cara pasang lantai kayu parket solid

cara pasang lantai kayu parketsebetulnya, kami Toko lantai kayu sudah menyediakan tenaga pasang lantai kayu parket. Namun karena mewabahnya Virus Covid-19 sehingga kami saat ini belum bisa melayani Jasa pemasangan lantai kayu. Oleh sebab itu kami akan sedikit memberikat trik cara memasang lantai kayu agar anda bisa memasang lantai kayu dengan mandiri di rumah.

hal paling penting yang harus anda ketahui adalah setiap lantai kayu memiliki cara pasang yang berbeda-beda maka sebelum memasang lantai kayu, yang perlu anda ketahui adalah jenis lantai kayu apa yang akan anda pasang.

Pertama ada lantai parket kayu solid. Jenis lantai kayu ini memiliki metode pemasangan yang cukup sulit karena memerlukan banyak alat, waktu serta teknik dalam melakukannya.

Bisakan kita memasangnya sendiri ?

bisa

Untuk memasang lantai kayu solid ini, keseriusan dan totalitas anda benar-benar diuji.

Jika di urutkan memasang lantai kayu dari yang mudah sampai yang susah maka seperti ini :

  • Pemasangan lantai kayu laminated
  • Pemasangan lantai vinyl motif kayu
  • Pemasangan Decking kayu untuk outdoor
  • Pemasangan lantai kayu parket indoor

pemasangan Decking kayu dan lantai parket solid sebetulnya sama-sama sulit, hanya kesulitannya berbeda dimana pemasangan Decking lebih sulit pada saat instalasi, sedangkan pemasangan parket lebih sulit pada saat finishing.

Bagaimana dengan laminated Flooring ?

Paling mudah.

karena sejatinya juga laminated flooring ini memang di desain agar mudah dipasang.

setelah anda melihat atau membaca prosedur pemasangan laminated flooring, saya yakin anda pasti bisa memasang lantai kayu laminated.

Meskipun akan ada kendala, saya yakin anda pasti bisa mengatasinya sendiri.

 1. Cara Pasang Lantai kayu Laminated

laminated Flooring adalah jenis lantai kayu yang terbuat dari bahan serbuk kayu HDF, pada bagian atasnya menggunakan alumunium oxide sebagai anti gores dan ragam corak kayu sintetis dibaut dari bahan printing layer. info lengkap mengenai lantai kayu laminated bisa buka : lantai kayu laminated sebagai pengganti parket solid

Bahan untuk pemasangan laminated Flooring

  • PolyFoam Underlayer
  • Laminated Flooring Golden Crown

Tahapan memasang laminated Flooring :

  1. siapkan laminated flooring sesuai dengan luas lantai yang akan ditutup oleh lantai kayu. satu Box laminated Flooring berisi sekitar 2,8 m2.
  2. Tutup seluruh area permukaan lantai menggunakan Polyfoam underlayer. Polyfoam ini berfungsi untuk menstabilkan kelembaban, pengelap keringan dari alas acian lantai dan sebagai penstabil permukaan yang bergelombang.
  3. Pasang lantai kayu laminated satu-persatu dengan mengaitkan setiap lidah double click di bagian samping laminated Flooring. agar lebih rapat, pukul menggunakan bahan tumpul kayu lain atau bisa menggunakan tangan.

2. Cara Pasang lantai parket solid

cara memasang parket solidlantai parket solid adalah jenis lantai kayu yang terbuat dari kayu utuh yang di potong menjadi kepingan parket yang sipa dipasang pada permukaan lantai. Jenis kayu yang digunakan seperti Jati, bengkirai dan Merbau. Kayu jati adalah jenis lantai kayu yang paling banyak digunakan, mau tahu alasannya? mari baca : 18 jenis produk lantai parket kayu Jati

bahan yang diperlukan untuk memasang parket solid

  • parket solid
  • lem perekat kayu
  • bahan finishing

tahapan memasang parket solid :

  1. Persiapkan bagian permukaan lantai dengan membersihkannya dan memperhatikan tiap lengkungan untuk diratakan terlebih dahulu menggunakan acian.
  2. Lumuri permukaan lantai yang sudah rata tersebut dengan lem kayu bagian-perbagian (jangan sekaligus)
  3. Pasang Benang untuk menjaga barisan parket agar tetap rapih
  4. Pasang parket lantai satu persatu mengikuti jalur benar yang sudah anda siapkan
  5. Melakukan pengamplasan untuk menghaluskan lapisan parket hingga enak dipijak dan mudah dilakukan Finishing.
  6. Finishing, yaitu pemberian zat pelindung sekaligus pelapis pada lantai kayu agar lebih kuat. tahap Finishing ini cukup sulit dilakukan karena anda harus melakukan 3 kali finishing untuk memperkuat, memperhalus dan mempercantik lantai kayu.

3. Cara pasang Decking kayu

Pemasangan lantai kayu untuk area luar ruanganDecking kayu adalah jenis lantai kayu khusus diterapkan di area outdoor. Produk ini memiliki ukuran yang berbeda dengan Pemasangannya sangat berbeda dari lantai kayu sebelumnya. Baca dulu ini : 5 jenis lantai kayu outdoor

bahan yang diperlukan dalam memasang Decking kayu

  • Decking kayu
  • bahan Finishing
  • skrup

Tahapan memasang Decking kayu :

  1. Persiapkan area outdoor yang akan di pasang mulai dengan membersihkan dan meratakan area lantai
  2. Pemasangan bantalan pondasi awal sebagai tempat terpasang Decking dan sebagai ruangan antara Decking dan area bawah lantai yang berfungsi sebagai tempat mengalir air. Pemasangan menggunakan skrup
  3. Susun Decking kayu diatas dan skrup tiap Decking kayu tepat diatas bantalan. pemasangan Decking kayu diberi jarak satu sama lain sebagai tempat berkembang atau menyusutnya Decking kayu.
  4. Bagian Finishing

Perbedaan cara pasang lantai kayu

Jenis lantaiBahan yang digunakan
LaminatedLaminated Flooring
parket solidlantai parket kayu jati grade A
Decking kayuDecking kayu Rengas
Jenis lantaiAlas bawah
Laminated

Menggunakan Underlayer (Polyfoam) sebagai peredam ketukan dan juga untuk penstabil lekukan permukaan lantai

Polyfoam under layer untuk lantai kayu
parket solid

Menggunakan lem kayu pada umumnya yang di lumuri ke bagian permukaan lantai hingga kemudian dipasangankan lantai kayu solid

pemasangan lem kayu untuk parket
Decking kayu

Menggunakan bantalan yang biasanya terbuat dari kaso, Acian atau bisa juga dengan menggunkana Decking juga. bantalan ini berfungsi sebagai ruangan penghubung antara permukaan langsung dan Decking

Pemasangan bantalan Decking kayu
Jenis lantaiProses pemasangan
LaminatedProses pemasangannya tidak ribet karena serba otomatis seperti pengunci otomatis, sudah memiliki eleman pelapis untuk melindungi kayu dan juga sudah memiliki ukuran yang pas
parket solidPemasangan lantai kayu parket ini lumayan ribet karena kita harus mempersiapkan segala aspeknya, di tambah
Decking kayuPemasangan menggunakan skrup dan dipasang tanpa merapatkan bagian perbagiannya.
Jenis lantaiBagian akhir
LaminatedTidak perlu menggunakan bahan finishing, karena sudah disediakan langung oleh developer
parket solidMelakukan pengamplasan dan Menggunakan 3 tahap Finishing kayu, Base Coat, Main coat dan Top coat
Decking kayuMenggunakan bahan Finishing cocok untuk keperluan outdoor

setiap lantai kayu memiliki cara pasangnya sendiri, jadi alat yang disediakan pun haruslah jenis alat yang sesuai dengan jenis lantai kayu yang akan di pasang.

semoga pembahasan ini dapat membantu anda untuk menemukan metode pemasangan yang tepat untuk lantai kayu yang akan anda gunakan. Jangan lupa share pada teman-teman anda.

(Visited 236 times, 1 visits today)
Scroll to Top
Open chat
Hallo
Ada yang bisa saya bantu?
%d bloggers like this: