memilih material lantai yang tepat

Lantai adalah salah satu kunci kenyamanan dari sebuah hunian. Tak dapat dipungkiri bahwa kegunaan lantai ini sangat berpengaruh terhadap suasana rumah yang menunjang, tentu dengan banyaknya jenis lantai yang tersedia saat ini memberi anda pilihan untuk memilih lantai mana yang terbaik bagi hunian kesayangan anda.

Jenis lantai ada banyak? Apa saja sih? Ya, dengan berkembangnya zaman menjadikan pilihan lantai pun berkembang dan bervariasi. Mari kita ambil contoh dari yang paling mudah, yaitu lantai kayu. Lantai kayu sendiri pun memiliki beberapa jenis,  seperti parket, flooring, mini flooring dan decking. Bisa anda bayangkan bukan? dari 1 jenis bahan material lantai bisa menghasilkan beberapa variasi lantai yang dapat diaplikasikan untuk sebuah bangunan.

memilih material lantai yang tepat
memilih material lantai yang tepat

Jadi Material apa yang terbaik untuk lantai? Nah, dalam ulasan kali ini kita akan membahas tips cara memilih material lantai yang tepat untuk anda. Agar anda tidak salah pilih material lantai dan menyesal di kemudian hari, artikel ini sangat tepat untuk anda! Tanpa berlama lama mari kita bahas berikut ini;

Tips 1 : Kenali Sifat dan Kelebihan Material Lantai

kenali sifat dan kelebihan lantai
kenali sifat dan kelebihan lantai

Pada tips yang pertama ini, anda direkomendasikan untuk mengetahui dan mengenali akan sifat dan kelebihan dari suatu material atau bahan baku lantai. Tujuannya tak lain dan tak bukan agar anda paham apakah material tersebut cocok untuk rumah anda, iklim di daerah anda, ataupun dengan desain rumah anda sendiri.

Sebenarnya, ada banyak sekali bahan material lantai yang tersebar luas di dunia ini. Namun, rasanya tidak relevan jika kita membahas semuanya satu persatu secara detail. Jadi, kali ini kita akan berfokus kepada 4 bahan material paling populer dan juga paling favorit di Indonesia, yaitu Marmer, Keramik, Kayu dan Vinyl. Pasti anda sudah pernah mendengar keempat jenis bahan lantai tersebut bukan? Tapi, apasih yang membuat keempat material ini sangat disukai para konsumen? agar tak penasaran mari kita bahas selengkapnya dibawah ini;

Pemilihan Lantai Keramik

kelebihan lantai keramik
kelebihan lantai keramik

Keramik menduduki peringkat pertama pada pengurutan ini, pasti anda sudah tau alasannya. Ya, benar sekali, keramik adalah bahan material lantai yang paling sering digunakan oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia. Karakteristik keramik yang simple dan juga memiliki harga yang terjangkau menjadikan material ini nomor satu untuk dijadikan lantai pada sebuah hunian di Indonesia.  Terlebih lagi, lantai keramik yang dingin dan sejuk sangat cocok untuk iklim cuaca panas di negara tropis ini.

Baca Juga : Alternatif Pengganti Lantai Keramik

Pemilihan Lantai Kayu

kelebihan lantai kayu
kelebihan lantai kayu

Material kayu, dijadikan lantai? Wah, siapa sih yang tidak menginginkan material lantai ini pada hunian kesayangan nya? Kesan mewah, elegan dan menawan yang ditawarkan oleh lantai kayu merupakan kelebihan utama dari jenis material ini. Karakteristik lantai kayu yang empuk saat dipijak ini sangat cocok bagi anak dan juga lansia, menjadikan resiko cedera lebih kecil saat terjatuh di jenis material ini.

Tak hanya itu, lantai kayu juga memiliki kelebihan lain yang tak kalah menarik lho! Lantai kayu dapat menghasilkan energi hangat di malam hari berkat salah satu fungsi material kayu yang menyerap panas di siang hari. Sebuah material yang sangat cocok diaplikasikan pada semua iklim, terlebih lagi untuk ditempat dingin seperti Villa di dataran tinggi sangat direkomendasikan menggunakan lantai kayu.

Untuk mengetahui harga lantai kayu terbaru, anda bisa melihatnya di : Harga Lantai Kayu Lengkap 2021

Pemilihan Lantai Vinyl

kelebihan lantai vinyl
kelebihan lantai vinyl

Lantai vinyl bermotif kini mulai populer dikalangan para pemilik rumah baru terutama pasangan muda. Dengan harganya yang jauh lebih terjangkau dari jenis material lantai manapun, vinyl memiliki segudang motif yang berbeda-beda, menjadikannya material lantai yang sangat berguna.

Selain murah, pemasangan material vinyl juga bisa dilakukan sendiri dirumah. Pemasangan yang mudah ini juga menjadi nilai plus untuk jenis lantai satu ini. Namun, anda harus berhati-hati jika anda telah menggunakan material ini pada rumah anda, karena vinyl tidak tahan terhadap gesekan furtniture. Hal ini bisa mengakibatkan kerusakan pada vinyl tersebut, sama seperti lantai kayu.

Baca Juga : Perbedaan Lantai Laminated dan Lantai Vinyl

Pemilihan Lantai Marmer

kelebihan lantai marmer
kelebihan lantai marmer

Tahun 1990-an adalah saat lantai marmer mulai populer diseluruh belahan dunia. Bahan material lantai yang terbuat dari bebatuan alam ini menjadi favorit karena tampilan nya yang mewah dan juga sangat menunjang penampilan rumah ‘kelas atas’. Tentu tampilan tersebut datang sepadan dengan harga yang ditawarkan, anda bisa menebaknya bukan?

Benar sekali, marmer adalah material lantai yang memiliki harga cukup tinggi dibandingkan lantai lainnya. Namun jika anda memang ingin memiliki hunian yang membuat tetangga anda terkesan, inilah jenis lantai tersebut. Selain itu, marmer juga dapat dibersihkan dengan mudah, serta perawatan yang juga tidak sulit.

Tips 2 : Memilih Lantai Sesuai Fungsi Ruangan

memilih lantai sesuai fungsi ruangan
memilih lantai sesuai fungsi ruangan

Tiap ruangan memiliki fungsi masing-masing, begitu pula dengan lantai yang digunakan pada ruangan tersebut, mana yang paling cocok? simak berikut ini:

Lantai Untuk Ruang Tamu

Untuk ruang tamu, lantai yang paling cocok yaitu marmer atau lantai kayu. Hal ini tentunya karena tampilan yang dimiliki kedua jenis lantai yang elegan dan mewah ini. Tentu anda ingin tamu anda terpukau dengan lantai rumah anda bukan? Jadi inilah lantai yang sangat direkomendasikan untuk ruang tamu anda.

Lantai Untuk Ruang Keluarga

Suasana hangat dan santai adalah hal yang paling penting dalam ruangan ini, jadi dengan penjelasan sebelumnya mungkin anda telah mengetahui jawaban nya bukan? Tepat, lantai kayu adalah rekomendasi untuk material lantai di ruang keluarga, karena dapat menghasilkan energi hangat. Namun, jika budget anda terbatas, anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan vinyl.

Lantai Untuk Dapur

Dapur memiliki karakteristik lantai yang pasti basah dan lembab, maka kurang direkomendasikan menggunakan lantai kayu atau vinyl. Disinilah lantai keramik memiliki peran yang sangat penting, selain mudah dibersihkan dari tumpahan-tumpahan zat yang licin dan lembab, lantai keramik pun tahan terhadap air.

Lantai Untuk Kamar Mandi

Sama halnya seperti dapur, tentu kamar mandi adalah sebuah ruangan yang pasti berhubungan dengan air secara langsung dan terus menerus. Maka lantai keramik adalah material yang paling cocok dan tak perlu didebatkan untuk ruangan ini. Namun jika anda bosan dengan keramik, anda bisa menggunakan material granit.

Lantai Untuk Teras Rumah

Yang terakhir adalah teras rumah, impresi dari orang lain saat melihat teras rumah merupakan hal yang penting. Jadi alangkah baiknya jika anda menggunakan Marmer atau Lantai kayu untuk teras rumah. Tenang saja, lantai kayu outdoor atau Decking dibuat khusus untuk outdoor lho. Jadi anda tidak perlu khawatir soal jenis kayu yang digunakan, karena berbeda dengan jenis yang digunakan untuk lantai kayu indoor. Untuk lengkapnya, anda bisa membaca perbedaan produk lantai kayu di Perbedaan Lantai Kayu Parket Flooring dan Decking Kayu

Baca Juga : Jenis Lantai Terbaik Untuk Restoran

Tips 3 : Memilih Lantai Sesuai Tema/Design Bangunan

memilih lantai sesuai tema bangunan
memilih lantai sesuai tema bangunan

Tips yang terakhir adalah memilih lantai yang paling sesuai dengan desain rumah anda. Tentunya ini menunjang agar desain dan tema rumah anda menonjol. Contohnya jika rumah anda memiliki tema natural dan sejuk, lantai kayu dan vinyl bisa menjadi solusi. Atau jika hunian anda memiliki desain industrial, monochromatic, ataupun minimalis, marmer dan lantai yang memiliki corak tersendiri akan sangat baik.

Intinya, penggunaan material lantai memang tidak bisa diaplikasikan pada seluruh jenis hunian, dan disinilah anda harus memilih mana yang terbaik dan cocok untuk rumah anda. Karena jika salah, bukan hanya rugi, namun tentunya rumah anda terlihat sedikit aneh.

Itulah ketiga tips utama memilih material lantai rumah yang dapat anda coba. Sangat direkomendasikan untuk tidak terburu-buru memilih hal ini, demi hasil yang maksimal. Terimakasih telah membaca!

(Visited 28 times, 1 visits today)
Scroll to Top
Open chat
Hallo
Ada yang bisa saya bantu?
%d bloggers like this: