cara membasmi rayap

Salah satu masalah yang kerap ditemukan pada rumah dan juga furnitur adalah adanya rayap. Masalah rayap ini sering membuat kita kesal karena akan membuat perabot rumah yang terbuat dari kayu menjadi rusak dan tidak tahan lama. Karena dirusak rayap inilah perabot sering kali harus diganti dan membuat kita harus mengeluarkan uang.

Hama ini hadir membentuk saty koloni yang lengkap lalu bersarang di dalam bagian rumah atau juga furnitur dari kayu. Sebelum hal ini terjadi, kamu harus mengetahui cara membasmi rayap secara alami yang ampuh. Cara-cara ini bisa kamu coba dan kamu jadikan alternatif lain selain menggunakan obat-obatan kimia yang berisiko untuk kesehatan nantinya. Berikut ini adalah cara-cara membasmi rayap secara alami di rumah.

Cara Membasi Rayap Secara Alami Dirumah

cara membasmi rayap

Menurunkan Suhu Ruangan

Selain membenci cahaya dan suhu yang panas, rayap juga cenderung tidak menyukai suhu dingin. Kamu bisa menempatkan perabot kayu yang memiliki potensi diserang rayap untuk ditempatkan di ruangan ber-AC. Jangan lupa untuk mengatur AC tersebut di suhu rendah sehingga kayu dan tembok rumahmu bisa terhindar dari rayap.

Menyiram Dengan Air Sabun

Rayap juga bisa dibasmi dengan air sabun. Air sabun mengandung bahan kimia dengan harga yang lebih murah bila dibandingkan dengan cairan kimia lainnya. Cairan sabun digunakan untuk mengganggu aliran pernapasan rayap sehingga rayap bisa lebih cepat mati. Cara menggunakan air sabun untuk membasmi rayap ini juga cukup mudah, yakni dengan menyemprotkan cairan sabun ke seluruh perabotan kayu yang diserang oleh rayap.

Membasminya Dengan Kapur Barus

Kapur barus mengandung zat kimia yang terbukti bisa dijadikan obat anti rayap. Menggunakan kapur barus jadi cara yang ampuh dan efektf karena kandungan naftalena yang ada di dalamnya. Kandungan ini memiliki sifat mematikan untuk serangga kecil, termasuk juga rayap.

Selain untuk membasmi rayap, menggunakan kapur barus juga bisa sekaligus membasmi berbagai serangga lain, misalnya kecoa dan juga semut. Cara menggunakan kapur barus ini adalah cukup dengan meletakkan segenggam kapur barus di dalam perabotan kayu di dalam rumahmu. Dengan adanya kapur barus di dalam perabotmu, dijamin rayap tidak mau mendekatinya.

Baca Juga : Tips Mudah Merawat Lantai Kayu

Melebarkan Lubang Ventilasi

ventilasi besar untuk terhindar dari serangan rayap

Melebarkan ventilasi bisa jadi cara mudah dan alami dalam membasmi rayap. Ventilasi yang lebar bisa mencegah rayap menetap dan berkembang biak, karena rayap menyukai daerah yang lembap. Agar rumah dan kondisi ruangan tidak lembap, maka dil ventilasi udara di rumahmu haruslah baik dan bisa membuat cahaya dan udara bisa keluar dan masuk ke dalam rumah secara lancar dan menyeluruh. Adanya lubang ventilasi yang baik ini juga bisa membuat kondisi ruangan di rumahmu bisa lebih sehat.

Menjemur Furtniture Kayu

Agar terbebas dari rayap, kamu bisa menjemur furnitur kayu yang kamu miliki di bawah sinar matahari. Proses menjemur perabot kayu secara rutin juga dilakukan agar perabot dari bahan kayu tersebut tidak lembap. Untuk mencegahnya dari rayap, kamu juga bisa menggunakan lapisan pernis kayu di perabotmu.

Baca juga : Cara Memilih Material Lantai Yang Tepat

Berbicara mengenai perabot kayu, terdapat jenis kayu yang terkenal sebagai kayu anti rayap, seperti kayu jati, merbau, dan juga kayu ulin. Kayu-kayu ini bisa kamu gunakan sebagai furnitur, kusen, sampai lantai rumah. Berikut ini adalah jenis-jenis kayu yang terkenal anti rayap.

Jenis Kayu Yang Tahan Terhadap Rayap

Kayu Jati

kayu jati tahan rayap

Kayu jati memang sudah terkenal sebagai kayu yang banyak disukai meskipun harganya mahal. Harga yang relatif mahal ini sebanding dengan kualitas dan kekuatan yang diberikan. Kayu jati memiliki ketahanan yang luar biasa, yakni tahan air, tidak mudah berjamur, tahan rayap, dan juga tahan di area yang lembap.

Kayu jati kerap kali digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat durnitur, seperti meja, kursi, lemari, dan juga kerap dijadikan lantai kayu solid. Kayu jati terkenal semakin lama digunakan atau semakin lama umurnya, maka semakin kuat kayunya. Tidak heran jika banyak sekali perabot antik yang terbuat dari kayu jati.

Artikel Terkait : 18 Jenis Produk Lantai Kayu Jati Terbaik

Kayu Merbau

kayu merbau tahan rayap

Mirip dengan kayu jati, kayu merbau ini juga memiliki kekerasan dan ketahanan yang tinggi. Kayu merbau hidup di area hutan hujan tropis dan memiliki ciri kayu yang kuat dengan warna khasnya yakni coklat kemerahan. Dari segi harga, kayu merbau memiliki harga di bawah kayu jati. Kayu merbau juga kerap dimanfaatkan untuk membuat perabot minimalis.

Kayu Ulin

kayu ulin tahan rayap

Kayu ulin memiliki karakteristik yakni kulit licin dengan tekstur kayunya yang kasar. Kayu ulin juga memiliki bau yang khas dan memiliki kekerasan yang tinggi sehingga sangat sulit dipotong. Kayu ulin kini menjadi flora yang dilindungi oleh negara karena sering di -eksploitasi.

Selain kayu-kayu di atas, kayu mahoni juga dikenal sebagai kayu yang memiliki kekuatan dan ketahanan yang tinggi. Agar perabot kayumu menjadi lebih awet, kamu bisa melapisi kayu dengan lapisan anti rayap. Meskipun terbuat dari dari kayu yang kuat, bukan berarti kamu harus mengabaikan perawatan untuk mencegah agar tidak rusak karena rayap, ya.

Artikel terkait : Perbedaan Lantai SPC vs Lantai Kayu Solid

Demikianlah pembahasan kita kali ini tentang bagaimana cara untuk membasmi rayap secara alami dirumah. Jika anda memiliki pertanyaan mengenai lantai kayu, atau anda tertarik untuk memasang lantai kayu pada hunian anda. Hubungi kontak marketing kami berikut ini;

Call/Whatsapp
0811212031
Ibnu

(Visited 32 times, 1 visits today)
Scroll to Top
Open chat
Hallo
Ada yang bisa saya bantu?
%d bloggers like this: