rekomendasi kayu trembesi untuk furniture

Saat ini jenis-jenis kayu solid sering dipakai untuk memenuhi berbagai kebutuhan dibidang furniture, kontruksi hingga dijadikan sebagai elemen dekorasi interior dan eksterior pada hunian atau bangunan. Termasuk kayu trembesi. Olahan kayu solid memang sudah tidak asing kembali ditelinga kita, pasalnya kayu solid cukup sering dimanfaatkan untuk berbagai keperluan manusia.

Salah satu jenis kayu solid yang sering dipakai untuk dimanfaatkan untuk kontruksi dan furniture yakni kayu trembesi. Apakah kalian sudah pernah mendengar jenis kayu ini? Jika belum, yuk kita cari tahu mulai dari pohonya, karakterstiknya, kualitas, harga hingga perbandingan dengan kayu jati atau kayu mahoni.

Asal Usul Pohon Trembesi

Pohon trembesi merupakan salah satu jenis tumbuhan yang terbilang cukup unik karena sering meneteskan air dari tajuk-tajuk pohonya, bahkan sampai mendapatkan julukan yaitu Ki hujan. Selain mempunyai tajuk yang lebar dan dapat tumbuh tinggi mencapai 20 meter, pohon hujan yang bernama latin Samanea Saman ini memiliki tingkat keawetan yang bagus. Biasanya pohon trembesi ini banyak ditemukan di kawasan hutan hujan tropis.

gambar pohon trembesi

Mengenali pohon trembesi bukan perkara yang cukup sulit, sebab ciri-ciri pohon trembesi ini sangat khas sehingga mudah dikenali. Bentuk pohon trembesi cukup tinggi, besar dan kuat dengan ukuran ketinggian mencapai 20 meter. Permukaan batang pohon trembesi memiliki warna coklat hitam, beralur dan kasar, serta mempunyai tajuk yang lebar dan cukup rindang.

Dengan bentuk dahan yang bercabang-cabang dan terkadang tidak beraturan. Sedangkan bentuk daun pohon trembesi ini bulat memanjang dengan tepi yang rata dan permukaan yang licin. Selain itu warnanya hijau dan tulang daun menyirip.

Karakteristik kayu trembesi

Kayu trembesi sering kali dipakai sebagai alternatif pilihan selain kayu jati dibidang furniture mebel. Hampir setiap kayu yang digunakan untuk kebutuhan furniture dan kontruksi mempunyai ciri khasnya tersendiri, seperti pola yang unik, serat kayu yang padat atau lurus, warnanya yang menarik dan masih banyak lagi. Termasuk pada kayu trembesi.

mengenal karakteristik kayu trembesi

Kayu trembesi ini mempunyai kulit bagian luar yang berwarna putih cerah, sedangkan bagian dalam kayunya memiliki warna coklat tua seperti kayu jati perhutani pada umumnya. Salah satu keunikan dari kayu trembesi ini yaitu terdapat garis-garis berwarna hitam pada bagian kayunya, sehingga hal ini bisa menjadi daya tarik para produsen untuk menjadikannya sebagai furniture, bahan bangunan, hingga lantai kayu atau papan tangga kayu.

Sedangkan untuk bobot beratnya, kayu trembesi ini mempunyai bobot berat yang hampir sama dengan kayu jati dan akasia, dengan rata-rata berat sekitar 0,6 kilogram per meter. Hal ini menjadikan kayu trembesi masuk kedalam jenis kayu berat.

Kualitas kayu trembesi, mempunyai tingkat keawetan kelas IV dengan tingkat kekuatan kelas II. Meskipun tingkat keawetannya tergolong rendah, akan tetapi kayu trembesi ini masih bisa diandalkan untuk berbagai keperluan karena bisa mengandalkan kualitas kekuatannya.

Baca juga : Karakteristik Kayu Sungkai

Kelebihan kayu trembesi

inilah keunggulan kayu trembesi dibandingkan kayu lain

Setiap aneka jenis olahan kayu mempunyai plus minusnya tersendiri, termasuk kayu trembesi. Maka sangat penting kalian ketahui jika memang ingin menggunakan kayu trembesi. Simak ulasannya dibawah ini :

  • Mempunyai serat kayu yang unik, lurus dan berwarna hitam
  • Pertumbuhannya tergolong cukup cepat bila dibandingkan dengan kayu jati
  • Diamaternya dapa tumbuh mencapai 1,5 meter sehingga bisa membuat furniture dengan ukuran yang besar
  • Selain mudah ditemukan, kayu trembesi ini dijual dengan harga yang relatif terjangkau.

Kekurangan kayu trembesi

kelemahan kayu trembesi sebelum membeli

Dimana ada kelebihan disitu ada kekurangan, begitu pun pada kayu trembesi yang memiliki kelemahan dan keungulannya tersendiri. Apa saja kekurangan kayu trembesi?

  • Tidak dapat bertahan dari kelembaban
  • Mudah lapuk bila terkena lembab
  • kayu trembesi tidak tahan rayap sehingga harus diberi cairan suntikan anti rayap terlebih dahulu bila ingin menggunakannya
  • Dikarenakan kayu trembesi ini tingkat keawetannya rendah, sehingga perlu dirawat dengan baik dan benar agar kualitasnya tetep terjaga. Sehingga bisa bertahan cukup lama.
  • Kurang bertahan dari beban berat dalam kurun waktu yang lama

Baca juga : Plus Minus Kayu Manglid Untuk Kusen

Manfaat kayu trembesi Yang Sering Dipakai

manfaat kayu trembesi untuk manusia

Terdapat beberapa manfaat dari hasil olahan kayu trembesi, setidaknya terdapat 3 manfaat yang sering dipakai oleh orang-orang dari pohon trembesi ini. Diantaranya yaitu :

Furniture

Kayu trembesi cenderung lebih sering dipakai untuk membuat furniture ketimbang dimanfaatkan sebagai bahan baku kontruksi. Para produsen kayu dan pengrajin kayu sangat menyukai kayu trembesi karena selain mudah diolah, tetapi juga mempunyai serat kayu lurus berwarna hitam yang unik sehingga bila dibuat menjadi furniture seperti papan meja, lemari hingga pintu akan terlihat menarik dan bernilai seni yang cukup tinggi dengan adanya sentuhan alami.

Biji pohon trembesi bisa dijadikan makanan ringan

Tahukah kalian bahwa, biji dari pohon trembesi bia kita olah menjadi makanan ringan yang gurih lho. Bahkan olahan biji pohon trembesi ini sudah ada sejak dahulu, pastinya orang-orang terdahulu sudah tidak asing kembali dengan makanan ringan yang terbuat dari biji termbesi. Namun sayangnya, di era yang modern saat ini sudah terlihat sangat jarang ditemukan adanya olahan biji trembesi.

Daun pohon trembesi bisa menjadi obat

Jika tdai biji pohon trembesi bisa digunakan untuk membuat olahan makan ringan, nah untuk daun pohon trembesi bisa dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai obat herbal alami untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti flu, sakit kepala, penyakit kulit hingga radang usus. Cara mengobati menggunakan daun trembesi kalian hanya cukup mengeringkan daunnya terlebih dahulu yang kemudian diseduh atau bisa juga langsung di oles ke bagian kulit yang terasa gatal.

Baca juga : Manfaat Kayu Kamper

Harga Kayu Trembesi

daftar harga kayu trembesi saat ini

Harga kayu trembesi per kubik atau per meter sangat bervariasi, tergantung ukuran. Bisanya kayu trembesi ini dijual seharga 1.800.000 dengan diameter 40 sentimeter. Adapun yang menjual papan kayu trembesi dengan harga sekitar 500 ribuan per meternya. Produk yang terbuat dari kayu trembesi cenderung lebih murah, sehingga bisa di jangkau oleh berbagai kalangan.

Perbandingan kayu trembesi dengan jati

Salah satu perbandingan yang paling terlihat pada kayu jati dan kayu trembesi yakni dari segi warna, yang dimana kayu kedua kayu solid tersebut mempunyai warna yang sama. Namun yang sedikit berbeda ialah, jika kalian melihat secara detail warna kayu jati cenderung terdapat warna keemasan dibandingkan dengan kayu trembesi. Sehingga membuat kayu jati lebih mendominasi, namun soal penampilan warna tergantung selera masing-masing.

perbandingan kayu trembesi dengan kayu jati

Perbandingan karakteristik kayu jati dengan kayu trembesi, jelas kayu jati lebih unggul karena kualitasnya juga sangat tinggi, bahkan kayu jati memiliki minyak pelumas alami anti rayap didalamnya. Sedangkan kayu trembesi memang mempunyai karakteristik yang unik terlebih lagi pada serat kayu lurus berwarna hitam, namun kualitasnya tidak sebagus kayu jati.

Perbandingan harga kayu jati dengan kayu trembesi, untuk soal harga, kayu trembesi di jual dengan harga yang terbilang cukup murah dibandingkan dengan harga kayu trembesi yang harga jualnya relatif tinggi.

Baca juga : Perbandingan Kayu Ulin Sulawesi & Kalimantan

Bagaimana, tertarik ingin menggunakan kayu trembesi untuk furniture?

Demikianlah ulasan kita kali ini mengenai kayu trembesi, semoga pembahasan diatas dapat bermanfaat untuk kalian yang sedang mencari jenis-jenis kayu solid untuk furniture dan mebel. Cukup sekian dan terimakasih.

(Visited 35 times, 1 visits today)
Scroll to Top
Open chat
Hallo
Ada yang bisa saya bantu?
%d bloggers like this: