lantai pinggir kolam renang terbaik

Terdapat beberapa parameter yang menjadi penentu estetika sebuah kolam renang, salah satunya adalah bagian lantai pinggiran kolam renang. Selain bentuk dari kolam renang, lantai pinggiran kolam renang menjadi daya tarik utama tersendiri. Oleh karena itu penting untuk mengetahui material apa saja yang bisa dipakai untuk digunakan sebagai lantai pinggiran kolam renang. Material-material tersebut nantinya bisa dijadikan pertimbangan sebelum dipilih material mana yang terbaik. Terdapat beberapa jenis material yang bisa Anda pertimbangkan. Material-material tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut ini adalah jenis dan penjelasan singkat mengenai material yang bisa dijadikan referensi Anda untuk lantai pinggiran kolam renang.

Jenis material lantai pinggiran kolam renang:

  • Keramik

    Lantai pinggiran kolam renang menggunakan material keramik terbilang sangat umum. Material keramik adalah pilihan yang tepat jika memiliki budget standar dan tidak mau terlalu repot dalam perawatanya

  • Batu Alam

    Batu alam memberikan nilai artistik sebagai daya tariknya. Jika Anda ingin menghadirkan konsep artistik, material ini cocok untuk digunakan.

  • Batu Sikat

    Material ini tergolong mewah untuk lantai pinggiran kolam renang karena dana yang harus Anda keluarkan juga cukup besar serta membutuhkan ketelitian dalam pengerjaanya. Namun sebanding dengan karakter natural yang dihasilkan dan sangat cocok bagi Anda yang memiliki lahan rumah yang cukup luas.

  • Vinyl

    Material vinyl cocok digunakan apabila budget yang dimiliki terbatas. Selain itu,  material ini bisa menampilkan berbagai macam pola dan penerapannya tergolong mudah.

  • Kayu

    Kayu termasuk material yang direkomendasikan untuk lantai pinggiran kolam renang. Jenis kayu yang direkomendasikan adalah kayu ulin, kayu bengkirai dan kayu keruing karena jenis-jenis kayu ini lebih aman dan sangat tahan terhadap kemebaban dan air. Terlebih lagi jenis kayu Ulin adalah kayu yang memiliki tingkatan kekerasan yang sangat tinggi.

Tips Memilih Lantai Untuk Pinggir Kolam Renang

tips memilih lantai untuk pinggir kolam renang
tips memilih lantai untuk pinggir kolam renang

Setelah mengetahui material apa saja yang bisa digunakan sebagai lantai pinggiran kolam renang, simak tips memilih lantai kolam renang agar anda mendapatkan pinggiran kolam yang indah, nyaman, aman dan tentunya dengan hasil yang maskimal:

Tips #1 : Cari Lantai Anti Slip

Selain memperhitungkan keindahan, lantai pinggiran kolam renang juga harus aman. Material yang digunakan sebagai lantai pinggiran kolam renang harus anti slip karena kolam renang identik dengan air dan air bersifat licin. Karena hal ini, material keramik sebagai pinggiran kolam renang kurang baik atau kurang aman. Anda bisa memilih alternatif lain yang lebih aman seperti kayu ulin atau batu alam.

Tips #2 : Tahan Air

Lantai pinggiran kolam renang harus tahan air agar lebih menghemat dari segi perawatan. Selain itu, harus tahan air agar menambah keamanan. Berhubungan dengan itu, kayu adalah material yang sangat direkomendasikan untuk digunakan sebagai material lantai pinggiran kayu karena. Selain memenuhi syarat tahan air dan aman, kayu juga bisa menghadirkan tampilan pinggiran kolam renang dengan berbagai jenis bentuk, motif, dan warna.

Tips #3 : Tahan Terhadap Sinar Matahari

Material yang mampu tahan terhadap sinar matahari langsung adalah kayu. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, terdapat beberapa jenis kayu yang bisa digunakan sebagai lantai pinggiran kayu, yakni kayu ulin, bengkirai, dan keruing. Jenis-jenis kayu tersebut memenuhi syarat untuk ditempatkan dengan kondisi terkena sinar matahari langsung.

Tips #4 : Nilai Estetika

Suasana yang natural dan estetik dalam hunian adalah impian semua orang. Oleh karena itu Anda harus menghadirkan keindahan ini melalui penggunaan material di lantai pinggiran kolam renang. Untuk mewujudkannya, terdapat alternatif yang bisa Anda lakukan yaitu menggunakan material kayu sebagai eksterior halaman termasuk untuk lantai pinggiran kolam renang. Sudah menjadi material favorit semua orang, selain sifatnya yang tahan terhadap cuaca, kayu juga bisa mempercantik hunian, dan mudah dipadu-padankan agar selaras dengan media apapun itu seperti corak batu alam, marmer, warna cat, tumbuhan, dan lain-lain.

Rekomendasi Lantai Untuk Pinggir Kolam Renang

rekomendasi memilih lantai untuk pinggir kolam renang
rekomendasi memilih lantai untuk pinggir kolam renang

Dari penjelasan di atas, berikut ini adalah material-material yang sangat direkomendasikan untuk dijadikan material lantai pinggiran kolam renang. Apa saja material lantai tersebut? Mari kita simak dibawah ini;

Lantai Semen

lantai semen untuk kolam renang
lantai semen untuk kolam renang

Pada pilihan pertama, lantai semen ini sangat baik untuk dek samping kolam renang. Alasannya tak lain dan tak bukan karena biaya yang digunakan untuk membuat lantai dari semen ini lebih terjangkau daripada material lantai yang lainnya. Terlebih lagi, material ini memiliki sifat pijakan yang bertekstur, jadi anda tidak perlu khawatir untuk hal licin pada lantai semen. Jika anda memiliki rumah yang berkonsep industrial minimalis, lantai semen juga menjadi pilihan yang sangat direkomendasikan. Mengingat tema industrial minimalis ini sangat cocok dengan warna dan tone dari lantai semen yang netral.

Batu Alam

batu alam untuk kolam renang
batu alam untuk kolam renang

Yang kedua yaitu lantai dari Batu Alam, sebuah material yang cukup populer untuk dijadikan lantai samping kolam renang. Memang tak dapat dipungkiri bahwa lantai dari batu alam ini memiliki permukaan yang bagus, tidak licin dan tentunya nilai estetika yang dimiliki juga cukup tinggi. Maka tak heran jika sebagian besar orang menggunakan material ini untuk lantai pinggir kolam renang mereka. Berbicara tentang ketahanan, tentu saja material batu alam ini sangat kuat, karena memang terbuat dari bahan alam yang terbaik. Kesan natural pun akan  anda dapatkan ketika menggunakan material ini, membuat area kolam renang anda sejuk dan alami.

Lantai Kayu Asli

lantai kayu untuk kolam renang
lantai kayu untuk kolam renang

Yang terakhir merupakan rekomendasi yang sangat dianjurkan untuk anda, yaitu Lantai Kayu Solid. Kini semakin hari material satu ini semakin populer karena kelebihan yang ia tawarkan sangat beragam. Dimulai dari tampilan yang anda dapatkan dari lantai kayu asli ini sangat menawan dan juga elegan. Decking Kayu, nama lain dari lantai kayu outdoor ini menggunakan jenis kayu yang berbeda dengan parket kayu, karena tentu sifat yang dibutuhkan pun berbeda. Jenis kayu yang sering digunakan untuk decking outdoor ini adalah kayu Ulin, kayu Merbau, kayu Bengkirai dan juga kayu Keruing. Anda bisa memilih jenis kayu yang anda inginkan mulai dari kayu ulin yang sangat baik dengan harga yang cukup tinggi, ataupun jenis kayu menawan lainnya yang tak kalah bagus seperti merbau atau bengkirai dengan harga yang cukup terjangkau. Jika anda bertanya tentang kualitas lantai kayu outdoor, decking kayu ini memiliki sifat yang tahan terhadap cuaca, tahan air, dan tentunya tidak licin, Jadi sangat aman untuk anda. Untuk mengetahui harga Decking anda bisa melihatnya di Harga Decking Kayu Outdoor 2021

Demikianlah pembahasan kita tentang lantai untuk pinggir kolam renang. Semoga dapat membantu anda dalam memilih material lantai yang paling terbaik dan juga cocok dengan rumah kesayangan anda. Untuk informasi lebih lanjut atau harga lantai kayu outdoor, bisa menghubungi nomor yang tertera pada homepage kami, atau menghubungi nomor Whatsapp marketing kami dibawah ini:

kontak via whatsapp

(Visited 30 times, 1 visits today)
Scroll to Top
Open chat
Hallo
Ada yang bisa saya bantu?
%d bloggers like this: