inilah harga untuk membangun rooftop

Menghabiskan sore dengan bersantai di dek rooftop rumah anda sendiri memang tidak ada bandingannya. Baik itu berada di distrik pusat kota atau di tengah pedesaan, sebuah dek rooftop akan memberi Anda pemandangan fantastis dalam kenyamanan rumah Anda.

Namun, membangun dek atap atau rooftop bisa menjadi tantangan tersendiri, Terutama jika Anda memiliki atap miring. Ada banyak hal penting yang perlu dipertimbangkan, seperti integritas struktural atap Anda dengan penambahan bobot dek.

Jika anda sedang berfikir untuk membangun sebuah taman rooftop kecil diatap rumah anda, berarti anda sedang membaca artikel yang sangat tepat. Karena pada ulasan kali ini kami akan membahas sedikit tentang cara membangun rooftop serta contoh luas rooftop dan anggaran yang diperlukan. Penasaran bukan? mari kita ulas berikut ini:

Cara Membangun Rooftop

cara membangun rooftop
cara membangun rooftop

Rooftop atau taman dek atas merupakan hal yang sangat indah dan juga menyenangkan untuk berada di area hunian kesayangan anda. Fungsi nya bisa berbagai macam, bisa menjadi taman, kolam renang, atau menjadi tempat bersantai sambil meminum teh atau kopi pada sore hari. Namun khusus pada ulasan kali ini akan membahas tentang rooftop ruang bersantai saja, karena jika membangun kolam renang atau taman, perhitungan biaya dan luas juga harus diukur oleh profesional.

Perhitungan kali ini mari kita gunakan rata-rata luas area rooftop pada sebagian besar rumah di Indonesia, yaitu 10m x 15m. Yang mana ukuran ini sudah termasuk sangat ideal bagi rooftop ruang bersantai, dan tentu dengan ukuran seluas ini anda sudah bisa menggunakan material terbaik untuk dipasangkan pada rooftop anda.

Material Yang Digunakan Untuk Membuat Rooftop

kelebihan decking kayu rooftop

Rooftop merupakan bagian outdoor, yang berarti ruangan ini memiliki resiko tinggi untuk terkena sinar matahari sepanjang hari ataupun terkena air hujan. Maka dari itu, rekomendasi pijakan kaki atau lantai yang dipasangkan pada rooftop yaitu Lantai Kayu.

Kenapa lantai kayu? tentu saja karena kekuatan serta kenyamanan yang ditawarkan oleh jenis produk satu ini dibandingkan dengan lantai keramik yang licin. Selain tidak licin, lantai kayu juga memiliki tampilan yang lebih menawan serta lebih awet dibandingkan jenis material lantai lainnya.

Lantai Kayu untuk Outdoor? Memang bisa? Tentu saja bisa, karena jenis lantai kayu yang digunakan untuk outdoor berbeda dengan yang digunakan untuk indoor seperti parket atau flooring. Lantai kayu Outdoor atau biasa disebut sebagai Decking adalah jenis lantai kayu yang dikhususkan untuk area luar. Juga, jenis kayu yang digunakan untuk lantai kayu outdoor berbeda dengan indoor, kayu-kayu tersebut adalah:

  • Kayu Ulin
  • Kayu Merbau
  • Kayu Bengkirai
  • Kayu Keruing

Keempat kayu tersebut adalah kayu-kayu terbaik yang memiliki kekuatan serta ketahanan berkualitas tinggi. Maka dari itu memang tidak sembarang kayu yang dapat dijadikan lantai kayu outdoor. Dari yang memiliki kualitas paling tinggi seperti kayu Ulin hingga kualitas menengah seperti bengkirai atau keruing.

Untuk lebih informasi lebih lengkap tentang decking kayu, anda bisa membacanya di 5 Jenis Lantai Outdoor Terbaik

decking merbau untuk outdoor
decking merbau untuk outdoor

Lantas, kayu apa yang sering dipakai untuk area outdoor? Jika anda bertanya tentang rekomendasi pribadi, kami merekomendasikan Kayu Merbau, alasannya karena tentu Merbau ini memiliki harga yang tidak terlalu mahal dibandingkan kayu Ulin, namun tetap dengan kualitas yang sangat baik dan juga tampilan nya yang menawan. Coklat Kemerahan adalah warna yang dimiliki Kayu Merbau, membuat rooftop anda terlihat elegan dan juga eksotis.

Biaya Yang Diperlukan Untuk Membuat Rooftop

decking kayu untuk rooftop
foto proyek asli kami menggunakan decking kayu

Nah kini waktunya kita untuk berhitung tentang berapa biaya yang mesti dikeluarkan untuk membuat rooftop dengan alas lantai kayu merbau. Seperti yang telah disinggungkan sebelumnya, mari kita memakai contoh rooftop dengan luas 10m x 15m. Namun, perlu diingat simulasi biaya berikut ini diluar proses pengacian.

Dimulai dengan harga Decking Merbau berukuran 1,9 x 9 x 100-410cm yaitu Rp. 450.000 /m², dan biaya pemasangan Decking Rp. 150.000 /m². Mari kita kalkulasikan, anda membutuhkan Decking Merbau sebanyak 150m² + bantalan 25% dari kebutuhan decking yaitu seharga Rp. 84.375.000+ 22.500.000 (biaya pemasangan). Anda tidak perlu khawatir tentang biaya finishing ataupun hal lainnya karena dengan total biaya Rp. 106.875.000 , anda sudah All-in. Bantalan tersebut bertujuan untuk landasan utama decking yang akan dipasangkan sehingga lantai kayu pada rooftop anda nantinya semakin padat, rapat dan tentunya aman. Namun perlu diingat bahwa harga tersebut merupakan hanya estimasi saja.

biaya rooftop kayu

Tentu jika dikatakan memang bukan harga yang murah untuk sebuah lantai rooftop, namun jika kita kembali pikirkan tentang keawetan dan juga nilai estetika yang didapat, ini adalah sebuah investasi. Terlebih lagi jika suatu saat anda hendak menjual rumah tersebut, harga yang anda dapat tawarkan juga akan melambung tinggi.

Bagaimana? Sudahkah anda tertarik dengan rooftop yang nyaman dan indah ini? Demikianlah pembahasan kita kali ini tentang bagaimana cara membuat rooftop dan biaya yang diperlukan untuk membuat rooftop. Jika anda tertarik atau ingin mengetahui lebih lanjut tentang biaya, anda bisa menghubungi marketing kami yang tertera pada homepage lantai-kayu.co.id, atau dengan nomer whatsapp berikut ini:

0811-212-031 (Ibnu)

(Visited 370 times, 2 visits today)
Scroll to Top
Open chat
Hallo
Ada yang bisa saya bantu?
%d bloggers like this: