mengenal kayu cendana yang wangi dan banyak manfaatnya

Mengenal Kayu Cendana – Dari dulu hingga sekarang, olahan kayu sering digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan dibidang tertentu, baik di industri furniture, mebel dan dijadikan sebagai bahan baku bangunan. Terlebih lagi jika kayu tersebut mempunyai kualitas dan penampilan yang bagus, pasti para produsen kayu sudah banyak memanfaatkannya untuk berbagai keperluan.

Seperti halnya pada kayu cendana khas Indonesia yang memiliki segudang manfaat dan uniknya mempunyai aroma wangi yang bikin banyak orang tertarik pada jenis kayu yang satu ini. Sehingga tak heran jika kayu cendana masuk kedalam daftar kayu termahal di dunia, termasuk kayu ulin, jati dan jenis kayu solid lainnya yang notabene mempunyai kualitas cukup tinggi.

Untuk mengenal lebih jauh mengenai kayu cendana, alangkah lebih baiknya kalian menyimak pembahasannya dibawah ini :

Pohon Cendana

Kayu cendana atau yang lebih dikenal dengan sebutan sandalwood ini mempunyai nama latin Santalum album L. Pohon cendana sendiri merupakan flora endemik khas Nusa Tenggara Timur (NTT) dan kabupaten Maluku Tenggara Barat.

habitat pohon cendana di Indonesia banyak ditemukan didaerah NTT

Jenis pohon tropis yang hanya tumbuh di India dan Indoensia ini dapat dipanen ketika sudah beranjak umur 40 tanun, hal ini menjadikan kayu cendana tergolong langka sebab harus menunggu usia panennya yang cukup lama. Pohon cendana sendiri dapat tumbuh dengan ketinggian mencapai 11- 15 meter dengan diamater sekitar 25- 30 sentimeter. Bagian batangnya berbentuk bulat dengan warna coklat, sedangkan bagian dalamnya berwarna kuning kecoklat-coklatan.

Kayu cendana terdapat juga di daerah lainnya di Indoensia, diantaranya yaitu Jawa Timur, Bali, Sulawesi, Flores dan masih banyak lagi yang tercatat bahwa pohon cendana penah tumbuh di beberapa wilayah di negara kita tercinta di Indonesia. Salah satu fakta menarik dari pohon cendana yaitu jenis tumbuhan parasit yang membutuhkan pohon lain disekitarnya agar bisa bertahan hidup.

Karakteristik kayu cendana

Tahukah kalian, bahwa kayu cendana miliki ciri-ciri khusus yang mudah kita kenali. Salah satunya terdapat pada batang dan akar pohonya yang memiliki aroma wangi. Hal ini disebabnya karena adanya kanduangan senyawa santalol, sehingga kayu cendana yang memiliki kandungan senyawa santalol paling banyak akan dijadikan sebagai bahan baku dalam dunia industri kosmetik, parfum dan farmasi.

mengetahui ciri-ciri kayu cendana yang wangi

Sedangkan kayu cendana yang kandungan senyawa santalol tergolong rendah akan dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan furniture, mebel dan tak jarang juga dipakai untuk kebutuhan di bidang kontruksi dan bahan bangunan lainnya.

Terdapat 2 jenis kayu cendana yang dikenal banyak orang, jenis kayu cendana putih dan jenis kayu cendana merah. Keduanya memiliki karakteristik yang cukup berbeda dan secara signifikan dari segi kualitas sangat beda, yang dimana kayu cendana putih jauh lebih bagus kualitasnya dibandingkan dengan kayu cendana merah. Namun kayu cendana merah lebih wangi ketimbang kayu cendana puith. Plus minus memang.

Warna kulit batang pohon cendana putih berwarna coklat abu-abu, sedangkan warna batang pohon cendana merah berwarna coklat kemerah-merahan. Keduanya memiliki tekstur permukaan yang cenderung halus dan mempunyai serat kayu yang cukup padat.

Kayu cendana putih banyak ditemukan di negara Indonesia, tepatnya didaerah Nusa Tanggara Timur. Sedangkan kayu cendana merah umumnya banyak ditemukan di kawasan Funan & India.

Baca juga : Mengenal Karakteristik Kayu Eboni

Kelebihan kayu cendana

kelebihan kayu cendana yaitu wangi & halus

Sampai saat ini, kayu cendana masih banyak yang cari karena mempunyai sejumlah keuntungan atau kelebihan yang dimilikinya. Diantaranya yaitu :

  • Memiliki bobot yang cukup ringan sehingga cocok untuk dijadikan furniture yang bisa dipindahkan
  • Kayu cendana sebagai alternatif pilihan selain kayu jati
  • Mempunyai tekstur permukaan yang cukup halus
  • Tingkat penyusutan yang tergolong rendah
  • Kayu cendana punyai aroma wangi yang khas
  • Karakteristiknya sangat unik & menarik

Kekurangan kayu cendana

kekurangan kayu cendana yait ukurannya kecil & sulit diolah

Selain kelebihan, kayu cendana juga mempunyai segi kekurangannya seperti jenis kayu kebanyakan. Sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan bagi kalian yang ingin menggunakan kayu cendana sebagai kebutuhan komersil atau lainnya.

  • Pengolahan kayu cendana untuk dijadikan sebagai produk furniture klasik terbilang cukup susah
  • Ukuran kayu cendana tergolong cukup kecil bila dibandingkan dengan jenis kayu solid lainnya seperti kayu merbau, jati, ulin atau bengkirai.
  • Harga kayu cendana relatif mahal karena statusnya langka dan pertumbuhannya yang lambat serta usia panennya sendiri harus menunggu hingga puluhan tahun.

Baca juga : Plus Minus Kayu Mindi

Itulah beberapa plus minus kayu cendana. Ingin tau kayu cendana sering dimanfaatkan untuk apa saja? yuk simak ulasannya dibawah ini :

Selain Furniture, Inilah Manfaat Kayu Cendana

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa kayu cendana ini lebih sering dipergunakan untuk industri furniture atau mebel. Namun tahukah kalian bahwa selain dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai bahan baku furniture, kayu cendana ini memiliki banyak manfaatnya lho. Diantaranya :

1. Obat herbal

manfaat kayu cendana untuk obat herbal

Pada zaman dahulu, kayu cendana sudah sering digunakan untuk dijadikan sebagai bahan baku pembuatan obat herbal. Kayu cendana bisa diolah menjadi obat herbal untuk mengatasi penyakit seperti anti inflamasi, sebagai pembersih saat mestruasi dan mencegah disentri.

2. Produk kecantikan

manfaat kayu cendana untuk produk kecantikan

Kandungan minyak pada kayu cendana sangat banyak yang dapat diolah menjadi produk kecantikan, sebab kandungan minyak tersebut mampu membersihkan noda hitam pada area wajah atau kulit dan bisa mencegah datangnya jerawat, menghilangkan minyak dan membersihkan komedo.

Selain itu, kayu cendana yang wangi ini dapat dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai produk parfum dan aromaterapi. Wangi khas yang dihasilkan kayu cendana ini sudah banyak yang memanfaatkannya untuk membuat produk seperti parfum, balsam, dupa dan aromaterapi.

Dan yang terakhir, kandungan minyak pada kayu cendana selain digunakan untuk produk kecantikan atau mengatasi masalah penyakit pada wajah, akan tetapi kandungan minyak tersebut dapat juga diolah menjadi sabun.

3. Kerajinan tangan

manfaat kayu cendana untuk membuat kerajinan tangan

Selain dimanfaatkan untuk membuat furniture, kayu cendana juga kerap kali dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai bahan baku pembuatan kerajinan tangan. Suvenir berbahan kayu cendana dapat dijual dengan harga yang cukup mahal bila dibandingkan dengan kerajinan yang terbuat dari kayu lain. Hal ini lantaran kayu cendana memiliki keunikan dari segi aroma, warna dan kualitas. Biasanya kerajinan yang sering dibuat dari kayu cendana yaitu tasbih, kipas tangan, gelang, kalung dan cinderamata lainnya.

4. Kusen Jendela & pintu

kayu cendana sering dimanfaatkan untuk dijadikan kusan jendela & pintu

Tak jarang kayu cendana juga dimanfaatkan untuk membuat daun pintu dan kusen jendela untuk hunian atau bangunan. Olahan kayu cendana bisa dipakai untuk membuat kusen jendela minimalis yang keren dan wangi, begitupun pada pintu. Sehingga bila diterapkan pada rumah bukan hanya terlihat elegan dan menawan, melainkan wangi dan terkesan artistik.

Baca juga : Manfaat Kayu Sungkai

Harga Kayu Cendana Mahal?

daftar harga kayu cendana di Indonesia

Harga kayu cendana umumya relatif mahal. Seberapa mahalkah kayu cendana? Untuk harga kayu cendana per kg dengan grade super dibandrol sekitar Rp.600.000. Sedangkan untuk harga kayu cendana grade biasa dijual seharga Rp. 350.000/kg.

Demikianlah ulasan kita kali ini mengenai kayu cendana, semoga pembahasan diatas dapat bermanfaat untuk kalian yang sedang mencari jenis-jenis kayu Indonesia yang unik dan menarik. Cukup sekian dan terimakasih.

(Visited 19 times, 1 visits today)
Scroll to Top
Open chat
Hallo
Ada yang bisa saya bantu?
%d bloggers like this: