Apa kalian pernah mendengar jenis kayu kumea ?apa sih itu? Kayu yang berasal dari mana? Jadi kayu kumea ini merupakan kayu yang berasal dari provinsi Sulawesi Selatan, Jenis kayu kumea memang kurang dikenal. Diperkirakan Indonesia memiliki 400 jenis pepohonan yang batangnya di manfaatkan untuk keperluan industri. Penggunaan material kayu yang terus meningkat membuat kayu kumea juga banyak di cari namun sebelum digunakan kita harus terlebih dahulu mengenal kayu kumea, sifat dan cara pengolahan nya seperti apa, agar dapat digunakan secara efektif dan efisien. Untuk memnuhi kebutuhan kayu yang semakin meningkat penjual kini memanfaatkan jenis kayu dari pohon yang kurang di kenal masyarakat salah satunya adalah kayu kumea.

Kayu kumea ini di gunakan untuk pembuatan decking dan lantai rumah, memiliki tekstur keras, kuat serta memiliki corak yang indah. Kayu kumea ini berwarna coklat kemerahan dapat dibedakan dengan kayu gubal yang warnanya lebih muda. Lebar kayu gubal sekitar 23,4 cm dengan proporsi kayu teras sekitar 50% berdasarkan volume. Seratnya padat tetapi cepat retak sehingga memerlukan pengeringan dengan cara oven yang teliti. Beratnya hampir mirip dengan berat kayu merbau. Hanya digunakan untuk decking dan lantai saja karena bila di gunakan untuk membuat funitur rumah akan sulit dan mudah rusak.

Kayu kumea tergolong ke dalam kelas kuat level I – II, kelas awet level II terhadap jamur pelapuk dan level I untuk ketahanan terhadap serangan serangga seperti rayap kayu kering, rayap tanah juga bubuk kayu kering.

Lantai Kayu Kumea

Log-Kumea
Log-Kumea

Kayu kumea dapat dimanfaatkan sebagai material lantai kayu yang kini tengah di minati masyarakat Indonesia, meskipun jarang dipakai dan di ketahui. Kayu kumea ini sudah banyak di manfaatkan oleh masyarakat dari Sulawesi, salah satunya sebagai lantai kayu yang di pasang di dalam rumah. Walaupun tidak se terkenal kayu jati, kumea juga dapat memberikan kesan mewah dan hangat yang sama seperti kelas kayu solid seperti jati dan merbau.

Keunggulan menggunakan lantai kayu :

Keunggulan-Lantai-Kayu
Keunggulan-Lantai-Kayu
  • Kumea memiliki kelas kuat level I – II dapat di sandingkan dengan kayu jati.
  • Memiliki keawetan tahan lama dan dapat bertahan hinga bertahun-tahun lamanya bila anda melakukan perawatan rutin.
    Baca juga : Tips Merawat Lantai Kayu
  • Dapat memperbaharui warna bila warna lantai sudah pudar.
  • Dapat meningkatkan harga jual bila dipasang di rumah yang akan di jual kembali.

Kekurangan menggunakan lantai kayu :

Kekurangan-Lantai-Kayu
Kekurangan-Lantai-Kayu
  • Interaksi dengan air harus di perhatikan, yang artinya lantai kayu tidak boleh terendam air karena lantai bisa lapuk.
  • Bagi sebagian orang, perawatan sulit karena memerlukan beberapa tahapan dan ada perwatan rutin perbulan untuk menjaga kilap lantai.
  • Rentan terhadap goresan, lantai kayu tidak boleh tergores benda tajam karena dapat menyebabkan serpihan kayu timbul ke permukaan dan berbahaya untuk kaki bila terinjak.

Baca juga : Tips Memilih Lantai Kayu Parket

Harga Kayu Kumea

Perkiraan dari lantai kumea berkisar Rp 295.000/m2 yang memiliki tebal 1cm, lebar 7cm dan panjang 70 – 210cm harga tersebut belum termasuk dengan biaya pemasangan lantai.

Harga kayu kumea bervariasi tergantung dengan produk yang dihasilkan. Harga kayu kumea berbentuk square log berukuran 10 x 10 x 400cm atau 20 x 20 x 400cm di perkirakan sekitar Rp 4,5 juta – 6,0 juta per m3.

Harga decking dan lantai kayu lainnya yang berbahan kayu kumea mencapai USD 1000/m3 – USD 1200/m3 atau sekitar 15 hingga 18 juta rupiah /m3.

Untuk mengetahui harga lantai kayu lainnya yang lebih mendetail dan jelas, anda bisa lihat di Harga Lantai Kayu Terbaru 2021

Baca Juga : Jenis Lantai Kayu Parket Indoor

Setelah mengetahui tentang kayu kumea serta lantai kayu kumea, simaklah cara pemasangan lantai kayu berikut ini.

Cara Memasang Lantai Kayu

  • Periksa permukaan lantai yang akan dipasangkan lantai kayu dan ratakan supaya tidak bergelombang pada saat lantai kayu sudah terpasang dan permukaan rumah tidak akan miring.
  • Persiapkan bahan dan alat alat untuk pemasangan diantaranya, parket pilihan, palu, paku, benang, lem, amplas, mesin amplas, meteran, kuas.
  • Memulai pemasangan lantai, buatlah patokan awal yang akan berfungsi sebagai penyesuai dan meluruskan semua parket.
  • Bersihkan lantai yang akan di pasang parket, taruh lem atau acian ke permukaan lalu tempelkan parket satu persatu.
  • Luruskan parket yang sudah terpasang, ratakan agar tidak bergelombang.
  • Pemasangan lantai dapat dilakukan dengan beberapa pola contohnya dipasang secara vertical dan horizontal.
  • Amplas lantai kayu menggunakan mesin, bila tidak ada mesin disarankan untuk memanggil ahli, karena proses amplas ini termasuk langkah yang penting.
  • Finishing lantai kayu, meskipun lantai kayu biasanya sudah di finishing di pabrik. Namun untuk hasil yang maksimal lakukan finishing lagi di akhir pemasangan untuk menghasilkan finishing yang lebih baik dan awet dengan Base Coat, main coat dan top coat.

Semoga pembahasan tentang Kayu Kumea kali ini memberikan anda wawasan lebih mendalam tentang kayu serta lantai kayu.

(Visited 200 times, 3 visits today)
Scroll to Top
Open chat
Hallo
Ada yang bisa saya bantu?
%d bloggers like this: