mengenal kayu kempas khas Kalimantan

Mengenal Kayu Kempas – Kayu merupakan sebuah material yang sering digunakan untuk berbagai keperluan di bidang kontruksi, furniture dan dipakai untuk memenuhi kebutuhan lainnya. Tak jarang juga elemen kayu diolah menjadi salah satu elemen dekorasi pada hunian, baik interior maupun eksterior seperti tangga kayu, pagar kayu minimalis, plafon kayu lambersering hingga lantai kayu outdoor dan indoor.

Di era yang modern ini, penggunaan kayu semakin meningkat pesat seiring dengan kemajuan pembangunan rumah-rumah di tengah masyarakat Indonesia. Pemakaian jenis kayunya pun sangat beragam, mulai dari olahan kayu biasa hingga memanfaatkan kayu solid yang notabene kualitasnya cukup tinggi.

Di Indonesia sendiri jenis kayu yang berkualitas tinggi tidak hanya kayu jati, merbau, ulin atau bengkirai saja, melainkan terdapat salah satu jenis kayu yang termasuk kedalam olahan kayu dengan kualitas yang cukup bagus, baik dari segi kekerasan, ketahanan maupun keawetannya. Jenis kayu tersebut yaitu kayu kempas.

Agar menambah wawasan kita mengenai perkayuan yang ada Indonesia ini, tidak ada salahnya kita mengetahui lebih detail tentang kayu kempas sering dimanfaatkan oleh sebagian para produsen kayu karena kualitas dan karakteristiknya yang cukup bagus. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini :

Asal Usul Kayu Kempas & Penyebarannya

asal usul kayu kempas dan penyebarannya

 

Pohon kempas dapat tumbuh subur dengan baik di kawasan Asia Tenggara seperti Malaysia, Indonesia, Brunei dan sekitarnya. Di negara kita tercinta ini, kayu kempas mudah dijumpai di daerah Kalimantan, Sumatera hingga daerah Bangka Belitung. Memang populasi kayu kempas di kawasan pulau Jawa atau Sulawesi terbilang sangat jarang, itulah mengapa kayu kempas sering dijuluki sebagai Kayunya Sumatera atau Kalimantan.

Pohon kayu kempas pada umumnya mempunyai ukuran tinggi mencapai 30 sampai 40 meter dan ukuran panjang batangnya mencapai 25 meter dengan diameter sekitar 120 sentimeter. Pertumbuhan kayu kempas sendiri tergolong cukup lambat, untuk menunggu pohon kempas mencapai puluhan meter setidaknya harus menunggu waktu yang cukup lama sekitar beberapa tahun kedepan.

Mengenal karakteristik kayu kempas khas Kalimantan

Pada bagian terluar dari kayu kempas memiliki tampilan warna kelabu atau putih kekuningan, namun terdapat pula kayu kempas yang berwarna merah kecoklat-coklatan, hampir menyerupai kayu merbau. Serat kayu kempas sendiri terbilang cukup padat dengan tekstur permukaan yang sedikit agak kasar.

mengenal karakteristik kayu kempas khas kalimantan

Tingkat kekerasan yang dimiliki kayu kempas ini kelas I dan II, sedangkan untuk tingkat keawetannya tergolong cukup rendah yakni kelas III. Namun meskipun kayu kempas ini dari segi keawetan terbilang rendah tetapi masih bisa diandalkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan di berbagai bidang.

Akan tetapi tahukah kalian, bahwa kayu kempas ini tergolong cukup sulit dalam hal pengolahannya karena tingkat kekerasan yang cukup tinggi dengan struktur yang terpadu. Setidaknya membutuhkan bantuan alat khusus untuk mengolahnya seperti gergaji pita. Meskipun begitu, kayu kempas ini masih bisa di serut menggunakan mesin dengan baik dan mudah kok.

Walaupun hasil serutannya tidak sehalus kayu pada umumnya. Setelah melalui proses penyerutan, kayu kempas ini biasanya akan di beri dempul terlebih dahulu sebelum dilakukan pengamplasan atau di plitur.

Baca juga : Karakteristik Kayu Keruing & Manfaatnya

Manfaat Kayu Kempas

Seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf awal, bahwa kayu kempas ini mempunyai segudang manfaat yang sering dipakai untuk memenuhi keperluan manusia, baik di bidang interior/eksterior hunian, kontuksi hingga furniture. Seperti apa penjelasannya? Simak ulasannya di bawah ini :

Manfaat kayu kempas untuk lantai kayu

lantai parket kayu kempas minimalis

Salah satu pemanfaatan kayu kempas yang cukup sering dipakai yaitu dijadikan sebagai penutup lantai di dalam hunian atau bangunan. Lantai kayu kempas sendiri biasanya diaplikasikan pada ruangan tertutup seperti kamar tidur, ruang tengah, ruang kerja pribadi, ruang keluarga dan lain sebagainya.

Nuansa hangat dan terkesan alami yang dihasilkan oleh lantai kayu kempas ini membuat segelintir orang menyukainya, meskipun saat ini tergbilang sangat jarang ditemukan. Akan tetapi, lantai parket kayu kempas bisa menjadi salah satu produk alternatif pilihan selain lantai kayu jati atau merbau.

Informasi Selengkapnya : Harga Lantai Kayu Terbaru Plus Biaya Pasang

Decking kayu kempas

rekomendasi decking kayu kempas

Selain dimanfaatkan sebagai lantai parket indoor, kayu kempas juga tak jarang dimanfaatkan sebagai penutup lantai pada area luar ruangan atau yang lebih dikenal sebagai sebutan decking kayu atau lantai kayu outdoor minimalis. Untuk segi kualitas, decking kayu kempas ini mampu bertahan dari perubahan suhu atau cuaca serta tahan terhadap serangan rayap.

Decking kayu kempas ini bisa dijadikan alternatif pengganti decking ulin, merbau atau bengkirai, bahkan bisa juga sebagai alternatif pilihan selain decking wpc karena harganya tergolong cukup terjangkau.

Kontak Marketing

Ibnu : 0811-212-031

Membuat furniture & perabotan

manfaat kayu kempas untuk furniture klasik

Kayu kempas kebanyakan suka dimanfaatkan untuk diolah menjadi bahan baku pembuatan furniture klasik atau perabotan rumah tangga seperti kursi, meja, rak hingga lemari. Berkat tingkat kekerasannya yang lumayan tinggi, menjadikan kayu kempas ini banyak menarik perhatian para produsen kayu yang berkecimpung di dunia industri furniture, karena kayu kempas tahan rayap dan cenderung tidak mudah rusak.

Sebagai bahan baku kusen jendela & pintu

manfaat kayu kempas untuk kusen & pintu

Tidak hanya dimanfaatkan sebagai bahan baku furniture saja, kayu kempas ini juga kerap kali diolah menjadi bahan baku pembuatan pintu dan kusen jendela. Karena memang kusen jendela dan pintu yang terbuat dari kayu kempas mampu menyuguhkan nuansa yang alami dan terkesan artistik serta terlihat begitu elegan, sehingga enak dipandang dan tidak terlihat membosankan.

Selain itu, pintu dan kusen jendela yang terbuat dari kayu kempas ini terbukti kuat dari perubahan cuaca atau suhu dan mampu bertahan dari erangan rayap, kutu kayu hingga jamur. Konon kabarnya, bisa bertahan hingga puluhan tahun lho. Maka tak heran, jika kayu kempas ini menjadi primadona para pengrajin kayu.

Baca juga : Manfaat Kayu Manglid Untuk Kusen & Pintu

Dimanfaatkan untuk rangka atap hunian

manfaat kayu kempas untuk rangka atap rumah

Semakin banyaknya pembangunan hunian ditengah masyarakat Indonesia, menjadikan kayu kempas ini menjadi pilihan sebagai bahan baku pembuatan rangka atap plafon pada sebuah rumah. Hal ini bukan tanpa alasan, lagi-lagi berkat kualitas tingkat kekerasan yang dimiliki kayu kempas yang menjadi daya tarik para arsitektur untuk dijadikan sebagai rangka atap hunian.

Baca juga : Manfaat Kayu Kamper Untuk Kebutuhan Manusia

Harga kayu kempas

Harga kayu kempas  sendiri terbilang cukup murah bila dibandingkan dengan harga kayu solid lainnya yaitu sekitar 200 ribu hingga 300 ribuan per meter nya. Dengan nominal harga segitu, tentunya akan sangat mudah di jangkau oleh berbagai kalangan. Terdapat juga harga kayu kempas per kubik yang dibandrol cukup lumayan mahal sekitar jutaan rupiah.

Baca juga : Harga Kayu Ulin

Demikianlah ulasan kita kali ini mengenai kayu kempas khas Kalimantan, semoga pembahasan diatas dapat bermanfaat untuk kalian dan semoga bisa menambah wawasan kita tentang kayu-kayu berkualitas yang ada di negara Indonesia kita tercinta ini. Cukup sekian dan terimakasih

(Visited 21 times, 1 visits today)
Scroll to Top
Open chat
Hallo
Ada yang bisa saya bantu?
%d bloggers like this: