mengenal kayu sungkai beserta harganya

Mengenal Kayu Sungkai – Olahan kayu solid memang banyak dibutuhkan oleh para produsen dan perngrajin kayu untuk membuat berbagai kebutuhan di bidang kontruksi, furniture hingga memproduksi elemen dekorasi interior dan eksterior untuk hunian atau bangunan. Dari dulu hingga sekarang pemanfaatkan kayu memang sudah banyak dilakukan karena fungsi dan manfaatnya sangat berlimpah, terutama untuk kebutuhan manusia.

Saat ini jenis-jenis kayu solid seperti kayu jati, bengkirai, sungkai, mahoni, pinus, ulin hingga merbau kian banyak dipergunakan untuk memenuhi keperluan di berbagai bidang, salah satunya dipakai untuk lantai kayu atau untuk mempercantik tampilan rumah. Namun diantara banyaknya jenis kayu solid, terdapat salah satu jenis kayu yang harganya terjangkau, berkualitas dan cukup banyak manfaatnya. Jenis kayu tersebut yaitu kayu sungkai.

Biasanya kayu sungkai ini sering digunakan sebagai alternatif pilihan selain kayu jati perhutani yang notabene harganya relatif tinggi dan tidak mudah untuk mendapatkannya. Kayu sungkai menjadi pilihan yang cocok untuk menggantikan peran kayu jati di bidang furniture dan kontruksi. Namun sebelum berencana memakai olahan kayu sungkai, alangkah lebih baiknya kita mengetahui klasifikasi tentang kayu sungkai mulai dari karakteristik, manfaat, kelebihan dan kurangan serta harga kayu sungkai itu sendiri.

Penasaran? Simak ulasannya berikut ini :

Pohon Sungkai

Pohon sungkai khas Kalimantan ini dapat tumbuh baik dengan ketingian mencapai 20 – 30 meter dengan diameter batang mencapai 60 sentimeter dan cabangnya bisa mencapai 10 meter. Berbatang lurus dan berlekuk dangkal, tidak berbanir dan ranting-ranting pohon sungkai memiliki bulu halus. Selain itu, pohon sungkai ini dapat berbuah sepanjang tahun lho.

pohon sungkai kebanyakan berasal dari Kalimantan

Kulit pada pohon sungkai mempunyai warna sawo muda atau sawo, dengan alur yang dangkal dan mengelupas kecil nan tipis. Kayu teras pada pohon sungkai ini memiliki warna kuning muda atau krem. Ciri-ciri kayu sungkai antara lain yaitu mempunyai tekstur yang agak kasar, sedikit kesat, tidak merata dan serat kayu lurus yang terkadang terdapat bergelombang.

Namun tahukah kalian, bahwa pohon sungkai ini tidak hanya ditemukan di daerah Kalimantan dan sekitarnya saja tetapi kawasan Sumatera dan Pulau Jawa Barat pun terdapat pohon sungkainya.

Karakteristik kayu sungkai

Pada bagian tengah kayu sungkai berwarna merah coklat muda, sedangkan pada bagian pinggirnya mempunyai warna yang sedikit lebih terang. Umumnya bagian terluar dari kayu sungkai itu berwarna putih, namun lama kelamaan akan berubah menjadi warna kuning setelah dikeringkan.

mengenal karakteristik kayu sungkai

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa kayu sungkai ini biasanya dipakai sebagai alternatif penggati kayu jati karena mempunyai kualitas yang tergolong cukup bagus. Kayu sungkai ini memiliki tingkat kuat kelas II-III dengan tingkat keawetan kelas II. Maka tak heran, jika kayu sungkai menjadi pilihan selain kayu jati atau kayu solid lainnya.

Baca juga : Karakteristik Kayu Manglid

Keunggulan kayu sungkai

keunggulan kayu sungkai

Sama seperti kayu konvensional pada umumnya, kayu sungkai juga memiliki kelebihan yang terbilang sangat bagus. Diantaranya yaitu :

  • Mudah diolah, meskipun kayu sungkai tergolong kedalam kayu keras namun mudah dalam hal pengolahanya
  • Memiliki bobot yang ringan, kayu sungkai lebih ringan bila dibandingkan dengan kayu jati atau kayu ulin
  • Mempunyai serat kayu alami yang bagus yaitu berupa garis lurus yang beraturan
  • Warna kayu sungkai cukup unik
  • Harga kayu sungkai sangat ekonomis

Kelemahan kayu sungkai

kelemahan kayu sungkai dibandingkan kayu jati

bukan kayu namanya jika tidak adanya segi kekurangannya, begitupun sama seperti pada kayu sungkai yang mempunyai kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Kekurangan kayu sungkai ialah :

  • Tingkat kekuatan dan keawetannya tergolong cukup rendah, sehingga kayu sungkai cukup bahaya bila dipakai untuk kebutuhan kontruksi berat.
  • Tidak bisa diaplikasikan sebagai produk luar ruangan, kayu sungkai kurang tahan terhadap pancaran sinar matarahari dan curah air hujan.

Itulah beberapa kelemahan dan keunggulan dari kayu sungkai. Meskipun kekurangan dari kayu sungkai ini cukup merugikan, namun tahukah kalian bahwa kayu sungkai ini memiliki beberapa manfaat untuk kebutuhan manusia.

Baca juga : Plus Minus Kayu Kumea

Manfaat Kayu Sungkai

Meskipun kayu sungkai ini memiliki tingkat kekerasan dan keawetan yang cukup rendah, akan tetapi masih layak dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, salah satunya yaitu :

Lantai kayu sungkai

Kayu sungkai kerap kali dipakai untuk membuat produk parket lantai kayu yang berfungsi untuk menutupi area lantai di dalam ruangan. Lantai kayu sungkai ini bisa menjadi alternatif pilihan selain lantai keramik, parket jati dan flooring kayu merbau. Warnanya yang unik, menjadikan lantai kayu sungkai ini terlihat cantik dan terkesan menarik bila sudah terpasang.

rekomendasi lantai kayu sungkai

Meskipun tekstur permukaannya sedikit agak kasar namun masih tergolong nyaman digunakan, bahkan ramah lingkuangan sehingga baik untuk kesehatan. Keawetan parket sungkai bisa bertahan hingga 5 tahun kedepan, bahkan bisa mencapai puluhan tahun bila dirawat dengan baik agar kualitasnya terjaga.

Sayangnya, lantai kayu sungkai ini sudah jarang diproduksi oleh para produsen karena kurang banyaknya peminat padahal harga lantai kayu sungkai per meter relatif murah ketimbang harga lantai kayu jati atau harga lantai kayu solid lainnya.

Baca juga : Daftar Harga Lantai Kayu

Plafon kayu sungkai

Selain dimanfaatkan untuk menutupi lantai, kayu sungkai juga dapat dimanfaatkan sebagai media penutup atap plafon rumah hunian atau bangunan. Serat kayu yang lurus dan beraturan ini menjadikan kayu sungkai sangat cocok dijadikan sebagai pelapis atap dirumah. Namun plafon kayu sungkai ini hanya bisa diterapkan didalam ruangan karena tidak dapat bertahan di area outdoor.

inspirasi plafon kayu sungkai minimalis

Plafon kayu sungkai ini dapat menyesuaikan dengan konsep hunian klasik atau desain rumah minimalis modern. corak kayu yang ditampilkan dapat menciptakan suasana yang berkesan alami dan bernilai seni yang cukup tinggi. Lagi-lagi, plafon kayu sungkai ini bisa menjadi alternatif pilihan selain plafon kayu ulin, bengkirai atau plafon grc maupun gypsum.

Baca juga : List Harga Plafon Kayu Lambersering

Furniture

Ketimbang digunakan untuk plafon dan lantai kayu, umumnya kayu sungkai ini cenderung lebih sering dipakai untuk dijadikan sebagai bahan baku pembuatan funiture atau perabotan rumah tangga. Aneka ragam jenis furniture yang terbuat dari kayu sungkai sudah terbilang cukup banyak, diantaranya seperti kursi, meja, lemari hingga pintu dan kusen jendela.

kayu sungkai sering digunakan untuk furniture

Para produsen kayu sangat menyukai kayu sungkai karena mudah diolah, sehingga proses pembuatan furniture tidak akan memakan waktu yang cukup lama. Maka tak heran jika kayu sungkai lebih sering dimanfaatkan untuk memproduksi jenis-jenis furniture ketimbang dipakai untuk kontruksi.

Baca juga : Kayu Jati Pilihan Kayu Untuk Furniture & Lantai Kayu

Harga Kayu Sungkai

Harga standar kayu sungkai per kubik dibandrol sekitar 4-5 juta, sedangkan harga olahan kayu sungkai biasa di jual seharga 6-8 juta per meter kubik. Harga bisa menyesuaikan kualitas dan ukuran. Untuk harga kayu sungkai sendiri tergolong stabil, sehingga kemungkinan besar harga setiap tahunya tidak akan berubah ubah. Tidak seperti harga kayu jati atau kayu ulin yang setiap tahun selalu berubah-ubah.

Baca juga : Harga Kayu Kempas

Bagaimana, tertarik ingin memakai kayu sungkai?

Demkianlah pembahasan kita kali ini mengenai kayu sungkai mulai dari pohonya, karakteristik, plus minus, manfaat hingga harganya, sekaligus terdapat pula perbandingan antara kayu sungkai dengan kayu jati, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat. Cukup sekian dan terimakasih.

(Visited 19 times, 1 visits today)
Scroll to Top
Open chat
Hallo
Ada yang bisa saya bantu?
%d bloggers like this: