perbandingan lantai kayu dan lantai vinyl motif kayu

Saat ini terdapat 2 jenis lantai yang bisa menirukan lantai kayu solid, diantaranya yaitu lantai vinyl dan lantai parket laminated. Akan tetapi, kedua jenis lantai tersebut bukan terbuat dari kayu solid asli, apalagi lantai vinyl.

Keunikan dari produk penutup lantai jenis vinyl ini dapat menirukan berbagai jenis lantai yang tersedia seperti motif bebatuan, marmer, stiker vinyl dan termasuk motif kayu. Selain itu, lantai sintetis yang satu ini di bandrol dengan harga yang sangat murah. Sehingga mudah terjangkau oleh berbagai kalangan masyarakat Indonesia.

Lantas, apakah lebih baik pilih lantai vinyl saja ketimbang lantai kayu solid? eitss…tunggu dulu. Agar tidak menyesal membeli lantai vinyl, alangkah lebih baik kita mengetahui perbandingannya dengan lantai parket solid. Mulai dari kelebihan dan kekurangan, kualitas hingga harga jual. Yuk simak ulasannya berikut ini :

Perbandingan Lantai Kayu Solid Dengan Lantai Vinyl Motif Kayu

pilih lantai vinyl atau lantai kayu, mana yang lebih baik?

Sepintas terlihat memang kedua jenis lantai ini sama-sama pelapis lantai yang bermotif kayu. Akan tetapi, untuk segi kenyamanan dan keamanan tentunya kita harus mempertimbangkannya agar pada saat dipakai tidak terjadi kendala apapun.

Menilai perbandingan antara parket lantai kayu solid dengan lantai vinyl terbilang susah-susah gampang. Untuk sebagian orang yang masih awam mungkin akan sulit membedakannya, tetapi bagi kalian yang sudah berkecimpung di dunia arsitektur atau sejenisnya pasti sudah bisa membandingkannya secara mudah.

Inilah dia perbandingan lantai vinyl dengan lantai kayu :

lantai vinyl motif kayu harga terbaru 2021

  • Lantai vinyl terbuat dari bahan PVC (Poli Vinyl Chloride), yang dimana bahan semacam plastik kimia tersebut membuat lantai vinyl elastis, fleksibel. Dapat bertahan dari air (meskipun tidak sepenuhnya tahan air) sehingga bisa diterapkan di area dapur.
  • Selain itu, lantai vinyl harganya murah, stocknya banyak dan mudah dalam hal instalasi pemasangannya. Maka tak heran jika lantai vinyl ini termasuk kedalam jajaran lantai tinggal tempel. Bahkan kita sendiri pun bisa melakukannya dirumah tanpa harus menggunakan jasa pasang lantai ke orang lain.

Informasi Selengkapnya : Harga lantai vinyl per meter/box 2021

lantai parket solid terbaik harga murah per meter 2021

  • Lantai kayu solid terbuat dari kayu pilihan terbaik dan dibuat secara utuh tanpa adanya bahan campuran lain didalamnya. Memiliki tampilan yang eksklusif karena corak kayunya sangat khas dan berbeda satu dengan yang lainnya, sehingga terkesan artistik/bernilai seni yang cukup tinggi.
  • Parket lantai kayu solid ini sangat awet karena terbuat dari kayu berkualitas tinggi seperti kayu merbau atau kayu jati. Dan tahan terhadap serangan rayap atau jamur, cocok diaplikasikan di segala ruangan didalam rumah (indoor) tetapi tidak bisa dijadikan lantai kamar mandi.
  • Selain itu, kehebatan dari lantai kayu solid ini yaitu dapat menyehatkan para penggunannya lho. Terlebih lagi jenis lantai yang satu ini termasuk kedalam jenis lantai ramah lingkungan dan nyaman untuk digunakan.
  • Sifatnya yang empuk menjadikan lantai kayu ini kerap kali di jadikan sebagai penutup lantai di lapangan indoor, seperti basket atau badminton. Guna meminimalisir cedera fatal terhadap para atlet, begitu juga jika dipasangkan di area indoor hunian.
  • Tahukah kalian, memasang lantai kayu dirumah dapat menaikan harga jual rumah itu sendiri. Sehingga akan sangat cocok bila dijadikan investasi jangka panjang, terlebih lagi bagi kalian yang memang memiliki jiwa investasi sejak dini.

Informasi Selengkapnya : Harga flooring parket kayu terbaru 2021

Bisa kalian lihat sendiri, bahwa perbandingannya sangat signifikan antara lantai vinyl dengan lantai parket solid.

Dari sini kita bisa menilai bahwasanya lantai kayu solid pilihan terbaik untuk dijadikan lantai hunian mewah modern masa kini atau minimalis. Hal ini diperkuat dengan beberapa kelebihan yang sudah dijelaskan diatas.

Ketimbang memilih lantai vinyl motif kayu lebih baik lantai kayu solid.

Masih ragu? nih alasannya kenapa kalian harus coba menggunakan lantai kayu solid daripada memakai lantai vinyl motif kayu.

Baca juga : Cara membedakan lantai vinyl motif kayu dengan lantai parket laminated

Kekurangan lantai vinyl

plus minus memakai lantai vinyl motif kayu
Foto : Polyflor

Bila dilihat dari segi kelemahan, lantai vinyl mempunyai kekurangan yang membuat kita harus berfikir dua kali untuk membelinya yakni “lantai vinyl kurang baik bagi kesehatan” karena terdapat kandungan VOC (Votatile Organic Cumpounds) didalamnya.

Tidak hanya itu saja, lantai pvc ini rentan terkena goresan, baik dari kaki-kaki furniture maupun benda tajam. Dan mudah rusak apabila diberi beban berat dari furniture dirumah. Akan tetapi, solusi untuk mengatasi agar lantai vinyl terhindar dari goresan yaitu dengan cara memakai alas atau pelindung pada kaki-kaki furniture.

Meskipun lantai vinyl cukup awet dalam pemakaiannya, tetapi kurang nyaman untuk digunakan. Terlebih lagi, bahannya yang tipis sehingga terasa keras ketika di pijak.

± Agar balance, dan bisa dijadikan bahan pertimbangan dalam memilih lantai vinyl atau lantai kayu. Dibawah ini juga ada pembahasan mengenai beberapa kekurangan lantai kayu solid, diantaranya :

Kelemahan lantai kayu solid

Kekurangan yang dimiliki lantai kayu ini tidak terlalu signifikan, tetapi tidak bisa dipungkiri juga bahwa produk penutup lantai yang satu ini bisa sangat cocok untuk kebutuhan kalian dalam mempercantik tampilan rumah.

plus minus memakai lantai kayu solid
Foto : Freepik

Lantai parket kayu ini cukup rumit dalam hal pemasangannya karena terdapat beberapa tahapan tertentu dan tidak bisa dilakukan secara terburu-buru. Serta, hanya orang-orang tertentu yang bisa memasangkan lantai kayu. Tidak semua tukang bangunan bisa melakukannya. Setidaknya membutuhkan keahlian yang khusus dalam penerapan lantai parket ini.

Harga lantai kayu solid ini relatif mahal, tidak semua kalangan masyarakat Indonesia dapat menjangkaunya. Meskipun harganya cukup tinggi, tetapi sebanding dengan kualitas dan tampilan yang dihasilkan.

Selain itu, lantai kayu solid ini tidak bisa diterapkan di area kamar mandi dan kurang cocok diaplikasikan ke dalam ruang dapur karena lantai parket solid cukup sensitif terhadap air. Jenis lantai kayu yang kuat terhadap air yaitu decking kayu atau lantai kayu outdoor.

Baca juga : Pilih lantai keramik atau lantai kayu? yuk simak ulasannya berikut ini


Bagaimana, sudahkah kalian menentukan akan menggunakan jenis lantai apa yang akan digunakan? lantai kayu atau lantai vinyl kayu?

♥ Kesimpulan

Baik itu lantai vinyl motif kayu maupun lantai kayu solid, keduanya memiliki kesamaan dalam segi tampilan yaitu kayu. Begitu pula, terdapat juga beberapa kelebihan dan kekurangan dari masing-masing lantai.

Jika disuruh memilih, maka pilihan saya pribadi ya jelas lantai kayu. Karena kualitasnya yang terjamin kuat, awet dengan tampilan yang elegan. Meskipun harganya mahal, tetapi rasanya tidak disayangkan apabila membeli suatu produk yang harga tinggi tetapi kualitasnya tinggi pula, tidak mengecewakan.

Memilih lantai vinyl merupakan solusi bagi kalian yang ingin menggunakan lantai motif kayu dengan harga yang murah. Lantai vinyl adalah alternatif pilihan terbaik selain lantai keramik, lantai kayu solid atau parket laminated.


Demikian ulasan kita kali ini mengenai perbedaan antara lantai kayu dengan lantai vinyl motif kayu, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat bagi kalian yang sedang bingung memilih lantai motif kayu untuk keperluan rumah. Terimakasih

(Visited 31 times, 1 visits today)
Scroll to Top
Open chat
Hallo
Ada yang bisa saya bantu?
%d bloggers like this: