jenis lantai terbaik untuk lapangan basket

Beberapa ubin lapangan sangat bagus untuk penggunaan di luar ruangan (outdoor) dan beberapa hanya untuk penggunaan di dalam ruangan (indoor). Beberapa dirancang untuk penggunaan multisport, sementara yang lain adalah lantai lapangan khusus untuk lapangan basket outdoor, lapangan pickleball, dan banyak lagi. Banyak yang bisa dipilih, tapi jangan dipikirkan! Sangat mudah untuk menentukan material lantai apa yang anda butuhkan.

Tentang Lantai Lapangan Basket

Lantai olahraga lapangan dirancang untuk memberikan permukaan yang aman dan rata untuk bermain dan berlatih, baik di dalam maupun di luar ruangan. Lantai lapangan basket biasanya terbuat dari ubin atau kayu yang tahan lama dan mudah dipasang.

Dibangun dari plastik keras, kayu keras atau vinil, lantai lapangan lebih menyerap goncangan daripada beton dan memberikan dukungan yang sangat baik untuk olahraga pilihan anda. Baik itu bola voli, shuffleboard, bola basket, atau bahkan acar.

Terbuat dari apa lantai lapangan? Jawaban atas pertanyaan tersebut dapat memberi tahu Anda banyak hal tentang lantai, seperti di mana harus digunakan, seberapa tahan lama, dan betapa mudahnya memasang dan merawatnya. Ini jelas semua faktor penting, jadi tetap pada tujuan awal pada saat anda memilih material lantai untuk lapangan.

Lantai Kayu Solid Untuk Lapangan Basket

Kayu solid atau kayu asli merupakan salah satu jenis material lantai favorit yang seringkali digunakan untuk lapangan basket indoor. Mengapa? tentu karena ketahanan serta kenyamanan dari lantai kayu solid ini menjadi faktor utama seperti yang telah kami singgungkan sebelumnya.

Lantai kayu solid memiliki karakteristik yang cukup empuk, hal ini merupakan salah satu poin penting dalam pemilihan lantai pada lapangan basket, dimana pemain akan berlatih atau bertanding dan kemungkinan terjatuh sangat besar. Wajar saja, olahraga merupakan aktifitas fisik yang intens yang berlangsung selama beberapa puluh menit hingga berjam-jam lamanya. Jadi, dengan lantai kayu solid yang cenderung empuk dibandingkan lantai beton akan mengurangi resiko terjadinya cedera terhadap pemain yang berada di lapangan tersebut. Inti nya? safety first.

Selain itu lantai kayu solid dapat bertahan lama hingga bertahun-tahun, ini karena sifat asli kayu yang memang sangat kuat sedari awal. Maksudnya, keawetan ini seolah menjadi investasi berharga bagi sebuah lapangan basket, karena anda tidak perlu mengganti jika sudah kusam, hanya perlu sedikit finishing ulang dan lapangan akan terlihat seperti semula (bersih dan kinclong).

Artikel Terkait : Harga Lantai Kayu Solid Terbaru 2021

Setelah mengetahui keunggulan tentang lantai kayu solid pada lapangan basket, kini saatnya yang tepat untuk mengulas jenis kayu apa saja yang terbaik untuk dijadikan lantai lapangan basket. Sebenarnya, ada banyak sekali jenis kayu yang bisa dijadikan lantai, namun, kami merekomendasikan 2 jenis kayu yang terbaik dari terbaik agar mendapatkan hasil yang maksimal serta tahan lama. Jati dan Merbau merupakan kedua kayu paling baik dikelasnya untuk lantai lapangan basket. Penasaran? Mari kita bahas berikut ini;

Lantai Kayu Jati

lantai kayu jati lapangan basket

Siapa yang tidak kenal dengan jenis kayu satu ini? Rasanya tidak mungkin bukan? Pasalnya, kayu Jati merupakan jenis kayu yang sudah tersohor akan kualitasnya yang luar biasa. Dengan tingkat kuat, keras dan awet yang sangat baik menjadikan kayu Jati menjadi jenis yang sangat cocok untuk dijadikan lantai lapangan basket.

Tidak hanya itu, kayu jati juga memiliki tampilan yang menawan. Warna coklat cerah alami ini menjadi daya tarik tersendiri bagi siapapun yang melihatnya. Kami memiliki 3 Grade kayu Jati yang dapat anda pilih, yaitu Grade A, Grade B dan Grade C, perbedaan dari ketiga grade tersebut terdapat pada tampilan nya. Namun biasanya, konsumen lebih memilih Grade B sebagai lantai kayu, karena berbeda dari Grade A yang coklat seutuhnya ataupun Grade C yang cenderung cerah menyeluruh, Grade B ini merupakan kombinasi dari 80% coklat dan 20% cerah.

Lantai Kayu Merbau

lantai kayu merbau lapangan basket

Merbau asal Papua merupakan pilihan kedua setelah lantai kayu Jati untuk lantai kayu pada lantai lapangan basket. Memangnya apa yang spesial dari kayu ini? Tentu kami merekomendasikan kualitas diatas kuantitas, kayu Merbau ini memiliki tingkat kuat, awet dan keras yang sangat mirip dengan kayu jati.

Lalu mengapa tidak kayu Jati saja? Kayu Merbau adalah alternatif bagi anda yang sedikit ‘bosan’ dengan tampilan kayu yang biasa-biasa saja. Ya, tampilan kayu Merbau memang berbeda dengan kayu biasanya, Warna nya yang merah kecoklatan yang mempesona menjadi poin yang paling menonjol pada kayu Merbau. Jika anda bertanya tentang pendapat pribadi penulis, memang Merbau menjadi pilihan dibandingkan kayu jati karena warna yang unik ini.

Tips Merawat Lantai Lapangan Basket

tips merawat lantai lapangan basket

Kini anda telah mengetahui dua jenis kayu terbaik untuk lantai lapangan basket, dan mungkin anda sudah memilih jenis kayu yang cocok untuk anda. Sekarang, tak ada salahnya untuk mengetahui cara merawat lantai lapangan basket bukan? Agar nanti di kemudian hari anda tidak perlu lagi bingung dan susah-susah mencari cara merawat nya. Tanpa berlama-lama mari kita langsung simak saja tips merawat lantai basket berikut ini;

Bersihkan Tumpahan Air Jika Terjadi

Apabila setelah latihan atau permainan usai, pastinya para pemain akan kehausan dan meminum air karena kelelahan, dan tumpahan air pun takkan terelakan dari kejadian ini. Maka hal yang perlu anda lakukan setelah semua pemain meninggalkan lapangan, sesegera mungkin untuk membersihkan kembali lantai lapangan tersebut dari tumpahan air atau keringat pemain agar lantai kayu lebih awet dan tahan lama.

Gunakan Lap Microfiber Untuk Membersihkan

Ini merupakan hal yang perlu anda ingat ketika hendak membersihkan atau perrawatan lapangan baik itu harian maupun mingguan. Kain microfiber memiliki serat yang halus dan tidak akan meninggalkan goresan akibat debu atau benda kecil yang cukup tajam pada lantai kayu pada lapangan.

Jangan Menggunakan Kain Lap Basah

Lap basah seolah menjadi musuh utama bagi lantai kayu, terlebih lagi pada lapangan basket. Tidak hanya lap basah, hal serupa lainnya seperti steam ataupun produk abrasif akan membuat permukaan lantai kayu menjadi tidak awet seperti seharunya.

Lakukan Finishing Ulang

Tips yang terakhir ini dilakukan dalam jangka waktu 3-5 tahun setelah pemasangan pertama atau setelah lantai terlihat kusam. Selain mempercantik lantai lapngan basket anda, cara ini juga cukup penting untuk menjaga tekstur dan karakteristik lantai kayu tersebut.

Baca Juga : Tips Merawat Lantai Kayu Parket

Demikianlah pembahasan kita kali ini tentang lantai lapangan basket dan sedikit tips untuk merawatnya. Semoga dapat membantu anda dalam menemukan jenis lantai terbaik dan memberikan inspirasi. Jika anda memiliki pertanyaan seputar lantai kayu atau ingin memasang lantai kayu, anda bisa menghubungi kontak staff marketing kami dibawah;

(Visited 15 times, 1 visits today)
Scroll to Top
Open chat
Hallo
Ada yang bisa saya bantu?
%d bloggers like this: