cara merawat Lantai kayu – Lantai kayu merupakan salah satu jenis lantai yang sangat disukai oleh masyarakat. Dengan corak yang natural dan tampilan yang begitu elegan tentunya akan menambah nilai estetika pada hunian anda. ada banyak lantai kayu yang bisa anda jadikan pilihan sebagai penutup lantai rumah anda. Dari mulai lantai kayu Jati, lantai kayu merbau, Lantai kayu Sonokeling, Lantai kayu Sungkai, lantai kayu bengkirai dan lain-lain.

Dan tentunya sudah banyak sekali orang-orang yang telah mengaplikasikan lantai kayu parket sebagai penutup lantai huniannya. sehingga sangat penting rasanya bila membahas mengenai bagaimana cara merawat lantai kayu agar tetap awet, terjaga kualitasnya dan bisa bertahan hingga puluhan hingga ratusan tahun.

Bagi sahabat-sahabat TOKO LANTAI KAYU yang telah mempercayakan pemasangan lantai kayu pada kami, kali ini kami akan membagikan beberapa tips merawat lantai kayu agar tetap terjaga dan awet.

Tips Pencegahan kerusakan lantai parket

Pertama-tama yang harus anda lakukan adalah mencegah kerusakan pada lantai parket kayu tersebut. Ini sangat penting dilakukan agar anda tidak salah langkah dalam merawat lantai kayu.

Hindari menggunakan alas kaki.

jangan menggunakan alas kaki agar lantai parket awetMenggunakan alas kaki di dalam rumah memang sudah menjadi kebiasan yang tidak bisa terhidarkan, apalagi bagi anda yang tinggal di perkotaan. Menggunakan alas kaki di hunian sudah menjadi kebiasaan yang menjadi budaya.

beberapa penyebab orang menggunakan alas kaki di dalam rumah adalah karena lantai dingin dan kotor. Namun berbeda dengan menggunakan lantai kayu. karena lantai kayu ini merupakan jenis lantai yang tidak dingin (cenderung nyaman) sehingga tidak perlu khawatir kedinginan ketika menggunakan lantai kayu.

Selain itu pula, sayang jika menggunakan alas kaki baik sandal atau sepatu karena kesan nyaman dan menyehatkan dari parket tidak akan terasakan.

Jadi jika menggunakan lantai parket agar penggunaannya lebih awet, terjaga kebersihannya serta lebih nyaman dan dapat bernilai positif bagi penggunanya biasakan tidak menggunakan alas kaki seprti sandal apalagi sepatu.

Tips Merawat lantai kayu parket

merawat lantai kayu

Dalam merawat lantai kayu ada beberapa point yang harus kita perhatikan yaitu merawat lantai kayu tidak sama dengan merawat lantai biasa (keramik) ada kala merawat lantai keramik lebih menguntungkan tapi ada kalanya juga merawat lantai kayu parket lebih menguntungkan.

Jadi jangan samakan merawat lantai kayu dengan merawat lantai biasa.

setidaknya ada beberapa cara merawat lantai kayu yaitu :

membersihkan lantai kayu parket secara rutin

Usahakan sapulah lantai kayu setiap hari. namun dalam melakukan pembersihan lantai kayu, jangan menggunakan lap Pel basah karena hal ini dapat membuat lantaiĀ  kayu menyerap air dan membuat lantai kayu berkembang hingga tidak indah lagi terlihatnya. Maka sebaiknya sapukan saja lantai kayu rutin dengan menggunakan sapu kering dan halus.

Kemudian, pada saat pengepelan usahakan menggunakan kain pel yang tidak basah dengan tanda ketika diperas dan akan digunakan kain pel hanya terasa sedikit basah. Setelah kain pel kondisinya seperti itu, baru proses pel lantai bisa dilakukan.

jangan menggunakan pel basah pada lantai kayu parket

Bagaimana bila ada terkena tumpahan air?

untuk mengatasi masalah lantai kayu yang terkena air sebaiknya gunakan lap kering untuk membersihkannya. Jikapun ada serpihan atau bekas makanan, sebaiknya segera lap dengan lap kering dan usahakan agar tidak ada yang menempel sedikitpun di lantai parket anda karena hal demikian akan berefek besar pada ketahanan lantai parket anda

cara merawat lantai kayu

Hindari benda-benda yang dapat menggores lantai kayu parket

parket kayu merupakan jenis lantai yang tidak sekeras lantai keramik dan lantai granit sehingga sangat sensitif dan mudah tergores bila terkena benda-benda yang tajam dan padat. oleh sebab itu, hindari menyimpan barang-barang yang dapat membuat goresan pada lantai kayu parket seperti Sepatu dengan bagian bawah yang keras, pisau, Kayu, kaca dan lain-lain.

adapun penggunaan Furnitre seperti Meja dan Kursi, sebaiknya gunakan Kaki karet agar tidak menggores lantai kayu parket.

Hindari lantai kayu parket dari paparan sinar matahari langsung dan Air

sekuat dan seberkualitas apapun lantai kayu, tidak akan bisa melawan kehendak alam. jadi alangkah lebih baik bila hindarkan lantai kayu dari suasana-suasana yang dapat membuat lantai kayu mudah lapuk karena dekat air dan melengkung karena terkena sinar matahari langsung.

anda bisa memanfaatkan penggunaan Furniture untuk memotong cahaya matahari agar tidak mengenai lantai parket secara langsung. atau bisa juga menggunakan Hordeng bila sinar matahari sedang terik-teriknya.

Meskipun ada beberapa jenis lantai kayu yang memiliki tingkat ketahanan terhadap air sangat tinggi seperti lantai kayu ulin dan Merbau, tetap saja jangan sampai lantai kayu berada dalam kondisi lembab karena bisa mengurangi daya rekat lem dan dampatkan akan membuat parket mudah terangkat.

Gunakan Zat-zat atau obat-obat yang bisa memaksimalkan umur lantai parket

anda bisa menggunakan obat anti rayap sebelum pemasangan lantai kayu agar kayu parket tidak dimakan rayap, bisa juga dengan menggunakan obat-obat pembersih lantai kayu parket sehingga lantai kayu parket terlihat bersih dan terjaga kualitasnya. Anda bisa menggunakan perasan air lemon atau cuka putih yang didiamkan selama empat menit pada lantai parket. setelah itu bersihkan dengan lap kering yang bersih

Lakukan Proses Waxing dan Finishing ulang

cara merawat lantai kayu 4

Proses waxing adalah proses penyemiran ulang lantai kayu agar lantai kayu tetap mengkilap dan terjaga keeleganannya, membuat warna kayu timbul kembali serta menambah kesan mewah pada lantai kayu. anda bisa melakukan proses waxing ini sebulan sekali menggunakan bahan pengkilap kayu.

jangan lupa juga untuk melakukan finishing ulang. Finishing ulang merupakan kegiatan pengolesan cairan finishing pada lantai kayu sehingga lantai kayu lebih kuat dan mengkilap. anda bisa melakukan proses Finishing ulang ini 2 tahun sekali. Bisa dilakukan sendiri atau bisa juga dengan menggunakan Jasa Finishing kayu. kontak kami

Tips Tambahan

Agar lantai kayu lebih awet maka

selain beberapa tips diatas, sebaiknya anda juga memperhatikan pemilihan lantai kayu parket yang akan dipasang. Alangkah sangat bijaksana bila memilih lantai kayu yang benar-benar berkualitas seperti lantai kayu parket Jati dan lantai kayu parket Merbau untuk penutup lantai rumah anda karena kedua jenis kayu ini sudah terjamin kualitas dan kekuatannya.

harga flooring kayu merbau coating

anda bisa memilah dan memilih lantai kayu yang akan digunakan di : harga lantai kayu parket

pemilihan tempat juga sebaiknya diperhatikan. jangan terapkan lantai kayu ditempat-tempat yang lembab seperti didapur atau dikamar mandi karena hal itu sangatlah tidak efektif. untuk penerapan lantai untuk dapur, sebaiknya anda gunakan lantai Vinyl motif kayu atau untuk diluar ruangan anda bisa menggunakan decking kayu.

harga lantai kayu vinyl lantai-kayu.co.id
harga lantai kayu vinyl lantai-kayu.co.id

Mungkin itu saja beberapa tips merawat lantai kayu parket. semoga bisa bermanfaat…

(Visited 185 times, 1 visits today)
Scroll to Top
Open chat
Hallo
Ada yang bisa saya bantu?
%d bloggers like this: