Siapa sih yang tidak mengenal kayu mahoni? Jenis kayu yang satu ini cukup populer diberbagai kalagan, terlebih lagi yang berkecimpung di dunia industri furniture atau mebel, pasti para produsen atau pengrajin kayu mengenalinya.

Biasanya kayu mahoni ini digunakan sebagai alternatif pilihan selain kayu jati perhutani masa kini yang notabene sudah mulai sulit didapatkan dan harganya per meter kubik tergolong mahal.

Kayu mahoni menjadi opsi utama bagi para pengrajin kayu untuk dijadikan sebagai bahan baku pembuatan furniture selain kayu jati, kayu mindi maupun trembesi. Bukan tanpa alasan, mengapa kayu mahoni begitu mendominasi, hal ini dikarenakan kayu mahogani tersebut mempunyai kualitas dan tampilan yang tidak kalah bagusnya dengan kayu solid unggulan lainnya.

Bagi kalian yang belum tahu tentang kelebihan dan kekurangan kayu mahoni beserta karakteristik, harga, manfaat dan perbandingannya dengan kayu lain. Simak ulasannya di bawah ini :

Asal usul pohon mahoni

Pohon mahoni merupakan jenis tumbuhan perdu yang memiliki nama latin Swietenia Mahagoni yang tersebar diberbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Awal mula ditemukannya pohon mahogani ini di benua Amerika oleh beberapa ahli.

asal usul pohon mahoni di Indonesia

Yang kemudian menyebar ke Hindia Barat, Sarawak, India, Fiji, Srilanka dan Indonesia. Daerah Persebaran kayu mahoni di tanah air sendiri banyak ditemukan di kawasan Pulau Jawa dan Sumatera.

Pohon mahoni dapat tumbuh subur didaerah pasir payau dekat pantai dan terkena pancaran sinar matahari sepanjang tahun. Hebatnya, walupun pohon mahoni tidak tersiram oleh air dalam beberapa bulan namun dapat tumbuh dengan baik.

Tinggi pohon mahoni bisa mencapai 40 meter dengan ukuran diameter batang sekitar 120 sentimeter. Diameter batangnya bisa bertumbuh besar seiring menambahnya usia pohon mahoni itu sendiri, bahkan bisa mencapai 1,5 meter.

mengetahui ciri-ciri pohon mahogany

Ciri-ciri pohon mahoni bisa kalian lihat dari batangnya yang sangat lurus berbentuk silindris dan tidak berbanir, dengan bagian kulit luar pohon yang memiliki warna coklat kehitaman serta tampilannya beralur dangkal menyerupai seperti sisik.

Bagian dalam kulit pohon mahoni ketika masih muda warnanya terlihat abu-abu dengan tekstur yang halus, namun bisa berubah menjadi coklat tua jika umurnya sudah tua.

Manfaat pohon mahoni untuk lingkungan sekitar yaitu dapat menyerap polusi udara sekitar 40% hingga mencapai 60% dari daun pohonya dan akarnya bisa mengikat air sehingga bisa menjadi penahan di daerah tanah resapan air. Selain itu, pohonnya yang cenderung rindang bisa menjadi peneduh jalan.

Baca juga : Tentang Pohon Kayu Rengas Khas Kalimantan

Karakteristik kayu mahoni

Karakteristik kayu mahoni bisa dilihat dari segi warna merah hati yang cukup mencolok, akan semakin terang bila umurnya semakin tua. Kayu mahogani ini memiliki serat kayu alami yang lurus dan cenderung padat, hampir menyerupai kayu jati grade A. Serta mempunyai tekstur permukaan yang keras dan halus, dengan pori-pori yang kecil.

kenali karakteristik kayu mahoni sebelum membeli

Tingkat kekuatan kayu mahoni kelas II dengan tingkat keawetan kelas III. Meskipun tergolong kuat dan awet, namun kayu mahogani ini dapat terserang oleh kutu kayu atau rayap. Sehingga perlu di suntik cairan anti rayap dan jika perlu jangan berdekatan dengan tanah.

Dengan kualitas kayu mahoni seperti itu dan karakteristik yang dimilikinya, jadi tak heran jika mahogany sering dipakai untuk memenuhi berbagai kebutuhan dibidang tertentu, salah satunya dibuat menjadi olahan produk furniture rumah tangga. Terlebih lagi kayu mahoni mudah diolah.

Baca juga : Karakteristik Kayu Kamper

Setelah membahas karakteristik mahoni dan klasifikasi pohon mahoni, selanjutnya kita ulas plus minus kayu mahoni. Berikut ini :

Keunggulan kayu mahoni

  • Kandungan minyak alami yang sedikit
  • Mudah diolah
  • Daya tahan yang cukup stabil
  • Mempunyai serat kayu yang lurus dan padat
  • Tekstur permukaannya cenderung halus
  • Harga kayu mahoni tergolong ekonomis

kelebihan dan kekurangan kayu mahoni

Kekurangan kayu mahogani

  • Proses pengeringan kayu mahoni membutuhkan waktu yang cukup lama, bila tingkat keringnya sudah bagus maka kualitasnya bisa setara dengan kayu jati.
  • Kurang tahan terhadap rayap, menemukan kayu mahogani dengan umur yang tua memang sangat jarang. Karena biasanya para produsen memanen kayu mahoni pada usia 4 hingga 7 tahun, sehingga kualitasnya kurang bagus. Kualitas kayu mahoni yang bagus ialah kayu mahoni yang umurnya tua.
  • Tidak cocok dipakai pada area outdoor, sebab bisa tumbuh jamur dengan cepat.
  • Jika ingin menggunakan kayu mahogany setidaknya memerlukan beberapa tahapan tertentu, mengingat kayu mahoni tidak tahan rayap dan perlu disuntik anti rayap terlebih dahulu dan di oven dalam waktu yang lama. Serta membutuhkan ketelitian pada saar proses finishing.

Manfaat kayu mahoni yang sering dipakai oleh manusia

Selanjutnya, kita membahas manfaat kayu mahogani yang sering dimanfaatkan oleh sebagian besar orang-orang dimuka bumi ini. Mengingat kualitas kayu mahoni yang tergolong bagus, sehingga pemanfaatannya pun cukup beragam. Tidak hanya dari kayunya saja, melainkan dari daun dan biji nya pun bisa bermanfaat.

Furniture mahogani

Salah satu pemanfaatan kayu mahoni yang sering dipakai yaitu digunakan sebagai bahan baku pembuatan furniture, ketimbang dimanfaatkan sebagai bahan kontruksi. Furniture kayu mahogany tidak hanya kuat dan awet, melainkan terlihat indah dan terkesan mewah karena warnanya yang sangat khas dan berkesan alami.

jenis-jenis furniture kayu mahogani

Para produsen kayu suka dengan mahoni karena mudah diolah, diserut maupun di ukir. Sehingga selain dibuat furniture, tetapi mahogani wood juga suka dipakai untuk membuat kerajinan dan aneka ragam cindera mata.

Jenis-jenis furniture yang terbuat dari bahan kayu mahoni antara lain yaitu lemari, kursi, meja, tempat tidur, rak, peti, papan dan lain sebagainya. Bahkan tak jarang digunakan untuk kusen jendela dan pintu.

Baca juga : Manfaat Kayu Sungkai

Tangga kayu mahoni

tangga kayu mahoni minimalis

Selain furniture, jenis kayu yang mempunyai nama latin Swietenia Mahagoni juga kerap kali digunakan sebagai papan tangga kayu minimalis untuk sebuah hunian atau bangunan.

Meskipun penggunaan tangga kayu mahoni di berbagai tempat masih tergolong jarang dikarena terdapat olahan produk papan tangga kayu jati dan merbau yang lebih bagus dari segi kualitas maupun tampilan. Akan tetapi tangga kayu mahogani bisa menjadi alternatif pilihan tangga kayu indoor yang keren dan menawan.

Informasi Selengkapnya : Harga Papan Tangga Kayu Terbaru 2022

Lantai kayu parket mahoni

lantai parket kayu mahogany

Di era yang modern ini, penggunaan lantai berbahan kayu memang sedang banyak digandrungi oleh sebagian besar masyarkat Indonesia. Kayu merbau dan jati menjadi primadona untuk dijadikan sebagai lantai parket kayu, namun selain kedua jenis kayu tersebut terdapat salah satu jenis kayu yang bisa dijadikan alternatif lantai kayu indoor yaitu kayu mahoni.

Serat kayu yang lurus, tekstur permukaan yang cukup halus dengan di dukung tampilan dan kualitas yang bagus, menjadikan kayu mahogani ini cocok dipakai untuk lantai parket minimalis pada sebuah rumah.

Informasi Selengkapnya : Harga Lantai Kayu Per Meter

Harga kayu mahogani

harga kayu mahoni per meter kubik

Pada umumnya harga kayu mahoni per meter kubik maupun per meter persegi di jual dengan harga yang relatif murah bila dibandingkan dengan harga kayu jati, kayu ulin, maupun merbau. Sehingga tak heran jika kayu mahogani sering dijadikan alternatif pilihan kayu solid harga murah.

Terdapat harga log kayu mahoni yang dijual seharga 500 ribuan hingga 600 ribu, adapun harga kayu mahogani per lembar sekitar 24 ribu hingga mencapai 72 ribuan. Tergantung ukuran. Selain mudah didapatkan, tetapi juga mahoni harganya terjangkau.

Perbandingan kayu mahoni dengan kayu jati

Menilai perbandingan antara kayu jati dengan kayu mahoni, manakah yang lebih baik? Keduanya memang tergolong kayu solid yang sering dimanfaatkan untuk memenuhi berbagai macam keperluan di bidang tertentu.

perbandingan kayu jati dengan kayu mahoni

Hanya saja bedanya, kayu jati bisa digunakan untuk bahan kontruksi berat maupun ringan serta dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan elemen dekorasi hunian, furniture, lantai parket, tangga kayu dan plafon lambersering.

Sedangkan kayu mahoni hanya bisa dimanfaat dibidang tertentu saja, tidak fleksibel. Setidaknya saat ini lebih dominan dipakai untuk kebutuhan didalam dunia industri furniture atau meubel, kerajinan, kusen jendela. Tidak cocok dipakai bahan kontruksi.

perbedaan kayu mahoni dengan kayu jati

Tingkat kekerasan kayu jati kelas I dengan tingkat keawetan kelas I-II, sedangkan tingkat kekuatan kayu mahoni kelas II dan tingkat awet kelas III. Terlihat sekilas hampir sama, namun berbeda. Akan tetapi mahoni bisa menjadi alternatif pengganti kayu jati masa kini.

Selain itu, teak wood dan mahogani memiliki perbedaan dari segi karakteritik, yang dimana mahoni kurang tahan terhadap serangan rayap sedangkan kayu jati mempunyai minyak pelumas alami anti rayap didalamnya.

Namun dari segi harga, jelas kayu mahoni lebih unggul. Sebab harganya murah ketimbang harga kayu jati per meter kubik yang relatif mahal.

Baca juga : Perbandingan Kayu Ulin Sulawesi Dengan Ulin Kalimantan

Bagaimana, tertarik ingin pakai kayu mahoni?

Segitu saja untuk pembahasan kita kali ini mengenai kayu mahogani atau mahoni, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat bagi kalian ya. Cukup sekian dan terimakasih.

(Visited 8 times, 1 visits today)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Open chat
Hallo
Ada yang bisa saya bantu?
%d bloggers like this: