mengenal kayu kamper dan kekurangan kelebihannya

Kayu kamper – Dari beberapa jenis kayu yang sering digunakan untuk sebuah jenis furniture, kayu kamper adalah salah satu jenis kayu yang patut dipertimbangkan untuk membuat sebuah furniture. Furniture adalah suatu kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan dari masyarakat. Jenis-jenis furniture sangat banyak, seperti meja makan, meja belajar, kursi tamu, coffee table, lemari, dipan tempat tidur, dan sebagainya. Kebanyakan furniture tersebut memanfaatkan penggunaan kayu.

Di Indonesia, jenis kayu yang sering diambil manfaatnya sangat beragam. Nama-nama yang populer di masyarakat diantaranya jati, mahoni, merbau, ulin, bengkirai, dan sebagainya. Tetapi ada satu jenis material kayu yang tidak boleh anda lewatkan, lho. Namanya adalah kamper dan banyak ditemukan di hutan tropis Kalimantan.

baca juga : lantai kayu Ulin, kayu keras asal kalimantan

Akan tetapi seiring dengan semakin banyaknya peminat kayu kamper, material alam ini juga dibudidayakan di wilayah-wilayah lainnya. Tetapi jika yang paling terkenal memang kamper dari Kalimantan khususnya Samarinda. Kayu ini berasal dari tanaman yang nama ilmiahnya Cinnammum camphora. Cirinya yang sangat khas adalah bau kamper.

Material ini mempunyai ciri khas tersendiri yang menjadikannya sebagai salah satu material dengan banyak peminat. Selain karena aromanya yang menarik, penggunaan bahan tersebut juga aman dari rayap. Banyak orang menjuluki material ini dengan sebutan kayu anti rayap. Nah agar anda tidak penasaran, ikuti terus ulasan berikut ini, ya.

Ciri-Ciri Kayu Kamper yang Perlu anda Tahu

karakteristik kayu kamper

Kayu jenis kamper juga memiliki beberapa ciri yang perlu diketahui. Di bawah ini adalah beberapa ciri yang terdapat pada kayu jenis kamper.

Mempunyai Wangi Khas Seperti Kamper

Ciri yang sangat khas pada material ini adalah baunya. Kamper memiliki bau yang mirip dengan kamper (pewangi) sehingga dijuluki dengan sebutan sama. Anda tentu sudah tidak asing lagi, kan, dengan aroma kamper? Nah kira-kira seperti itulah bau yang dihasilkan oleh material ini. Jenis tanamannya banyak terdapat di hutan Kalimantan.

Teksturnya Terasa Kasar

Kayu ada yang memiliki tekstur halus seperti manglid dan kasar. Nah, material yang satu ini termasuk ke golongan bertekstur kasar. Sehingga saat menyentuhnya anda akan merasakan tekstur kayu yang agak kasar. Teksturnya yang bersifat kasar membuat pengerjaan pada material ini memerlukan proses agak lama.

Warnanya Menyerupai Mahoni

Mahoni alias mahogany adalah salah satu jenis material alam yang sangat banyak dikenal masyarakat. Mahoni memiliki warna kemerahan. Warna kemerahan tersebut juga bisa anda jumpai waktu melihat kayu kamper. Walaupun begitu warna kemerahan yang tampak pada kamper relatif lebih muda dibanding mahoni.

Memiliki Kekuatan dan Keawetan yang Baik

Kekuatan dan keawetan adalah dua hal yang tidak boleh disepelekan ketika memilih kayu untuk membuat berbagai macam perabotan. Kamper memiliki kekuatan yang sangat bagus. Keawetannya juga tergolong baik dan dapat digunakan dalam waktu relatif lama. Orang-orang sering membandingkan mana yang lebih baik antara kamper atau kayu lainnya.

baca juga : daftar Tingkat keras kayu

Apa Saja Keunggulannya yang Terdapat pada Kayu Jenis Kamper?

kelebihan kayu kamper

Kayu jenis kamper ini juga memiliki beberapa keunggulan. Keunggulan dari kayu jenis kamper ini adalah.

  1. Kualitas Kekuatannya Menyerupai Jati

Kayu kamper terkenal dengan kekuatannya. Bahkan material ini ada di urutan kelas kuat I. Artinya soal kekuatan anda tidak perlu meragukannya lagi. Saking kuatnya bahkan tidak sedikit orang yang membandingkannya dengan jati. Meskipun kualitas jati lebih bagus tetapi kamper tidak terlalu jauh kekuatannya. Harga kamper ternyata juga lebih murah, lho.

  1. Tidak Mudah Terkena Serangan Rayap

Siapa yang senang jika perabotnya terserang rayap? Yang ada kemungkinan besar anda akan meradang begitu tahu banyak rayap menggerogoti furniture atau bahkan struktur konstruksi yang bisa membahayakan jika rusak. Tapi risiko ancaman rayap bisa diminimalisir dengan pemakaian material ini. Aroma khasnya yang wangi membuat rayap tidak mau mendekat.

  1. Seratnya Berbentuk Lurus

Keunggulan lain pada kamper bisa dilihat dari struktur seratnya. Bentuk serat pada material ini mempunyai pola lurus atau bergelombang (kebanyakan lurus). Arah serat tersebut membuat tampilan furniture jadi lebih indah dan menarik, lho. Kayu jenis ini juga memiliki potensi yang kecil terhadap risiko jamur.

Apa Saja Kelemahannya yang Dimiliki dari Kayu Jenis Kamper?

Selain memiliki keunggulan, kayu jenis kamper ini juga memiliki beberapa kelemahan yang harus diketahui. Di bawah ini adalah kelemahan yang dimiliki oleh kayu jenis kamper.

1 Bentuk Bisa Berubah

Kayu kamper tidak hanya punya keunggulan tetapi juga kelemahan. Kelemahan pertama yaitu bentuk furniture yang dibuat dar material ini bisa berubah. Apalagi jika furniture tersebut sering terkena air seperti air hujan. Walaupun begitu, anda tetap bisa mengusahakan bentuknya tidak berubah dengan cara pemanasan menggunakan oven terlebih dahulu.

2 Penghalusan Kayu Lebih Lama

Material ini mempunyai permukaan yang teksturnya agak kasar dibanding jenis material kayu lainnya. Salah satu kelemahan menggunakan bahan ini adalah ketika memasuki proses penghalusan. Proses ini juga butuh teknik pengamplasan yang sesuai. Menghaluskan kamper akan membutuhkan waktu yang relatif lama dibanding kayu dengan tekstur halus tentunya.

3 Perlu Pengawetan Khusus

Dilihat dari segi kekuatan memang kayu ini terbukti kuat bahkan hampir sejajar dengan jati. Tetapi soal keawetan sebenarnya masih bisa diperbaiki lagi. Namun anda perlu melakukan usaha terlebih dahulu dan meminta agar kayu tersebut diberi perlakuan berubah menjadi lebih baik. Aroma yang timbul juga dapat memicu alergi.

Beberapa Kegunaan kayu Kamper untuk Masyarakat

Manfaat kayu kamper dalam pembuatan perabot rumah tangga sangat luas. Secara umum material ini bisa dipakai untuk membuat kursi, meja, sofa, dipan tempat tidur, lemari, dan berbagai jenis furniture lainnya. Tetapi wajib anda ketahui jika kamper kurang cocok untuk ditempatkan di luar.

Ini karena kamper yang sering terkena air akan mudah berubah bentuknya alias menyusut. Nah, anda pasti tidak ingin furniture kesayanganmu jadi menyusut, kan? Maka dari itu gunakan material ini untuk furniture di dalam ruangan saja. Kayu ini tidak hanya bermanfaat untuk membuat aneka furniture tetapi juga konstruksi bangunan.

Kekuatannya yang bagus menjadikan kamper sebagai salah satu pilihan pengganti jati dengan harga lebih terjangkau. Dalam konstruksi bangunan, yang sering memakai kamper biasanya adalah bagian atap plafon. Karena kuat dan risiko kecil terhadap rayap, jadi banyak yang memilih menggunakan kamper dibanding lainnya.

Perbandingan Kayu Kamper dengan Jenis Kayu Lain

perbandingan kayu kamper dan kayu lainnya

Selain beberapa jenis keunggulan yang sudah ada di atas, kayu jenis kamper ini juga memiliki perbandingan dengan kayu yang lainnya. Di bawah ini adalah perbandingan antara kayu jenis kamper dengan kayu yang lainnya.

1) Kamper vs Meranti

Kedua jenis material alam tersebut memiliki warna yang hampir mirip yaitu kemerahan. Dari sisi kekuatannya, kamper lebih unggul karena berada di kelas kuat I sedangkan meranti kelas kuat II-IV. Keduanya sama-sama tahan terhadap rayap. Tetapi untuk urusan ketahanan terhadap air, meranti memiliki kualitas yang lebih bagus dibanding kamper.

2) Kamper vs Mahoni

Di awal sudah disinggung bahwa kayu kamper mempunyai tampilan warna yang hampir mirip dengan mahoni. Bedanya, mahoni yang usianya semakin tua maka warnanya juga akan bertambah matang. Kemiripan lain yang ada pada keduanya adalah serat. Serat yang terdapat pada mahoni dan kamper sama-sama berpola lurus sehingga tampilan naturalnya terkesan mewah.

3) Kamper vs Jati

Jati adalah material unggulan yang kualitasnya tidak sembarangan. Material ini bisa dibilang sebagai primadonanya dunia perkayuan. Dari segi kekuatannya, baik jati maupun kamper sama-sama kuat. Bahkan banyak orang menganggap keduanya tidak jauh berbeda walaupun kualitas jati lebih unggul.

baca selengkapnya : 18 jenis lantai parket kayu Jati harga bersaing kualitas terjamin

Kalau anda menyukai furniture berbahan kayu, tidak ada salahnya mempelajari jenis-jenis material yang baik dan harganya terjangkau. Tetapi anda juga perlu memastikan jika material tersebut memiliki kekuatan yang baik. Nah, kayu kamper bisa dijadikan salah satu alternatif pilihan yang patut anda pertimbangkan.

(Visited 642 times, 1 visits today)

1 thought on “Ciri-Ciri Kayu Kamper, Kayu Andalan untuk Furniture Anti Rayap”

  1. Pingback: Mengolah Kayu Manglid? Kenali Karakteristiknya | TOKO LANTAI KAYU

Comments are closed.

Scroll to Top
Open chat
Hallo
Ada yang bisa saya bantu?
%d bloggers like this: