mengenal kayu manglid kekurangan kelebihan dan manfaatnya

Kayu manglid adalah bahan yang cukup sering dipakai untuk kusen. Kusen memiliki fungsi yang sangat penting dalam sebuah bangunan. Pintu dan jendela yang dibuat oleh pengrajin handal tidak akan ada artinya dan tidak bisa digunakan tanpa adanya kusen.

…Kusen sendiri bisa terbuat dari macam-macam material.

Selain kayu, kusen juga ada yang dibuat dari bahan besi, alumunium, dan lainnya. Tetapi bagi masyarakat Indonesia penggunaan kayu untuk kusen pintu dan jendela adalah yang sangat umum, salah satunya menggunakan manglid.

Akan tetapi kayu yang satu ini juga dimanfaatkan untuk hal lainnya seperti pembangunan jembatan hingga perkakas rumah.

mengenal kayu manglid kekurangan kelebihan dan manfaatnya

Nah, jika kamu sedang membutuhkan kusen untuk pintu atau jendela, material yang punya julukan lain baros dan cempaka bulus ini bisa menjadi alternatif pilihan lho. Selain karena kualitasnya yang cukup memuaskan, cempaka bulus ini juga harganya cukup terjangkau di kantong.

…Jadi kamu bisa menekan biaya untuk digunakan pada keperluan lainnya.

Kayu manglid mempunyai karakteristik tersendiri yang membedakannya dari sifat kayu-kayu lain. Misalnya dari segi warna, tempat tumbuhnya, kekuatannya, keawetannya, dan lain-lain. Jika kamu warga Jawa Barat, nama material ini mungkin tidak terdengar asing. Tapi untuk masyarakat di Jawa Tengah dan Jawa Timur nama manglid tidak begitu dikenal.

Ciri-Ciri Manglid yang Perlu Kamu Ketahui

baca juga : Ciri-ciri kayu kamper, kayu andalan untuk furniture anti rayap

Nama material manglid banyak dikenal di daerah Jawa Barat atau Sunda. Selain dua wilayah tersebut, material ini mempunyai banyak sebutan di beberapa daerah berbeda. Misalnya baros atau cempaka bulus di wilayah Jawa. Di Bali kayu ini mempunyai nama cempaka atau kepelan. Warga Karo di Sumatra menyebutnya dengan nama kayu jatuh.

Kayu ini berasal dari pohon manglid yang banyak tumbuh di daerah Sunda atau Jawa Barat. Inilah sebab kenapa masyarakat di sana lebih familiar dengan jenis tersebut. Ciri-ciri material ini jika dilihat dari warnanya adalah kekuningan.

Tetapi warna kekuningan ini tidak langsung muncul saat pertama kali dilakukan penggergajian, lho.

kayu manglid karakteristiknya

Warna kekuningan pada kayu manglid muncul beberapa hari setelah dipotong atau dihaluskan. Biasanya warna tersebut akan muncul jika kayu sudah diangin-anginkan selama kurang lebih sekitar satu minggu lamanya. Sementara sebelum diangin-anginkan kamu akan menjumpai warna putih di permukannya. Jadi jika dibandingkan antara kayu baru dan lama warnanya kelihatan berbeda.

Ciri-ciri lain yang khas pada kayu cempaka bulus adalah permukaannya yang mengkilat. Ciri ini sering menjadi alasan kenapa orang-orang senang menggunakannya untuk berbagai keperluan. Selain permukaan yang mengkilat, bahan ini memiliki ciri bertekstur halus sehingga mudah saat finishing. Strukturnya juga padat jadi kekuatannya cukup bisa diandalkan.

Sedangkan ciri yang tidak boleh kamu lewatkan adalah ringan. Kayu baros atau cempaka bulus ini termasuk material yang berat jenisnya di bawah 0.50, tepatnya ada di angka 0.41. Berat jenis ini menjadikan sifatnya ringan dibanding jenis bahan kayu yang lain. Sifat ringan tersebut membuat manglid mudah dikerjakan sehingga banyak disukai.

mengenal kayu manglid kekurangan kelebihan dan manfaatnya

Apa Saja Keunggulan yang Dimiliki Oleh Kayu Manglid?

Kayu jenis manglid ini juga memiliki beberapa keunggulan yang perlu kamu ketahui. Di bawah ini adalah beberapa keunggulan dari kayu jenis manglid yang perlu kamu ketahui.

1) kayu manglid Termasuk Bahan yang Awet

Kayu yang mempunyai nama lain cempaka bulus atau kepelan ini tergolong memiliki tingkat keawetan tinggi. Ini dibuktikan dari kelas awetnya yang berada di level II. Karena sifat awet tersebut, tidak jarang kayu ini digunakan untuk bahan baku pembuatan jembatan. Tingkat keawetan kelas II bisa bertahan hingga puluhan tahun, lho.

2) kayu manglid Mempunyai Bobot yang Ringan

Keunggulan lain pada kayu manglid adalah bobotnya yang ringan. Seperti yang telah disinggung pada pembahasan sebelumnya, bahan ini termasuk ringan sehingga mudah dalam pengerjaannya. Di daerah Jawa Barat sendiri kamu akan mudah menemukan para pengrajin kayu memanfaatkan manglid untuk membuat beraneka kebutuhan rumah.

kayu manglid karakteristiknya

3) Baunya Harum

Cempaka bulus dikenal sebagai material yang memiliki bau khas. Bau pada permukaan kayu harum sehingga banyak disenangi. Tidak banyak material kayu yang mempunyai aroma wangi tetapi manglid memiliki ciri-ciri tersebut. Tidak hanya wangi, seratnya juga bisa dibilang halus. Jadi saat pemotongan di tempat penggergajian pengerjaannya relatif gampang.

4) Mempunyai Struktur yang Padat

Keunggulan berikutnya adalah kayu manglid mempunyai struktur yang padat. Di satu sisi material ini memiliki bobot ringan. Tetapi di sisi lainnya struktur yang ada padanya tergolong padat. Dengan kepadatan itu, bahan tersebut bisa diandalkan karena mempunyai tingkat kekuatan tersendiri. Kelas kuat bahan ini ada di level III.

baca juga : jenis-jenis kayu untuk lantai parket

Apa Saja Kelemahannya yang Perlu Kamu Waspadai?

Selain keunggulan, material ini juga mempunyai kelemahannya sendiri. Hal ini sangat wajar karena semua bahan kayu mempunyai sisi kelebihan dan kekurangan. Untuk manglid sendiri salah satu kelemahan yang perlu kamu ketahui adalah tidak anti rayap. Seperti yang sudah kamu pahami, risiko penggunaan kayu pada sebuah konstruksi adalah rayap.

kegunaan kayu manglid furnitur kusen

Rayap yang menyerang secara masif pastinya akan mengganggu ketahanan kayu tersebut. Apalagi jika keberadaan rayap sudah berlangsung lama tanpa kamu ketahui. Inilah salah satu hal yang wajib kamu waspadai ketika memilih kayu manglid baik untuk kusen, furniture, pintu, jendela, atau lainnya. Tapi jika perawatannya benar tidak akan fatal.

Perawatan agar terhindar dari ancaman rayap yaitu dengan cairan khusus anti rayap. Cara penggunaannya adalah kayu disemprot terlebih dahulu menggunakan cairan itu. Penyemprotan cairan anti rayap juga bisa dilakukan secara berkala pada perkakas dari material tersebut. Dengan begitu furniture milikmu akan tetap terjaga keawetannya.

Di samping itu, baros atau cempaka bulus ini juga keberadaannya semakin sedikit. Ini disebabkan jumlah pembibitan tanaman manglid semakin berkurang. Bahkan menurut sebuah penelitian populasi pohon ini dikhawatirkan mengalami kelangkaan. Kekhawatiran tersebut bisa dicegah dengan cara tebang pilih tanam. Penebangan pohon manglid tidak boleh sembarangan dan harus menanam bibit baru.

Apa Saja Manfaat Kayu Manglid untuk Masyarakat?

Selian beberapa keunggulan dan kelemahan di atas, kay jenis manglid ini juga memiliki beberapa manfaat yang bisa diguakan oleh masyarakat. Di bawah ini adalah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh kayu jenis manglid ini.

kegunaan kayu manglid furnitur kusen

1) kayu manglid Untuk Pembuatan Kusen

Kusen adalah elemen dalam sebuah konstruksi bangunan yang fungsinya tidak bisa diremehkan. Kusen berfungsi sebagai penghubung antara dinding dan daun pintu atau jendela. Penggunaan manglid untuk kusen sudah dikenal luas oleh masyarakat. Tidak heran jika permintaannya di pasaran selalu banyak.

2) kayu manglid Daun Pintu dan Jendela

Kayu manglid juga sering dimanfaatkan untuk pembuatan daun pintu dan jendela. Permukaannya yang mengkilat dan juga bobot ringannya sering menjadi pertimbangan khusus untuk dipakai sebagai material jendela serta pintu. Permukaan seratnya juga halus. Jadi, kamu bisa memakai material ini untuk keseluruhan kusen dan pintu maupun jendelanya.

3) Furniture Rumah Tangga

Strukturnya yang padat tetapi ringan membuat material manglid juga cocok untuk dibuat furniture. Misalnya kursi tamu, kursi makan, meja, bahkan tempat tidur bisa memanfaatkan penggunaan bahan ini, lho. Apalagi sifatnya mengkilat sehingga akan terlihat bagus. Nah, jika kamu mau memiliki furniture bagus, material ini bisa menjadi pilihan.

Setiap kayu mempunyai cirinya masing-masing. Jika kamu ingin membuat perkakas rumah atau konstruksi apapun, pelajari dulu apa saja kelebihan dan kekurangannya. Dengan begitu kamu tidak akan menyesal karena salah pilih. Kesimpulannya, pemilihan kayu manglid untuk kusen atau perkakas rumah cukup direkomendasikan.

(Visited 266 times, 1 visits today)
Scroll to Top
Open chat
Hallo
Ada yang bisa saya bantu?
%d bloggers like this: