Lantai kayu laminated atau engginer – Memiliki sebuah hunian yang elegan dan berestetika merupakan cita-cita setiap orang. Tidak heran jika penggunaan lantai kayu sebagai penutup lantai rumah semakin banyak diminati orang-orang. Pemasangan lantai kayu memang merupakan salah satu bentuk atau cara bagaimana menambah nilai estetika pada hunian.

Hanya saja, lantai motif kayu yang terbuat dari kayu solid atau kayu utuh atau kayu langsung dari alam memiliki harga yang terbilang cukup tinggi, apalagi pada jenis-jenis kayu yang memiliki tingkat kekerasan, keindahan corak dan warna serta memiliki masa pakai yang sangat lama tentunya memiliki harga yang lebih mahal lagi.

Rekomendasi alternatif pilihan selain lantai kayu solid

Mungkin bagi orang-orang yang tinggal di negara-negara maju seperti di Amerika, Australia, Jepang, dan China yang memiliki pemasukan perkapita yang cukup tinggi tidak terlalu mempermasalah hal demikian, yang penting kualitas yang disuguhkan benar-benar yang terbaik dan paling Unik.

Mahalnya harga kayu juga dipengaruhi oleh jumlah kayu alam tersendiri yang semakin menyusut dan berkurang ditambah lagi masa tanam dan pertumbuhan kayu berkualitas seperti Jati, merbau dan kayu-kayu lain sering digunakan untuk lantai kayu terbilang cukup lama.

Oleh sebab itu, sekarang ini banyak perusahaan-perusahaan besar yang berusaha menyuguhkan bahan-bahan sintetis pengganti lantai kayu. salah satunya adalah lantai kayu buatan dari sebuk kayu atau lebih dikenal dengan nama Lantai Laminated Flooring (lantai laminasi), atau ada juga Lantai vinyl motif kayu yang kerap kali dijadikan pilihan.

Baca Juga : Lantai vinyl Motif Kayu

Alternatif Lantai Selain Parket Solid

laminate pengganti lantai kayu solid masa kini

Lantai kayu laminated atau laminated flooring adalah bentuk inovasi pengganti atau alternatif lantai kayu yang memiliki sipat yang hampir sama dengan lantai kayu karena memang lantai lamianted ini terbuat dari bahan high density fiberboards (HDF), sebuah bahan serbuk kayu dan campuran bahan kimia lain sedangkan pada bagian permukaannya dilapisi dengan Alumunium oxide partikel sehingga permukaannya lebih kuat dan dapat meniru lantai kayu Solid.

lantai kayu laminated
lantai kayu laminated sebelum dipasang

lantai laminated ini juga dikenal ramah lingkungan, mirip sekali dengan lantai kayu, serta memiliki harga yang ekonomis ditambah lagi bahan-bahan yang tidak terlalu sulit didapat karena campuran bahan-bahan pabrikan dengan teknologi tinggi membuat lantai lamianted ini sangat bisa diandalkan sebagai alternatif pengganti lantai kayu solid.

kehebatan lantai kayu laminated adalah memiliki sipat, suhu, keramahan lingkungan dan bentuk yang hampir sama dengan lantai kayu namun dengan harga dibawah lantai kayu membuat lantai laminated ini kerap dijagokan untuk dipasang pada hunian.

Perlu diingat, sebelum anda membeli sebuah lantai laminated, hal yang harus anda lakukan adalah memilah dan memilih produk lantai kayu laminated. memperhatikan bahan-bahan yang digunakan pada laminated flooring adalah hal pertama yang harus anda pertimbangkan. baik dari jenis bahan untuk desain kayu pada permukaan ataupun pada jenis serbuk kayu, High Density Fiberboards (HDF).

Baca juga : Harga Lantai Parket Laminated per meter terbaru 2021

Berikut foto bagian-bagian layer pada laminated flooring :

lantai kayu laminated
bagian-bagian pada lantai kayu laminated

Berikut Jenis ketahanan Gores Desain kayu dan alumunium oxide pada permukaan lantai laminated

  1. AC 1- 2, standard, cepat aus sehingga hanya 1-2 tahun saja warna sudah pudar. untungnya, jenis ini sudah tidak diproduksi lagi, sehingga tidak perlu dihiraukan.
  2. AC 3, cukup baik, bisa tahan beberapa tahun, dijual dengan harga cukup murah juga, pabrik besar sudah tidak memproduksinya, hanya menjual sisa dan memproduksi berdasarkan pesanan saja.
  3. AC 4, terbaik saat ini, bisa bertahan sampai dengan 20 tahun

Bahan-bahan dasar Lantai kayu laminated

    1. HDF berwarna Hijau muda. jenis ini memiliki sipat menyerap uap air di udara sehingga kurang bagus sehingga memungkinkan mengembang setelah pemasangan.
    2. HDF berwarna coklat putih. Jenis HDF ini memiliki sipat yang kurang cocok dengan iklim trofis seperti di Indonesia karena bahan-bahan dasar dari HDF ini merupakan Import dari Eropa.
    3. HDF berwarna coklat muda dan tua. Jenis HDF ini memiliki ketahanan yang cukup baik, sangat jarang mengalami pengembangan setelah pemasangan selesai.
macam-macam HDF pada lantai kayu laminated
macam-macam HDF pada lantai kayu laminated

Lantai kayu lamianted atau lamianted flooring ini sangat layak menjadi pertimbangan anda jika menimbang beberapa kelebihan  lantai kayu laminated dibanding lantai kayu solid dibawah ini

permukaan lantai HDF yang dilapisi serbuk alumunium oxide yang memiliki sipat tahan gores.

harga yang sangat terjangkau apapun motif atau corak kayu yang disuguhkan.

pemasangan yang dilakukan tidak harus menggunakan lem, lebih mudah dan lebih cepat sehingga anda mendapat banyak keuntungan.

hasil dari pemasangan lantai kayu laminated selain presisi yang akurat, namun juga sangat sempurna pada bagian corak kayu yang memiliki desain atau corak yang sama.

Plus minus laminated flooring

Terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki lantai parket laminate, salah satu keunggulan yang paling mencolok dan sudah terkenal yaitu mudah dipasangkan. Sehingga lantai kayu laminasi ini masuk kedalam jajaran lantai kayu tempel.

Kelebihan lantai kayu laminate : 

  • Motif kayu yang terlihat sangat elegan
  • Bisa dibongkar pasang
  • Mudah diterapkan
  • Harganya sangat terjangkau
  • Tingkat keawetannya cukup baik

keunggulan lantai parket laminated

Kelemahan lantai parket laminasi : 

  • Rentan terkena goresan yang diakibatkan dari kaki-kaki furniture, seperti kursi, meja dan lemari
  • Bisa mengelupas kembali jika pada saat proses pemasangan berlangsung dilakukan secara terburu-buru
  • Tidak tahan terhadap air, tetapi masih bisa diandalkan untuk dipasangkan diarea dapur

Laminated flooring memiliki keunggulan dari segi harga dibanding dengan lantai kayu, namun masih kalah jika dibandingkan kualitas diantara keduanya.

Lantai laminated juga lebih unggul dibanding dengan lantai vinyl motif kayu karena memiliki sipat yang hampir sama dengan lantai kayu. Tidak seperti lantai vinyl yang terbuat dari bahan dasar PVC (Poli Vinyl Chloride), bahan tersebut semacam plastik sehingga memiliki karakteristik yang tidak sama dengan lantai kayu.

Baca juga : Cara membedakan lantai vinyl dengan laminate

Foto lantai laminated setelah terpasang jika dibandingkan dengan lantai kayu solid :

lantai kayu laminated pada lantai rumah
lantai kayu laminated pada lantai rumah
lantai kayu laminated pada lantai rumah
lantai kayu laminated pada lantai rumah
lantai kayu laminated pada lantai rumah
lantai kayu laminated pada lantai rumah

berikut Foto lantai kayu solid, silahkan bandingkan :

lantai kayu solid jadi menggunakan teknik Herringbone
lantai kayu solid jadi menggunakan teknik Herringbone

meninjau ulasan lantai laminated diatas, tentu anda bisa menentukan sendiri, apakah lantai laminated bisa menarik perhatian anda atau masih memilih lantai kayu, atau bahkan lantai vinyl? itu terserah anda karena anda yang menentukan.

kami hanya memberikan jalan dan wawasan pada anda agar anda tidak salah memilih lantai yang akhirnya siapa yang rugi?

tentu diri anda sendiri…

oleh sebab itu, pintar-pintarlah memilih partner kerja pemasang lantai. mungkim bekerja sama dengan kami sebagai pemasangan lantai adalah solusi terbaik bagi anda.

kami merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang lantai kayu parket, decking kayu papan tangga kayu, plafon kayu, lantai kayu Laminated dan lantai vinyl motif kayu.

untuk info harga bisa buka : harga lantai kayu terlengkap 2021

atau bagi anda yang hendak berkonsultasi atau berminat membeli lantai kayu dari kami, bisa Hub marketing kami :

Ibnu

Wa : 0811212031

Anda juga bisa berkunjung ke showroom kami

bisa di buka : daftar showroom kami

Baiklah segitu saja untuk informasi yang bisa kami sampaikan, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari alternatif pilihan selain lantai kayu solid. Terimakasih telah membaca artikel ini hingga akhir.

(Visited 668 times, 1 visits today)
Scroll to Top
Open chat
Hallo
Ada yang bisa saya bantu?
%d bloggers like this: