Bagaimana cara membedakan lantai kayu laminated dan lantai vinyl yang kerap kali memiliki bentuk yang sama? – mungkin pertanyaan tersebut selintas muncul pada benak anda ketika melihat kedua jenis penutup lantai tersebut. sekilas memang kedua jenis penutup lantai tersebut  memiliki bentuk yang hampir mirip.

Terlebih lagi pada bagian atas atau bagian corak yang sudah hampir tidak dapat dibedakan, ditambah lagi pada lantai vinyl dan laminate yang sudah terpasang. keduanya seakan menjadi kembaran.

Berbeda halnya dengan lantai kayu solid yang memiliki corak khas yang sangat unik yang tidak mungkin bisa disamakan baik oleh lantai parket laminated atau lantai vinyl karena lantai kayu solid berasal dari kayu asli sehingga hampir mustahil antara satu pipih lantai kayu dengan yang lainnya memiliki corak yang sama.

Baca juga : Harga lantai kayu terupdate 2021

Lantai Vinyl

Lantai vinyl merupakan produk penutup lantai yang terbuat dari bahan PVC (Poli Vinyl Chloride), yang dimana bahan kimia ini dapat membuat lantai vinyl memiliki tekstur yang halus dan elastis.

harga lantai vinyl motif kayu terbaru

Keunikan dari lantai vinyl ini terdapat pada segi motif, yang dimana motif yang tersedia sangat beragam. Mulai dari motif kayu, bebatuan, granit, stiker dan lain sebagainya. Sehingga lantai vinyl ini sering kali dijadikan sebagai alternatif pengganti lantai keramik.

Selain motif yang beragam, lantai vinyl juga harganya cukup murah dan mudah dipasangkan. Bahkan kita sendiri pun bisa melakukannya sendiri dirumah.

Informasi selengkapnya tentang : Lantai vinyl motif kayu

Plus minus lantai vinyl

susunan lapisan lantai vinyl motif kayu

Seperti halnya dengan jenis lantai pada umumnya, lantai vinyl pun memiliki kelebihan dan kelemahannya tersendiri. Sebaiknya Anda mengetahui akan hal ini, agar nantinya tidak menyesal membeli lantai vinyl motif kayu.

Kelebihan vinyl : 

  • Banyak tersedia dipasaran/toko-toko penjual penutup lantai
  • Motifnya sangat beragam
  • Mudah diaplikasikan
  • Tahan rayap
  • Harganya sangat terjangkau
  • Tingkat keawetannya cukup baik

Sayangnya, lantai vinyl ini memiliki kandungan VOC (Votatile Organic Compounds), bahan kimia ini kurang baik baik kesehatan tubuh manusia. Meskipun begitu, saat ini para produsen vinyl flooring telah mengurangi sejumlah bahan kimia didalamnya. Selain itu, lantai vinyl ini mudah terkena goresan akibat dari gesekan furniture, seperti kursi, meja atau lemari.

Baca juga : Perbedaan lantai spc & parket solid

Lantai parket laminate

Lantai kayu laminated merupakan produk pelapis lantai yang terbuat dari serbuk kayu plywood dan dicampur dengan bahan kimia (Resin), yang dibuat menggunakan mesin berteknologi tinggi bernama HDF (High Density Fiberboard), kemudian didesain sedemikian rupa hingga berbentuk papan lembaran.

rekomendasi lantai kayu laminasi harga murah 2021

Motif kayu pada lantai kayu laminasi ini terlihat sangat elegan, tidak kalah hebatnya dengan corak kayu pada lantai kayu solid. Meskipun tetap, lantai parket solid lah yang jauh lebih unggul. Tetapi laminated flooring ini bisa menjadi andalan sebagai alternatif pilihan selain lantai kayu solid.

Lantai parket laminated ini memiliki kemiripan dengan lantai vinyl dari segi pemasangan yaitu sama-sama mudah dipasangkan, alat-alat yang diperlukan pun tidak ribet. Harga lantai kayu laminasi ini masih terbilang cukup murah, bahkan tidak berbeda jauh dengan lantai vinyl.

Informasi selengkapnya tentang : Lantai parket laminate

Keunggulan & kelemahan lantai kayu laminasi

susunan layer lantai kayu laminate

  • Motif kayunya terlihat sangat elegan
  • Tingkat keawetan dan ketahanannya cukup baik
  • Tahan terhadap serangan rayap
  • Harganya jualnya relatif murah

Hanya saja, lantai kayu laminate ini kurang tahan terhadap goresan dari benda tajam atau dari gesekan kaki-kaki furniture. Selain itu, bila pemasangannya dilakukan secara tidak benar atau terburu-buru maka besar kemungkinan lantai parket laminated akan terkelupas kembali.

Perbandingan Lantai vinyl & Laminated

perbandingan lantai vinyl dengan lantai laminate

 

Lantai laminated dan lantai vinyl merupakan lantai buatan pabrik. sehingga corak antara satu lantai dengan lantai lain sudah dipastikan sama. Apalagi bagi beberapa corak unggulan yang banyak disukai dipasaran, mungkin saja lantai vinyl akan mengambil corak tersebut dan mencetaknya. sehingga corak tersebut bisa dijumpai baik itu pada lantai kayu laminated dan lantai vinyl motif kayu.

Membedakan kedua jenis lantai tersebut sangatlah penting. meninjau  karena dikhawatirkan anda salah memilih antara kedua jenis lantai tersebut karena perbedaan kualitas dan harga diantara keduanya memiliki selisih yang lumayan. serta yang paling penting adalah kedua lantai tersebut memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing.

Baca juga : Harga lantai vinyl per meter 2021

lantai kayu laminate lebih cocok diterapkan diarea kamar tidur

Misalkan saja, anda memilih lantai laminated untuk dipasang dikamar tidur atau diruang keluarga lalu hendak memilih lantai laminated karena nyaman, dan sehat. Namun, Anda malah memilih lantai vinyl yang terbuat dari bahan PVC yang kurang baik pada kesehatan dan memiliki suhu yang sedikit panas.

Tentu itu sangat merugikan…

area dapur lebih cocok dipasangkan lantai vinyl

Begitupun bila anda hendak memilih lantai Vinyl untuk diterapkan didapur atau diluar ruangan agar lantai tersebut awet terhadap kelembaban, namun anda malah memilih lantai laminated yang sangat sensitif terhadap air. Itu juga merugikan….

Baca juga : Lantai kayu tempel

oleh sebab itu, keahlian dalam memilih lantai sangatlah diperlukan disini. untuk menghindari hal demikian terjadi pada anda, simak perbedaan antara lantai laminated dan vinyl berikut ini :

Pada Lantai Sebelum Dipasang

Untuk Membedakan antara lantai laminated dan vinyl sebelum dipasang lebih mudah. cara yang bisa anda lakukan adalah dengan melihat langsung fisik antara lantai laminated dan vinyl motif kayu. jika pada lantai laminated, anda bisa melihat bahan tersebut terbuat dari serbuk kayu yang lebih keras, serta lantai ini memiliki pengunci T&G pada bagian sampingnya.

perbedaan pemasangan lantai vinyl & laminate

Sementara untuk lantai vinyl, anda bisa melihatnya langsung bahwa lantai ini terbuat dari bahan PVC yang elastis, seperti karet serta tidak dilengkapi dengan pengunci T%G. Mudah bukan membedakan vinyl & laminate?

Baca juga : Harga lantai kayu laminate per box/dus & biaya pasangnya

Namun, untuk lantai yang sudah terpasang, anda akan mengalami sedikit kesulitan karena tidak dapat melihat sisi lain dari lantai tersebut. satu hal yang bisa anda lakukan adalah memukul-mukul lantai tersebut. jika bersuara kayu, lantai tersebut adalah lantai laminated namun jika bersuara selain kayu itu menunjukan lantai vinyl.

 

Bagaimana mudah bukan…?

demikian pembahasan kali ini. semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda tentang dunia Interior

(Visited 453 times, 1 visits today)
Scroll to Top
Open chat
Hallo
Ada yang bisa saya bantu?
%d bloggers like this: