Tips memilih lantai kayu parket rumah terbaik

Tips memilih lantai kayu parket – Memiliki rumah yang sehat, nyaman, indah, dan juga elegan adalah impian semua orang. Ada banyak sekali cara untuk menghias rumah kita untuk menjadikannya lebih indah dan nyaman, akan tetapi tidak semua orang mampu mewujudkan karena harga material yang dimpikan terlalu mahal.

Menggunakan lantai kayu adalah sebuah trend yang tidak pernah menurun dari jaman ke jaman, sejak jaman dahulu kala penggunaan lantai kayu tetap jadi pilihan yang paling di idamkan bagi semua orang. Hal tersebut dikarenakan penggunaan lantai kayu selain terlihat bersih dan sehat, juga terlihat mewah dan nyaman.

Pada umumnya, jenis lantai ini yang dibuat di Indonesia dibuat dengan bahan dasar kayu kelapa, kayu jati, kayu sungkai, kayu merbau (dikenal dengan nama lantai merbau), kayu bengkirai, kayu ulin, dan juga kayu sonokeling. Untuk yang import, biasanya dibuat dengan bahan dasar lime, oak, cherry, maple, dan juga walnut.

Ada banyak langkah yang harus anda ambil untuk mendapatkan jenis lantai kayu terbaik dan paling pas untuk digunakan pada hunian anda. Langkah-langkahnya akan saya coba uraikan pada pembahasan berikut ini.

ruangan apa yang Paling cocok di pasang lantai kayu ?

Lantai parquet dapat diaplikasikan untuk hampir semua jenis bangunan dan ruangan. Berbagai contoh gaya bangunan yang cocok untuk lantai ini adalah rumah minimalis, rumah modern, rumah etnik, apartemen minimalis, rumah mediterania, eklektik, rumah minimalis tropis, dan rumah tropis.

Untuk ruangan, lantai ini dapat diaplikasikan di ruang makan, teras luar, ruang tamu, foyer, ruang keluarga, tidur sampai interior home theater.

Jenis lantai kayu parket yang bisa di Aplikasikan apa saja ?

 

Tips memilih lantai kayu parket rumah terbaik

Pada dasarnya, parket dibagi dalam 3 jenis atau varian, yaitu vinyl parquet, laminate parquet, dan solid parquet yang kalau di Bahasa Indonesiakan menjadi parket vinil, parket laminate, dan parket kayu solid. Ketiganya memiliki motif, kelebihan, dan juga harga yang berbeda.

  • Solid parquet atau yang biasa disebut dengan parket kayu solid dibuat khusus dengan potongan kayu solid, biasanya dengan ketebalan sekitar 1,5 cm. Akan tetapi harga dari motif parket ini 3 kali lebih mahal dari pada parket laminate.

Tetapi, anda akan mendapatkan keuntungan berupa dapat Recoating (coating ulang) sebanyak yang anda mau. Parket lantai ini dapat mendatangkan Kesan empuk dan mewah. Akan tetapi, parket ini memiliki kelemahan yaitu rentan terhadap serangga rayap yang seringkali menghancurkan produk kayu. (untuk masalah ini bisa diatasi dengan zat anti rayap)

  • Yang kedua adalah parket laminate atau yang dalam bahasa inggris disebut dengan laminated Flooring. Jenis ini tidak dibuat dari kayu asli melainkan dari fiber (serbuk kayu) yang didesain sedemikian rupa menyerupai kayu.

Jenis Laminate Parquet ini memang khusus dibuat untuk mempermudah kebutuhan lantai kayu secara instan, dikarenakan tidak membutuhkan waktu yang lama pada proses pemasangannya, namun dari segi kualitas dan ketahanannya tetap tidak bisa menyerupai kayu asli.

  • Selain produk parket kayu solid dan laminate parquet, ada juga sejenis parket yang dilapisi dengan solid wood bagian atasnya dan plywood di bagian dasar (bawah) yang disebut parket engineer.

Kalau kita bandingkan dengan dua jenis lainnya, bisa disimpulkan bahwa parket lantai ini adalah yang paling murah. Akan tetapi, jenis ini juga memiliki kelemahan antara adalah: tidak dapat direfinishing, kita harus menggantinya bila rusak.

Jenis lantai parquet ini adalah berbahan veneer pada bagian atasnya. Lantai parquet ini merupakan sebuah kombinasi dari solid kayu yang dipasang di permukaannya, dan plywood atau yang disebut kayu kualitas rendah dibagian bawahnya.

Pada umumnya, solid kayu pada veneer parquet ini memiliki ketebalan hanya 5mm. Berbeda dengan parket laminate, parket ini dapat difinish ulang meski tidak dapat difinish sesering parket solid. Jika anda membutuhkan bantuan kami untuk memilih lantai parket yang tepat untuk bangunan anda, maka anda sudah berada ditempat yang tepat. Silahkan hubungi hotline lantai-kayu.co.id di berbagai cabang untuk informasi selengkapnya.

baca selengkapnya : Harga Lantai Kayu laminated

Tips memilih lantai kayu parket

Tips memilih lantai kayu parket rumah terbaik

karena saking banyaknya jenis lantai kayu yang disediakan dengan kekurangan kelebihannya masing-masing seakan menjadikan pilihan kita untuk memilih memasang parket pada hunian jadi makin ribet. Tapi mendapatkan informasi tentang lantai kayu seperti ini juga penting agar nantinya anda tidak menyesal.

setelah anda mengenal jenis lantai kayu diatas semestinya kita sudah sedikit dapat menyimpulkan jenis lantai kayu apa yang bisa diterapkan pada hunian anda.

beberapa tips memilih lantai kayu dari kami

  • Pilihlah lantai kayu yang memiliki sipat kuat, tahan rayap dan awet
  • Pilihlah jenis lantai kayu dengan corak yang pas dengan hunian anda
  • Pilihlah jenis lantai kayu yang pas dengan kondisi rumah anda
  • Pilihlah lantai kayu yang sesuai dengan budget anda
  • Pilihlah lantai kayu dari penjual yang sudah berpengaman

1. Pilihlah lantai kayu yang memiliki tingkat kuat, keras dan awet

Tips memilih lantai kayu parket rumah terbaik

lalu, bagaimana mengetahui lantai kayu yang memiliki sipat kuat, tahan serangan rayap dan awet tersebut ?

Salah satu ciri lantai kayu tersebut memiliki tingkat kuat yang baik adalah pada jenis kayu yang digunakan beberapa jenis kayu berikut ini merupakan jenis kayu yang sudah terjamin kuat, awet, keras yaitu Jati, Merbau, Bengkirai, Ulin dan Keruing.

Untuk jenis lantai kayu non solid, beberapa cara cek apakah lantai kayu tersebut kuat atau tidak, bisa melihat bagian deskripsi Produk baik di situs resmi penjual lantai kayu atau dalam kardus kemasan lantai kayu tersebut.

Hal yang harus di perhatikan dalam memiliki lantai kayu non solid khususnya laminated Flooring adalah :

  1. Menggunakan HDF kelas 4
  2. Menggunakan Alumunium Oxide kelas 4
  3. terdapat sistem WAX
  4. Memiliki sysitem double click

2. Pemilihan corak lantai kayu sesuai dengan hunian

Tips memilih lantai kayu parket rumah terbaik

Bagi anda yang ingin menggunakan lantai kayu untuk hunian yang berkesan alami penggunakan lantai kayu Jati kami rekomendasikan. Mengingat corak pada kayu Jati yang sangat random dan berkesan sangat natural akan meningkatkan kesan alami pada hunian.

baca selengkapnya : 18 lantai parket kayu Jati harga bersaing

Untuk hunian Mewah dan ingin tampilan lebih sejuk, lantai kayu Merbau bisa di terapkan. Warna merah kecoklatan pada kayu Merbau membuatnya tampil dengan elegan pada hunian. Ditambah coraknya lurus hingga terkesan rapih.

bagi anda yang ingin menerapkan lantai kayu dengan corak unik berbeda dengan yang lainnya, bisa menggunakan lantai kayu sonokeling karena lantai kayu sonokeling ini memilih warna hitam pekat.

Namun bagi anda yang ingin menggunakan lantai kayu dengan corak luar, saya sarankan untuk menggunakan lantai kayu Laminated.

Kenapa ?

karena jika menggunakan lantai kayu solid dari luar akan kurang cocok dengan iklim Indonesia, sehingga menggunakan corak buatan bisa menjadi solusinya

3. bagaimana dengan memilih lantai kayu yang sesuai dengan kondisi rumah ?

cara memilih lantai kayu murah

Misalnya saja anda ingin memasang lantai kayu di area perkantoran. Karena menggunakan lantai kayu solid akan memakan banyak waktu pemasangan, bisa menggunakan laminated flooring untuk pemasangan yang lebih cepat dan bisa langsung di gunakan.

penggunaan laminated flooring juga bisa digunakan di tempat-tempat festival atau tempat diselenggarakannya cara karena cara pasang yang cepat dan ketika selesain digunakan bisa di copok kembali

Namun jika anda ingin memasang lantai kayu agar lantai kayu tersebut dapat terpasang dengan sangat kokoh dengan hunian, pemasangan lantai kayu solid (Jati, merbau & Sonokeling) bisa anda coba terapkan. Penggunaan lantai kayu solid lebih direkomendasikan untuk di pasang di ruang tamu karena estetikanya yang tinggi.

Terkhusus untuk lantai kayu yang akan di terapkan di area outdoor, kami sudah menyediakan lantai kayu outdoor atau Decking kayu yang didesain lebih kokoh dan mampu bertahan dalam kondisi terik dan hujan.

4. Pilihlah lantai kayu parket sesuai dengan budget anda

cara memilih lantai kayu murah

banyak sekali jenis lantai kayu yang bisa anda pilih, baik dari ukuran, jenis kayu, dan harga lantai kayu. Semuanya bermacam-macam. Pemilihan lantai kayu murah tentu menjadi taksiran tersendiri tetapi juga jangan melupakan tingkat kuat, jenis kayu dan kecocokan corak kayu pada lantai.

Umumnya lantai kayu solid yang memiliki harga murah biasanya ukurannya kecil baik dari tebal, Panjang dan lebarnya.

sementara untuk lantai kayu sintetis tidak ada pilihan ukuran dan harga. semua ukurannya sama dengan harga yang sama,. yang membedakan mungkin cuma pada coraknya.

perbandingan harga lantai kayu

Harga Lantai kayu solid umumnya lebih mahal dibandingkan dengan jenis lantai kayu lainnya

mahalnya harga lantai kayu solid dipengaruhi oleh :

  • Jumlah kayu Produksi yang semakin terbatas
  • Biaya produksi parket juga tinggi
  • Biaya pemasangan lantai kayu solid tinggi

harga lantai kayu laminated dan engineering lebih rendah karena

  • Dibuat di pabrik sehingga bahannya bisa disesuaikan
  • Biaya pemasangan sangat minimum karena sudah dirancang agar mudah di pasang

Baca selengkapnya : Rekomendasi lantai kayu murah untuk memperindah rumah anda

Kenapa masih menggunakan lantai kayu solid ?

bagi anda yang memiliki budget lebih untuk menghias lantai rumah, kami tetap merekomendasikan anda untuk menggunakan lantai kayu solid karena untuk urusan estetika dan keawetan, lantai kayu solid tetap juaranya.

5. Pilih Lantai kayu dari penjual yang sudah Berpengalaman

cara memilih lantai kayu murah

nah ini yang tidak kalah penting dari poin-poin diatas. Kenapa kita harus memilih penjual lantai kayu yang sudah berpengalaman ? Lantai kayu ini cukup unik karena selalu ada problem ketika proses pemasangannya. maka dari itu, untuk mengatasi problem-problem dalam pemasangan lantai kayu, sebaiknya gunakan tenaga pasang yang sudah berpengaman.

lantai kayu juga dikategorikan sebagai jenis lantai kayu mewah sehingga harganya terbilang mahal. Maka dari itu anda harus bijak dalam membeli lantai kayu. Perhatikan siapa yang menjual lantai kayu tersebut agar nantinya anda bisa menilai apakah penjual tersebut memiliki basic yang lama dalam lantai kayu atau tidak.

lantai-kayu.co.id sudah sejak tahun 2003 melayani konsumen dan sudah memiliki pengalaman di bidang pemasangan lantai kayu indoor, outdoor, sintetis, dinding, perkantoran, area kolam renang, jembatan, restoran dan area lainnya. Lantai-kayu.co.id bisa menjadi pilihan penjual lantai kayu yang dapat anda percaya.

bagaimana menurut anda ?

apakah artikel kali ini dapat membantu ? jika artikel kali ini dinilai sangat membantu, jangan lupa untuk share ke teman-teman anda yang ada di sosial media.

(Visited 194 times, 1 visits today)
Scroll to Top
Open chat
Hallo
Ada yang bisa saya bantu?
%d bloggers like this: