ruang tamu minimalis

Ruang tamu adalah salah satu bagian dari rumah yang memiliki peranan penting karena umumnya ruang tamu akan memberikan kesan pertama dari sebuah rumah secara keseluruhan. Ruang tamu yang tertata rapi dengan konsep tertentu akan menggambarkan keseluruhan dari rumah itu sendiri. Salah satu konsep ruang tamu yang patut untuk kamu coba adalah ruang tamu minimalis. Konsep dan desain minimalis memang sudah jadi favorit banyak orang sejak lama karena memberikan tampilan yang sederhana namun menunjukkan sisi elegan dan mewah. Namun masih banyak yang belum mengetahui cara membuat ruang tamu minimalis yang baik karena terdapat banyak cara menata ruang tamu yang dilihat dari konsep dan kebutuhan dari ruang tamu itu sendiri.

Berikut ini adalah ulasan mengenai cara menata ruang tamu minimalis yang pas agar ruang tamu rumahmu tidak hanya enak dilihat namun juga nyaman untuk tamu yang berkunjung.

1.Perabot atau Furnitur yang Wajib Ada

tips ruang tamu minimalis

Pemilihan perabot dan furnitur untuk ruang tamu minimalis memiliki peranan penting dan harus disesuaikan karena nyatanya ruang tamu di setiap rumah tidak selalu memiliki kebutuhan perabot yang sama. Hal tersebut tergantung dari gaya hidup dari pemilik rumah yang bersangkutan. Jika pemilik rumah adalah orang yang senang bersosialisasi mungkin penggunaan ruang tamunya akan lebih sering jika dibandingkan dengan pemilik rumah yang lebih sering menghabiskan waktunya  di luar rumah. Namun terlepas dari karakter dan gaya hidup pemilik rumah, berikut ini adalah beberapa perabot dan furnitur yang wajib harus ada di setiap ruang tamu.

  • Kursi atau sofa

Kehadiran kursi tamu atau juga sofa adalah hal yang wajib ada di setiap ruang tamu. Untuk kamu yang sering menerima tamu atau juga menghabiskan waktu di ruang tamu, kamu bisa menggunakan sofa dengan bantalan yang nyaman. Namun jika kamu tipe pemilik rumah yang jarang menggunakan ruang tamu, maka kursi dengan bahan rotan atau kursi dengan desain minimalis sudah cukup mengisi ruang tamu rumahmu.

  • Meja Kecil

Meja kecil atau coffee table berfungsi ketika kamu memiliki luas ruang tamu yang terbatas dan cocok untuk kamu yang mengusung konsep minimalis untuk area ruang tamu. Kamu bisa menggunakan coffee table berukuran kecil sebagai side table yang disimpan tanpa memakan banyak tempat namun tetap memenuhi kebutuhan untuk menyajikan minuman kepada tamu yang datang atau juga mempermudah tamu yang datang membawa barang.

  • Tempat penyimpanan

Tempat penyimpanan adalah perabot yang wajib ada di ruang tamu. Untuk menata ruang tamu dengan lahan terbatas, kamu bisa menghadirkan lemari kecil, atau perabot lainnya yang memiliki fungsi lain untuk tempat menyimpan barang, seperti kabinet kecil, meja yang memiliki laci di bagian pinggir atau bawahnya, atau juga kursi yang memiliki laci di bagian kolongnya. Dengan adanya perabot sebagai tempat penyimpanan ini akan membuat ruang tamu minimalismu tampak rapi.

  • Perabot tambahan

Perabot tambahan yang bisa kamu masukkan di ruang tamu adalah perabot tambahan yang disesuaikan dengan aktivitas dan kebutuhan yang kamu miliki. Apabila kamu sering menonton TV di ruang tamu, maka meja TV yang kokoh menjadi perabot tambahan yang kamu perlukan.

2. Warna Dinding atau Wallpaper

Warna Dinding atau Wallpaper

Dinding yang kamu kamu aplikasikan pada ruang tamu juga tidak kalah penting dalam menata ruang tamu yang minimalis. Dinding ini bisa dibilang sebagai elemen dominan yang akan mempengaruhi atmosfer dan suasana dari ruang tamu. Jika ruang tamu sering kamu gunakan sebagai tempat bercengkrama dengan tamu dan keluarga, maka kamu bisa memilih warna yang lembut agar ruangan tetap nyaman. Hindarilah warna dinding yang terang terlalu ramai dan terlalu melelahkan untuk mata. Dinding kayu atau biasa disebut lambersering juga merupakan ide bagus untuk hunian sejuk dan nyaman.

3. Material Lantai

lantai untuk ruang tamu minimalis

Lantai juga bagian yang tidak kalah penting dalam menata ruang tamu yang minimalis. Dalam memilih lantai, material lantai haruslah diperhatikan agar ruang tamu nantinya memberikan suasana yang nyaman. Untuk membuat ruang tamu minimalis, kamu bisa menggunakan lantai parket ataupun vinyl. Material ini sudah banyak digunakan dan terbukti bisa membuat lantai terasa nyaman karena material kayu sendiri bersifat hangat dan tidak terlalu keras. Sehingga dengan menggunakannya, memberikan kesan cozy dan homey. Namun banyak juga yang ingin menghadirkan kemewahan pada ruang tamu minimalisnya, yakni dengan penggunaan lantai bermaterial marmer. Tidak ada salahnya kamu menggunakan material ini, namun agar tetap nyaman kamu bisa mengakalinya dengan menyertakan penggunaan karpet di lantai ruang tamu kamu.

Untuk harga lantai kayu, anda bisa membaca disini : Lantai Kayu Murah Terupdate 2021

4. Pengaturan Pencahayaan

pencahayaan ruang tamu

Pengaturan pencahayaan masih banyak dibingungkan oleh para pemilik rumah yang ingin menata ruang tamunya padahal bagian pencahayaan bisa berpengaruh dalam menghidupkan suasana dari ruang tamu selain sebagai pencahayaan untuk mempermudah aktivitas. Apabila kamu banyak melakukan aktivitas seperti berdiskusi dan membaca buku, maka pencahayaan lampu terang berwarna putih akan jauh lebih baik.

Sementara itu, bagi kamu yang lebih nyaman menggunakan ruang tamu sebagai tempat sekedar bercengkrama dan mengobrol santai, kamu bisa menggunakan pencahayaan temaran agar membuat suasana bisa lebih hangat. Bagi kamu yang menyukai suasana yang natural dan alami, kamu bisa memanfaatkan sumber cahaya alami dengan menggunakan jendela yang tinggi atau lebar dengan membuka gorden dari pagi sampai sore hari.

5. Dekorasi Tambahan

dekorasi ruang tamu minimalis

Adanya dekorasi tambahan akan membuat ruang tamu minimalismu semakin nyaman. Kamu bisa menambahkan karpet lantai atau juga bantal sofa yang empuk. Untuk memberikan kesan yang estetik dan menampilkan seni, kamu bisa menambahkan dekorasi artistik seperti guci atau juga poster printing.

Dekorasi tambahan tentu bisa kamu sesuaikan dengan minat dan ketertarikan yang paling sesuai dengan karakter kamu sebagai pemilik rumah. Selain itu, untuk menata ruang tamu dengan gaya minimalis, kamu harus memastikan perabot dan warna cat dinding atau pola wallpaper kamu minimalis juga. Apabila kamu mau menonjolkan konsep industrial, kamu juga bisa mengekspos konsep tersebut dengan menggunakan perabot yang senada dengan gaya industrial ketika menata ruang tamu.

Itulah cara membuat ruang tamu minimalis yang bisa kamu jadikan referensi dalam menata hunian yang sesuai dengan konsep dan tema yang ingin kamu usung. Jangan lupa untuk menyesuaikan perabot dan furnitur yang ada di ruang tamu dengan gaya yang kamu inginkan ya!

(Visited 58 times, 1 visits today)
Scroll to Top
Open chat
Hallo
Ada yang bisa saya bantu?
%d bloggers like this: