pilih lantai kayu atau lantai keramik?

Lantai keramik dan lantai kayu saat ini penggunaan nya kian berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Kedua jenis penutup lantai tersebut hampir setiap rumah menggunakannya, terlebih lagi lantai keramik yang sudah dipakai sejak dulu.

Hampir sebagian besar masyarakat di Indonesia menggunakan lantai keramik, begitu pun dengan lantai kayu. Baik itu lantai kayu solid yang terbuat dari kayu utuh maupun lantai kayu sintetis yang terbuat dari bahan campuran lain.

Akan tetapi, dari kedua jenis tersebut kira-kira manakah yang lebih bagus? baik dari segi kenyamanan, keamanan dan tampilannya. Setiap orang memiliki pendapatnya masing-masing soal pemilihan lantai. Meskipun begitu, tidak dipungkiri juga bahwa setiap jenis lantai memiliki selisih perbedaan yang cukup signifikan dari segi kualitasnya.

perbandingan lantai kayu dengan lantai keramik

Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai perbandingan antara lantai kayu dengan lantai keramik, manakah yang lebih baik? keramik atau parket. Penasaran kan? sebelum itu, alangkah lebih baiknya kita bahas latar belakang dari kedua jenis lantai tersebut secara singkat agar orang-orang yang masih awam mudah memahaminya.

Lantai Kayu Solid

Lantai kayu adalah sebuah produk penutup lantai yang terbuat dari kayu solid atau kayu utuh tanpa adanya bahan campuran lain didalamnya. Parket lantai ini didesain khusus pemasangannya didalam ruangan, seperti makar tidur, ruang tamu atau ruang keluarga dan ruangan tertutup lainnya.

pengertian lantai kayu solid harga murah 2021

Jenis kayu yang dipakai untuk membuat lantai kayu ini tidak sembarangan, pasalnya para produsen harus mempertimbangkan akan kualitas dan karakteristik kayu yang akan digunakan. Biasanya parket terbuat dari kayu jati, merbau, sonokeling, mahoni dan kayu keras lainnya.

Tampilan lantai kayu ini sangat beragam, tergantung jenis kayu apa yang dipakai. Jika memakai lantai kayu jati atau merbau maka tampilannya akan sangat memukau karena serat kayunya sangat padat dan dominan warnanya sangat rata.

Informasi selengkapnya : Kelebihan & kekurangan lantai kayu

Kelebihan lantai kayu ketimbang lantai keramik

kelebihan lantai kayu yang tidak dimiliki lantai keramik

Terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara lantai keramik dengan lantai kayu, salah satunya yaitu dari segi penampilan. Yang dimana tampilan lantai kayu itu sendiri sangat eksklusif, berbeda dengan yang lain karena terbuat dari kayu pilihan terbaik nan berkualitas tinggi.

Selain itu, apa saja kelebihan lantai kayu yang tidak dimiliki oleh lantai keramik?

  • Berkesan hangat

Keunggulan lain yang dimiliki lantai kayu ini yaitu dapat menghasilkan kesan yang hangat didalam ruangan. Kesan hangat tersebut dapat membuat kita sebagai pengguna dapat merasakan kenyamanan dan keamanan berupa terhindarnya resiko terkena penyakit rematik atau alergi suhu dingin.

  • Baik untuk kesehatan

Jarang-jarang ada lantai yang bisa membuat sehat tubuh manusia, sepertinya hanya lantai kayu saja. Kenapa bisa begitu? karena penggunaan aksen kayu didalam rumah dapat menyehatkan para pemakainya seperti menurunkan tingkat stress, lebih kreatif, meningkatkan tingkat produktivitas. Terlebih lagi jika memakai lantai kayu merbau, yang dimana kayu merbau dapat mengeluarkan senyawa ION negatif yang baik untuk kesehatan.

  • Bersifat empuk ketika dipijak

Sifat empuk yang dimiliki lantai kayu ini dapat meminimalisir terjadinya cedera parah pada saat jatuh ke lantai. Maka tak heran, jika lantai kayu sering digunakan di tempat sarana olahraga seperti lapangan basket atau lapangan bulu tangkis. Tidak seperti lantai keramik yang bersifat keras dan dingin.

  • Investasi jangka panjang

Tahukah kalian bahwasanya menggunakan lantai kayu dapat meningkatkan nilai jual rumah lho. Kok bisa? karena lantai kayu dijual dengan harga yang relatif mahal, sehingga setelah diterapkan di area rumah maka secara otomatis dapat meningkatkan nilai jual property itu sendiri. Cocok nih buat kalian yang memiliki jiwa investasi masa kini.

Disisi lain, lantai kayu itu membutuhkan perawatan yang intens dan dilakukan secara rutin sesuai prosedur yang tersedia. Hal ini bertujuan untuk menjaga kualitas lantai kayu tetap terjaga baik dari goresan maupun pelapukan. Selain itu, instalasi pemasangan lantai kayu ini terbilang cukup rumit, terdapat beberapa tahapannya. Sehingga membutuhkan tenaga kerja yang cukup ahli di bidangnya.

Baca juga : Cara membedakan lantai vinyl dengan lantai parket laminated

Selanjutnya…

Lantai Keramik

Sepertinya tidak perlu dijelaskan secara detail pun kalian sudah pasti tahu tentang keramik lantai yang satu ini, iya kan? karena pasalnya lantai keramik sudah sangat populer dari dulu hingga sekarang. Bahkan orang awam sekalipun pasti sudah sering melihatnya di berbagai rumah yang pernah ia kunjungi sebelumnya.

pengertian dari lantai keramik motif bebatuan, kayu

 

Jenis lantai yang terbuat dari tanah liat dan dicampur dengan glazur ini memiliki bentuk yang familiar yaitu berbentuk kotak persegi. Biasa lantai keramik ini banyak ditemukan di toko-toko bangunan di dekat rumah.

Mungkin sebagian dari kalian beranggapan bahwa lantai keramik hanya punya bentuk dan motif yang itu-itu saja, kotak persegi dengan warna yang polos. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, lambat laun para produsen lantai keramik mulai berinovasi dengan menghadirkan beragam pola bentuk dan varian warna yang unik. Seperti berbentuk heksagonal, dengan warna yang beragam.

Baca juga : Bosan dengan tampilan lantai keramik? Ini dia alternatifnya

Kelebihan lantai keramik yang tidak dimiliki oleh lantai parket kayu

kelebihan lantai keramik

  • Tidak mudah terbakar

Salah satu keunggulan dari keramik yang tidak biasa yaitu tidak rentan terbakar. Meskipun terkena suhu panas dalam skala yang rendah, lantai keramik cukup kuat. Tetapi tidak dipungkiri juga jika terjadi kebakaran, mungkin lantai keramik bisa-bisa meleleh atau mengalami kerusakan.

  • Mudah dicari

Tidak seperti halnya lantai kayu yang dijual oleh toko-toko tertentu. Berbeda dengan lantai keramik yang mudah kita temui di toko-toko bangunan terdekat dengan harga yang relatif murah, sehingga mudah di jangkau oleh berbagai kalangan.

  • Harga keramik lantai murah

Seperti yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya, bahwa lantai keramik ini memiliki harga yang sangat terjangkau. Tidak seperti lantai kayu yang dijual dengan harga relatif tinggi.

  • Sifatnya cukup fleksibel

Lantai keramik ini dapat kita aplikasikan di berbagai ruangan didalam rumah. Bisa di ruang tamu, ruang keluarga, dapur, kamar mandi, hingga area semi-outdoor.

Sayangnya, lantai keramik ini mudah retak atau pecah. Terlebih lagi jika diberi beban berat di atasnya seperti furniture rumahan. Selain itu,berkesan dingin dan sifatnya keras.

Baca juga : Perbedaan lantai kayu solid & lantai SPC

Perbandingan Harga keramik dengan harga lantai kayu

perbedaan harga parket dengan harga keramik

Bila dilihat dari segi harga, lantai keramik dan lantai kayu memiliki selisih harga yang terpaut cukup jauh. Yang dimana harga lantai keramik jauh lebih murah ketimbang lantai parket atau lantai kayu solid. Biasanya lantai keramik di bandrol dengan harga sekitar 90rb-120rb, sedangkan harga lantai kayu yang paling murah itu sekitar 150rb-180rb.

Meskipun lantai keramik harganya murah, bukan berarti kualitasnya bagus. Berbeda halnya dengan lantai kayu yang harga jualnya tinggi disebabkan terbuat dari kayu utuh berkualitas tinggi, seperti kayu jati dan kayu merbau.

Informasi selengkapnya : Tabel Harga Lantai Kayu Terbaru 2021

Harga menentukan kualitas produk itu sendiri

Pilihan ada di tangan kalian

Baik itu lantai kayu maupun lantai keramik, keduanya sama mempunyai keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Bila dilihat dari segi tampilan bagusan mana, lantai keramik atau lantai kayu? Cukup susah memang menjawab pertanyaan tersebut karena soal tampilan itu tergantung selera dan pendapat masing-masing pihak.

Jika disuruh memilih, maka pilihan saya pribadi akan tertuju pada lantai kayu. Mengapa? karena lantai kayu memiliki kelebihan yang sangat menguntungkan bagi para penggunanya. Dan selain itu, tampilannya sangat keren terkesan mewah, sehingga tidak malu jika ada tetangga atau saudara yang berkunjung kerumah.

Oke baiklah, segitu saja untuk pembahasan kita kali ini mengenai perbandingan lantai kayu dengan lantai keramik. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat ya..Terimakasih

(Visited 12 times, 1 visits today)

1 thought on “Pilih Lantai Keramik atau Lantai Kayu? Yuk Kita Lihat Perbandingannya”

Comments are closed.

Scroll to Top
Open chat
Hallo
Ada yang bisa saya bantu?
%d bloggers like this: