jenis-jenis lantai terbaik untuk rooftop

Desain rumah 2 lantai dengan adanya rooftop dibagian atas saat ini kian banyak disukai oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia. Bagaimana tidak? kehadiran sebuah rooftop di sebuah bangunan atau hunian memang sangat menyenangkan, memiliki kebanggaan tersendiri.

Bagi kalian yang berencana ingin membangun rooftop atau yang sudah memilikinya, terdapat beberapa langkah dalam mempercantik tampilannya hanya dengan menggunakan material penutup lantai pilihan. Saat ini, hanya beberapa saja yang bisa diterapkan ke dalam rooftop hunian, tidak semua jenis lantai bisa dipakai untuk kebutuhan rooftop.

Rekomendasi Lantai Rooftop Hunian

Dari sekian banyaknya jenis material lantai yang kita ketahui, hanya beberapa saja cocok kriterianya untuk diterapkan pada rooftop. Setidaknya saat ini terdapat 3 jenis lantai yang bisa kita aplikasikan ke area rooftop dirumah. Diantarannya yaitu :

  • Decking kayu outdoor
  • Lantai keramik
  • Lantai batu alam

Ketiga jenis pentup lantai diatas sangat rekomendasi, mengapa? karena dari segi kualitasnya sangat mumpuni. Baik dari segi ketahanan maupun keawetannya. Mengingat medan rooftop yang tidak biasa karena akan terkena pancaran sinar matahari secara langsung dan akan terkena curah hujan.

Baca juga : Inilah harga dalam membangun sebuah rooftop

Ini dia penjelasan tentang lantai rooftop : 

Decking Kayu Solid Outdoor

Decking kayu atau lantai kayu outdoor ini difungsikan sebagai penutup lantai dibagian luar ruangan karena memiliki kualitas yang sangat tinggi. Hal ini didapat karena decking kayu terbuat dari jenis kayu pilihan terbaik seperti kayu ulin, bengkirai, keruing dan merbau.

decking kayu outdoor sering dipergunakan untuk area rooftop

Sehingga decking kayu solid dapat bertahan dari pancaran sinar matahari dan kuat tidak mudah rusak meski terkena curah hujan secara terus menerus, tidak seperti decking PVC yang notabene nya terbuat dari bahan plastik.

Terlebih lagi jika kalian menggunakan decking kayu ulin. Yang dimana jenis kayu tersebut masuk ke dalam 10 kayu terkeras didunia, dengan kualitas keawetan kelas I. Keunikan dari decking kayu ini dibekali dengan fitur anti slip pada bagian atas permukaannya, sehingga tidak akan terpeleset bila berjalan diatas lantai decking.

Baca juga : 5 jenis Decking kayu outdoor Terbaik

Lantai batu alam

Selain decking kayu outdoor, kalian juga bisa mengandalkan lantai batu alam untuk digunakan sebagai penutup lantai di area rooftop. Kenapa begitu? karena jenis lantai yang satu ini terbuat dari bebatuan alam yang sudah bisa dipastikan bahwa kualitasnya bukan kaleng-kaleng.

lantai batu alam bisa dijadikan pilihan untuk lantai rooftop

Lantai batu alam ini mempunyai tekstur yang agak kasar. Dari segi kualitasnya cukup bagus, bahkan dapat bertahan lama hingga bertahun-tahun dan sangat kokoh. Dengan tekstur yang sedikit kasar dan kualitas yang sangat baik menjadikan lantai batu alam ini sangat cocok digunakan untuk keperluan lantai di rooftop bangunan.

Lantai keramik

Selanjutnya, ada lantai keramik nih bisa kita pakai untuk kebutuhan area rooftop. Pastinya kalian sudah tidak asing kembali dengan jenis lantai yang satu ini bukan? mengingat lantai keramik sudah populer dan best seller dipasaran.

lantai keramik bisa menjadi andalan untuk menutupi lantai di area rooftop

Jenis lantai yang terbuat dari tanah liat dan campuran glazur ini memiliki kualitas yang cukup bagus, baik dari segi keawetan maupun ketahannya. Bahkan tersedia varian motif yang beragam pada permukaanya, sehingga tidak akan terlihat membosankan bila kita terapkan di sekitar rooftop rumah.

Apakah lantai keramik licin? Terdapat beberapa jenis lantai keramik yang tidak licin, biasanya jenis lantai keramik yang tidak licin ini digunakan untuk menutupi lantai di area kamar mandi. Oleh sebab itu, lantai keramik bisa juga digunakan untuk area rooftop hunian.

Baca juga : Bosan dengan tampilan lantai keramik? ini dia alternatifnya

Bagaimana, sudahkah kalian menentukan jenis lantai mana yang akan digunakan untuk rooftop dirumah?

Jika diantara kalian masih bingung atau kurang begitu suka dengan ketiga jenis lantai diatas, dan ingin menentukan jenis material lantai lain. Maka jangan lupa untuk mengetahui beberapa tips memilih lantai untuk rooftop bangunan terbaik. Penasaran? simak ulasannya berikut ini :

Kriteria Lantai Untuk Roftoop

Tidak licin/anti slip

lantai untuk rooftop tidak boleh licin

Bila kalian ingin mencari jenis lantai untuk rooftop pastikan lantai tersebut tidak licin. Karena nantinya akan sangat merugikan, baik dari segi kenyamanan maupun keamanannya. Terlebih lagi jika anak-anak bermain di area rooftop atau orang lansia.  Maka dari itu, pilihlah material lantai yang tidak berpotensi tinggi akan kelicinannya.

Awet & kuat

lantai untuk rooftop harus kuat dan awet

Selain anti slip, kita juga harus mempertimbangkan hal lain berupa kualitasnya. Memilih jenis lantai yang akan digunakan untuk rooftop harus mempunyai kualitas yang bagus. Mengingat area rooftop nantinya akan terkena sinar matahari secara langsung dan tetesan air hujan.

Oleh karena itu, material lantai yang berkualitas tinggi sangat diperlukan dalam membangun rooftop hunian yang ciamik dan struktural.

Baca juga : Tips Memilih Lantai Yang Tepat Untuk Hunian

Tampilannya bagus

lantai untuk rooftop harus tampilannya bagus

Jika soal penampilan itu tergantung selera masing-masing. Hanya saja, agar tampilan rooftop benar-benar terlihat indah dan terkesan mewah diperlukan jenis lantai yang mendukung akan hal tersebut. Sebab nantinya unsur lantai akan sangat mendukung dalam pembentukan karakter sebuah rooftop.

Bagi Anda yang tertarik ingin memasang lantai kayu outdoor untuk rooftop minimalis, bisa langsung menghubungi pihak marketing kami untuk berkonsultasi perihal harga decking, detail produk beserta biaya pasang lantai parket outdoor. Di bawah ini :

Ibnu : 0811-212-031

Free Survei & Konsultasi

 

Demikian untuk ulasan kita kali ini, semoga pembahasan di atas dapat bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari jenis lantai terbaik untuk rooftop hunian dan bermanfaat untuk keperluan lainnya. Terimakasih telah membaca artikel ini hingga akhir penutupan. Wasalam…

(Visited 77 times, 1 visits today)
Scroll to Top
Open chat
Hallo
Ada yang bisa saya bantu?
%d bloggers like this: