Kelebihan Kekurangan Lantai Vinyl Motif Kayu – Memiliki hunian yang bersih serta rapih dan juga berestetika merupakan idaman bagi setiap orang. ada beberapa faktor yang berpotensi dan penting agar hunian anda terlihat lebih indah dan berestetika, salah satu faktor tersebut adalah lantai. Seperti yang kita ketahui bahwa lantai merupakan suatu unsur yang wajib ada kehadirannya dalam sebuah hunian atau bangunan.

Lantai merupakan salah satu bagian penting pada hunian, dimana lantai ini adalah tempat dimana kita pertama kali menginjakan kaki pada hunian. Lantai juga salah satu unsur yang membuat hunian kita berestetika atau tidak. Kesalahan memilih lantai dapat membuat kita juga kurang nyaman, dan merugikan bila memilih lantai terlalu mahal namun anda tidak puas dengan hasil yang di dapatkan.

Tahukah Anda, bahwa terdapat salah satu jenis lantai yang sudah cukup populer di berbagai kalangan, terutama di kalangan yang berkecimpung di dunia arsitektur dan interior rumah. Jenis lantai tersebut yaitu lantai vinyl. Apakah Anda sudah pernah dengar jenis lantai yang satu ini sebelumnya?

mengulas Kelebihan dan kekurangan lantai vinyl motif kayu dibanding lantai kayu

Apa Itu Lantai Vinyl?

Lantai vinyl merupakan lantai yang sangat bagus, lantai ini memiliki corak dan motif yang indah, karena lantai ini merupakan sintetis, kebanyakan lantai vinyl meniru lantai unik lain seperti keunikan dari lantai marmer, dan keunikan dari lantai kayu.

lantai vinyl berbahan dasar polyvinyl chloride  (PVC) yang diolah dengan teknologi yang sangat canggih sehingga mampu membentuk sebauh hamparan dengan motif yang diinginkan.

Kelebihan lantai vinyl

kelebihan lantai vinyl motif kayu

  • Mudah dipasangkan

Lantai vinyl memiliki kelebihan yang sangat unik, yaitu lantai ini sangat fleksibel sehingga pemasangan sangat mudah. selain sangat mudah, pemasangan lantai vinyl pun tidak mengharuskan tambahan bahan lain sehingga dapat meminimalisir pengeluaran budget Anda.

  • Mempunyai motif kayu dan yang lainnya

Kelebihan lantai vinyl lainnya adalah memiliki motif yang sangat persis misalnya motif kayu maka lantai tersebut akan seperti lantai kayu sehingga hunian anda menjadi terlihat mewah dengan lantai vinyl.

  • Awet

Lantai vinyl ini mempunyai keawetan yang cukup lama, bahkan bisa bertahan hingga bertahun-tahun. Akan tetapi, bila ingin lantai vinyl dapat bertahan cukup lama maka diperlukan perawatan yang rutin.

Baca juga : Perbandingan Lantai Vinyl & Lantai Laminate

  • Mudah di rawat

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa jika ingin lantai vinyl awet maka harus dirawat dengan baik. Tidak perlu khawatir atau malas melakukannya, karena lantai vinyl mudah dalam hal perawatan nya. Anda hanya perlu membersihkan debu dan kotoran yang menempel di permukaan lantai vinyl secara rutin setiap hari, pel sesekali jika lantai sintetis vinyl sudah terlihat kusam.

  • Harganya sangat terjangkau

Selain kelebihan diatas, poin ini menjadi hal yang cukup mutlak kenapa lantai vinyl cukup populer dan banyak disukai, hal ini lantaran harga lantai vinyl di jual dengan harga yang cukup murah. Sehingga dapat di jangkau oleh semua kalangan. Maka tak heran, jika lantai sintetis motif kayu ini sering di pakai sebagai alternatif pengganti lantai keramik yang sudah terlihat usang, mudah rusak dan berkesan dingin.

Baca juga : Harga Lantai Vinyl Per Meter 2021

mengulas Kelebihan dan kekurangan lantai vinyl motif kayu dibanding lantai kayuS

Setelah membahas beberapa kelebihan dari lantai vinyl, jenis lantai sintetis ini juga mempunyai sisi kelemahannya. Sebaiknya Anda ketahui akan hal ini supaya tidak menyesal di kemudian hari. Berikut ini :

Kelemahan lantai sintetis vinyl

kekurangan lantai sintetis vinyl

  • Rentan terkena goresan

Salah satu kelemah dari lantai vinyl yang sangat disayangkan yaitu lantai ini akan mudah rusak bila terkena goresan benda tajam, benturan benda keras atau lainnya, ditambah lagi lantai ini sulit diperbaiki, jika sudah rusak maka lantai ini harus diganti.

  • Kurang baik bagi kesehatan

Lantai sintetis vinyl ini memiliki kandungan VOC di dalamnya, yang dimana kandungan tersebut cukup berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia. Meskipun akhir-akhir ini para produsen lantai vinyl sudah mengurangi jumlah kandungan PVC didalamnya, tetapi kita harus berhati-hati. Solusi bila ingin memakai lantai vinyl dirumah pastikan terdapat lubang ventilasi yang cukup agar kandungan pada lantai vinyl tidak diam berlama-lama didalam ruangan.

  • Tidak sepenuhnya tahan air

Meskipun lantai vinyl ini terdapat lapisan anti air atau layer water resistance tetapi tetap saja jika terkena air secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama, maka lama kelamaan lantai pvc akan rusak atau mengelupas. Sehingga tidak direkomendasikan lantai vinyl ini dipasangkan pada area kamar mandi. Tetapi lantai sintetis ini masih bisa dijadikan penutup lantai di area dapur.

  • Tidak bisa di finishing kembali

Lantai vinyl jika warna permukaannya sudah terlihat kusam atau memudar tidak bisa di coating ulang atau di finishing kembali agar warnanya tampak seperti pertama kali beli. Tidak seperti lantai kayu solid yang bisa di coating ulang, sehingga warnanya bisa seperti baru kembali.

Baca juga : Pilih lantai kayu solid atau lantai vinyl motif kayu?

  • Lantai Vinyl bisa terkelupas bila dipasangkan dengan terburu-buru dan tidak benar

Walaupun lantai sintetis vinyl ini mudah dalam hal pemasangan, tetapi jika lakukan secara terburu-buru dan dilakukan dengan tidak benar maka besar kemungkinan nantinya lantai vinyl akan terkelupas, mudah rusak dan tidak awet. Meskipun mudah, tetapi ada tahapan-tahapan yang harus dilakukan secara teliti.


Demikian kekurangan dan kelebihan dari lantai vinyl motif kayu atau motif lainnya, selain lantai vinyl, tentu entah itu lantai keramik, lantai granit/marmer, atau lantai kayu juga pasti memiliki kelemahan dan kelebihannya masing-masing yang harus anda ketahui agar anda mampu menyimpulkan lantai mana yang paling cocok buat rumah anda.

Bagi anda yang berminat memesan lantai vinyl motif kayu bisa langsung hubungi salah satu pihak marketing kami dibawah ini :

Ibnu : 0811-212-031

(Visited 685 times, 15 visits today)
Scroll to Top
Open chat
Hallo
Ada yang bisa saya bantu?
%d bloggers like this: