahkan dapat bertahan hingga beberapa tahun kedepan. Terlebih lagi, bobotnya cukup ringan sehingga tidak sulit dipasangkan. Daya tahan yang dimiliki plafon pvc ini bukan hanya sekedar omongan belaka, terbukti dengan adanya perubahan cuaca plafon PVC ini tidak terjadi korosi.

Selain itu, walaupun terbuat dari plastik tetapi tahan rayap dan tidak mudah pecah alias tahan banting. Yang lebih menarik dari plafon PVC ini sudah dalam keadaan finishing warna dengan motif yang bervariasi atau custom sesuai keinginan dan selera. Sehingga tak heran jika Plafon PVC suka dijadikan alternatif pilihan selain plafon gypsum, eternit dan tripleks.

Yang mesti diperhatikan ketika ingin menggunakan plafon PVC ini yaitu pemilihan lem dan proses pemasangan. Menentukan warna lem perekat untuk lis plafon PVC. Direkomendasikan menggunakan warna lem yang cerah agar nantinya tampilan plafon PVC cerah juga, begitu pun sebaliknya, jika menggunakan warna lem perekat yang gelap maka hasilnya akan berwarna gelap juga.

Untuk proses pemasangan plafon PVC, meskipun mudah tetapi harus dilakukan dengan teliti dan penuh ke hati-hatian. Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat sambungan plafon PVC dapat terlihat dengan jelas. Jika pemasangannya tidak rapih maka dapat berdampak buruk pada tampilannya. Dan perlu diperhatikan juga dari tingkat kerapatan, agar tidak terdapat rongga-rongga yang dapat dengan mudah kotoran dan debu masuk, bahkan tetesan air hujan pun bisa merembes ke rongga-rongga tersebut sehingga akan mengakibatkan kebocoran.

Baca juga : Project pemasangan plafon kayu


Demikianlah ulasan kita kali ini mengenai perbandingan plafon kayu dengan plafon PVC. Semoga pembahasan diatas dapat bermanfaat dan bisa menjadi bahan pertimbangan dalam memilih plafon bangunan agar tidak salah pilih. Terimakasih telah membaca artikel ini hingga akhir.

Bila Anda berminat ingin menggunakan plafon kayu, Anda bisa langsung menghubungi salah satu pihak marketing kami dibawah ini : (Free Survei & Konsultasi)

Kontak Marketing : Ibnu – 0811-212-031

(Visited 18 times, 2 visits today)
Scroll to Top
Open chat
Hallo
Ada yang bisa saya bantu?
%d bloggers like this: