lantai spc vs lantai kayu solid

Dalam menghias interior dan eksterior rumah, banyak jenis material yang bisa kamu pilih untuk lantai. Mulai dari keramik, lantai kayu solid, sampai material yang terbuat dari kombinasi berbagai bahan, seperti SPC atau Stone Plastic Composite. SPC adalah kombinasi serbuk batu dengan plastik yang menghasilkan material yang keras dan kokoh. Material SPC bisa digunakan untuk jangka panjang mengingat sifatnya yang tahan air. Karena ketahanannnya ini, SPC juga cocok untuk digunakan pada area yang sering dilalui atau area publik.

Apa Itu Lantai SPC?

lantai spc (stone plastic composite)
lantai spc (stone plastic composite)

Lantai SPC adalah material untuk lantai yang terbilang baru. Cara pemasangannya mudah yakni dengan menggunakan interlocking click system, serta bisa langsung dipasang di atas acian, keramik, atau juga di atas lantai yang ada. Lantai jenis ini tidak akan melengkung atau juga memuai karena sangat kaku mengingat material bahan dasarnya adalah perpaduan antara kekuatan batu dan keindahan tampilan kayu. Kedua faktor ini cukup kamu jadikan pertimbangan dalam pemilihan material lantai baik untuk hunian atau juga perkantoran.

Lantai SPC memiliki beberapa lapisan yang berfungsi untuk melindungi permukaannya dari berbagai beban dan goresan. Karena hal inilah material ini bisa memiliki ketahanan pakai dan tampilan dalam jangka panjang. Selain itu, lantai ini memiliki lapisan di bagian bawahnya yang membuat lantai bisa dipijak dengan nyaman dan kedap udara.

Keunggulan Lantai SPC

jual lantai spc

Tahan Terhadap Air

Ketahanan terhadap air jadi keunggulan material SPC nomor satu. Hal ini menguntungkan untuk kamu yang memiliki hunian di daerah lembab atau pegunungan karena material ini bisa membuat lantai bebas dari lembab.

Harga Terjangkau

Inilah faktor utama jenis lantai satu ini sangat laris di pasaran. Dengan harga yang murah ini anda sudah mendapatkan tampilan lantai yang indah dan sekilas terlihat seperti lantai kayu yang asli.tf

Perawatannya Mudah

Untuk membersihkan lantai SPC cukup dengan disapu dan dipel seperti biasa tanpa perawatan khusus. Ini menjadi hal yang cukup baik mengingat lantai kayu asli memerlukan perawatan ekstra.

Pemasangannya Mudah

Selain perawatannya yang mudah, lantai spc ini juga ternyata sangat mudah untuk pemasangannya. Bahkan, anda tidak memerluka seorang tukang untuk memasangkan nya pada hunian anda. Cukup dengan beberapa tutorial yang anda dapatkan di jejaring sosial, anda sudah dapat memasangkan lantai cantik ini.

Baca Juga : 3 Jenis Lantai Murah Motif Kayu

Kekurangan Lantai SPC

  • Tidak bisa lama-lama terpapar sinar matahari, meskipun klaimnya tahan terhadap segala cuaca. Lantai SPC tidak disarankan digunakan di area yang sering terkena sinar matahari langsung, misalnya saja balkon atau area dekat dengan jendela. Jika terlanjur, kamu bisa menggunakan tirai untuk melindungi lantai SPC di area ini.
  • Meskipun klaimnya 100% tahan air, namun ternyata material ini tidak sepenuhnya memiliki ketahanan terhadap air karena lantai ini tidak bisa terkena air atau terendam dalam air di waktu yang lama, misalnya seperti saat terjadi banjir.
  • Lantai SPC memiliki kandungan logam berat, namun cenderung rendah sehingga masih aman dan tidak terlalu mengancam bagi kesehatan tubuh manusia. Namun lantai SPC dengan harga murah tidak disarankan untuk kamu gunakan mengingat kualitasnya cukup buruk serta mengandung logam berat yang cukup tinggi dan bisa berdampak buruk pada kesehatanmu dan penghuni rumah lainnya.

Untuk lebih jelasnya tentang kelebihan dan kekurangan lantai vinyl dengan lantai kayu solid, klik Selengkapnya..

Artikel Terkait : Perbedaan Lantai Vinyl dan Lantai Laminated

Jika kamu memang menyukai lantai rumah yang memberikan nuansa natural dan penuh seni, kamu bisa menggunakan material yang terbuat dari kayu asli. Lantai SPC memang sama-sama memberikan nuansa natural karena bisa menampilkan motif kayu, namun apabila kamu memiliki budget yang lebih dan ingin merasakan keunggulan dari kayu langsung serta ingin menampilkan motif alami dari kayu, disarankan kamu memilih kayu solid.

Apa Itu Lantai Kayu Solid?

lantai kayu solid murah
lantai kayu asli

Kayu solid adalah jenis lantai kayu yang 100% terbuat dari kayu asli tanpa campuran bahan lainnya. Lantai kayu solid ini terbuat dari kayu utuh yang kemudian dipotong sesuai ukuran yang dibutuhkan. Biasanya kayu solid dijual dalam keadaan unfinished, dan akan diamplas ketika saat dipasang agar permukaannya rata. Meskipun harganya memang mahal namun sebanding dengan kekuatan dan keindahan yang ditampilkan. Namun tetap pilihlah jenis kayu yang kuat dan disarankan penggunaannya oleh banyak penjual kayu, seperti kayu jati, merbau, ulin, dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah keunggulan yang dimiliki oleh lantai kayu solid:

Kelebihan Kayu Solid

decking lantai kayu tahan air
decking lantai kayu tahan air

Mampu Memberikan Kesan Natural

Dibandingkan dengan jenis lantai kayu lainnya serta lantai olahan lain, lantai kayu solid ini adalah lantai yang paling bisa memberikan tampilan natural yang maksimal. Bagaimana tidak, bahan dasar lantai kayu solid ini adalah kayu asli utuh yang dipotong dan langsung diaplikasikan di permukaan rumah. Contohnya seperti warna dari Lantai Kayu Jati yang sangat menawan, hanya perlu sedikit sentuhan finishing yang mengkilat, anda akan terpana karena keindahan kayu ini.

Memiliki Keawetan Yang Sangat Tinggi

Dibandingkan dengan olahan lantai kayu lainnya atau lantai olahan seperti lantai SPC, lantai kayu solid memiliki tingkat keawetan yang lebih unggul, mengingat material kayu sendiri justru semakin tua akan semakin awet, contohnya saja kayu jati. Terlebih lagi, lantai kayu memiiki varian yang khusus untuk outdoor, yaitu Decking Kayu.

Artikel Terkait : 5 Pilihan Lantai Kayu Outdoor Untuk Rumah Anda

Dapat Menstabilkan Hawa di Dalam Rumah

Kayu aman bagi kesehatan penghuni rumah, karena terbuat dari material alami. Selain itu, lantai kayu juga memberikan kenyamanan yang lebih baik dibandingkan dengan material lainnya karena sifat alami kayu bisa menstabilkan cuaca, yakni membuat sejuk ketika cuaca panas, dan menghangatkan ketika cuaca dingin.

Kekurangan Lantai Kayu Solid

Pemasangan Terbilang Cukup Lama

Jika dibandingkan dengan lantai SPC, Vinyl ataupun Laminate, Lantai kayu solid memiliki proses pemasangan yang cukup lama. Karena memerlukan beberapa tahapan pemasangan yang harus dikerjakan oleh tenaga ahli. Bukan tanpa alasan, pemasangan yang lama ini merupakan upaya agar anda mendapatkan hasil yang maksimal.

Harga Yang Mahal

Mengingat kayu solid merupakan kayu asli dari pohon yang ditebang menjadikan jenis lantai satu ini cukup mahal. Namun, ada juga lantai kayu dengan varian yang murah seperti lantai kayu parket jati grade C.

Baca Juga : Harga Lantai Kayu Solid Terbaru 2021

Demikianlah pembahasan kita kali ini tentang lantai spc vs lantai kayu solid. Jadi, jenis lantai mana yang cocok dengan anda? Lantai SPC yang murah dengan pemasangan dan perawatan yang mudah namun kualitas standar. Atau lantai kayu solid dengan harga yang mahal namun memiliki kualitas yang sangat baik dan keawetan yang luar biasa. Semua terserah pada keputusan anda, yang perlu anda ketahui bahwa kedua jenis lantai ini dapat mempercantik dan menjadikan hunian anda mewah.

Tertarik dengan lantai SPC atau Lantai kayu Solid? Hubungi kontak staff marketing kami berikut ini;

Call / Whatsapp
0811-212-031
(Ibnu)

(Visited 12 times, 1 visits today)
Scroll to Top
Open chat
Hallo
Ada yang bisa saya bantu?
%d bloggers like this: