deretan jenis lantai terbaik untuk kamar mandi

Lantai kamar mandi – Kamar mandi merupakan salah satu tempat yang paling krusial dan wajib ada kehadirannya didalam sebuah hunian, karena tempat tersebut untuk kita membersihkan diri dan melakukan aktivitas lainnya yang bersifat private atau pribadi.

Dikarenakan kamar mandi ini sangat penting, untuk itu kita harus membangun atau merenovasinya sebaik mungkin. Terlebih lagi pada lantainya. Seperti yang kita ketahui, bahwa lantai kamar mandi tidak boleh licin karena nantinya akan sangat berbahaya.

Selain berbahaya, lantai kamar mandi yang licin juga tidak nyaman untuk digunakan. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai deretan jenis lantai terbaik untuk kamar mandi. Penasaran? yuk simak ulasannya dibawah ini :

Rekomendasi Lantai Kamar Mandi Terbaik

Dari sekian banyaknya jenis lantai yang kita ketahui, hanya beberapa saja yang masuk kriterianya sebagai penutup lantai kloset atau kamar kecil. Setidaknya terdapat 5 jenis lantai yang cocok diterapkan ke area jamban, diantaranya yaitu :

1. Lantai keramik kesat

Merk keramik apa yang yang tidak licin? keramik kesat.

jenis lantai keramik yang tidak licin

Lantai keramik merupakan alternatif pilihan yang cukup tepat dalam memilih lantai untuk kamar mandi, terutama porselen. Karena selain permukaannya yang kesat tetapi juga tahan terhadap air. Corak atau motif yang dimiliki lantai keramik juga sangat bervariasi, sehingga kita bisa menyesuaikan dengan desain kamar mandi atau sesuai selera.

Jenis lantai yang terbuat dari tanah liat dan glazur ini sudah cukup sering kita lihat dan tidak jarang dipergunakan didalam kamar mandi. Dengan harga yang cukup terjangkau, tidak berpotensi licin, punya bentuk yang beragam dan tampilan yang dapat menyesuaikan dengan ruang kamar mandi. Membuat lantai keramik bisa dijadikan opsi sebagai penutup lantai di kamar mandi anti licin.

Baca juga : Alternatif pilihan terbaik selain keramik

2. Decking kayu

selanjutnya yaitu decking kayu atau lantai kayu outdoor. Memangnya bisa lantai kayu di aplikasikan pada kamar mandi? jika lantai kayu tipe indoor itu jelas tidak bisa, tetapi lantai kayu outdoor atau decking kayu ini bisa kita terapkan ke area kamar mandi lho.

lantai kayu kamar mandi

Decking kayu jika dipakai untuk lantai kamar mandi apakah kuat dan tidak licin? jawabanya iya, karena deck wood tersebut terbuat dari kayu pilihan terbaik dan berkualitas tinggi dan dibekali fitur anti slip pada bagian permukaannya sehingga tidak akan berpotensi licin.

Selain kokoh, awet dan tidak licin. Tetapi decking kayu juga mempunyai tampilan yang sangat memukau dan terlihat elegan, hal ini lantaran dari penampilan corak kayu yang dipakai. Meskipun harga decking kayu outdoor ini cukup mahal akan tetapi sebanding dengan kualitas dan tampilannya.

Informasi selengkapnya : Harga Decking Kayu Outdoor & Biaya Pamasangannya 2021

3. Ubin batu alam

Selain decking kayu, terdapat salah satu jenis lantai yang cocok dijadikan lapisan luar kamar mandi yaitu lantai batu alam atau granis. Jenis lantai yang satu ini terbuat dari bebatun alami, seperti namanya yakni batu alam. Cocok nih bagi kalian yang menyukai dengan tampilan lantai kamar mandi motif batu.

lantai batu alam kamar mandi

Ubin batu alam ini selain cocok sebagai pelapis dinding rumah, tetapi juga bisa kita jadikan sebagai penutup lantai dikamar mandi, sebab karakter yang kuat dan tahan air serta permukaannya yang agak kasar sehingga tidak tidak licin.

Jika ingin memakai lantai batu alam ini di kamar mandi, siapkan saja budget yang lumayan tinggi karena harga ubin batu alam sendiri dibandrol dengan harga yang cukup mahal.

4. Lantai semen

Alternatif lantai kamar mandi bisa kita gunakan selain keramik, decking dan juga batu alam yaitu lantai semen atau unpolished concrete. Konon kabarnya, lantai semen ini adalah material penutup lantai yang paling tahan terhadap air sehingga kecil kemungkinan tidak akan rusak.

alternatif lantai kamar mandi terbaik

Tampilannya yang seperti lantai batu alam, membuat lantai semen ini satu satunya inspirasi lantai kamar mandi yang layak di pertimbangkan dan menjadi alternatif pilihan terbaik selain decking kayu outdoor atau keramik kesat.

Akan tetapi, lantai semen ini meskipun ia sifatnya dapat bertahan dari air tetapi berpotensi licin. Walaupun tingkatan licinnya tidak terlalu parah, alangkah lebih baiknya berhati-hati ketika sedang berjalan diatas lantai semen atau menggunakannya.

5. Lantai tegel

Lantai tegel selain sering dipakai untuk area dapur, ruang keluarga dan juga teras rumah, tetapi lantai tegel ini juga bisa digunakan di area kamar mandi lho. Tekstur permukaannya yang sedikit agak kasar membuatnya tidak terlalu licin dan cukup tahan terhadap air.

lantai tegel kamar mandi modern

Corak dan warna yang beragam membuat lantai tegel klasik ini bisa disesuaikan dengan konsep kamar mandi yang kalian gunakan atau sesuai dengan selera.

Baca juga : Cara Memilih Lantai Yang Tepat


Apakah lantai vinyl tidak termasuk kedalam lantai kamar mandi?

Lantai vinyl meskipun dilapisi layer atau lapisan water resistance, tetapi tetap tidak tahan terhadap air sepenuhnya. Lantai vinyl ini lebih cocok di aplikasikan di ruang dapur.

Sebetulnya bisa-bisa saja sih lantai vinyl ini kita terapkan ke area kamar mandi, cuman pada bagian area kamar mandi yang jarang terkena tetesan air.

Tips Mengatasi Kamar Mandi Yang Licin

tips mencegah lantai kamar mandi licin

Kita tahu bahwa lantai kamar mandi yang licin itu sangat mengganggu dan berbahaya ketika dipakai. Akan tetapi, bukan berarti tidak bisa dicegah atau diatasi. Karena terdapat beberapa cara dalam mencegah kamar mandi yang licin nih. Simak ulasannya dibawah ini :

Rutin membersihkan kamar mandi

Salah satu cara yang paling tepat dalam mengatasi kamar mandi yang licin yaitu sering-sering membersihkan permukaan lantai kamar mandinya. Karena jika tidak rajin dalam membersihkan kamar mandi, maka besar kemungkinan lantainya akan bersifat licin. Meskipun kita sudah memakai lantai anti licin.

cara ampuh mencegah lantai kamar mandi yang licin

Setidaknya bersihkanlah kamar mandi seminggu sekali atau paling lama 2 minggu sekali. Kita bisa menggunakan produk pembersih lantai yang tersedia di toko-toko. Gosokan produk pembersih lantai tersebut pada permukaan lantai secara menyeluruh. Dengan begitu lantai kamar mandi selain bersih tetapi juga tidak licin, wangi dan aman ketika digunakan.

Baca juga : Tips Merawat Lantai Kayu

Bahan-bahan apa saja yang bisa kita pakai untuk membersihkan lantai kamar mandi?

Selain menggunakan produk pembersih lantai, kita juga bisa memakai bahan-bahan alami untuk membersihkan permukaan lantai kamar mandi. Diantaranya :

Memakai cuka

Cuka memang dikenal ahli dalam berbagai urusan rumah tangga, termasuk dalam membersihkan lantai pada kloset atau kamar mandi.

cuka merupakan bahan alami yang bisa dijadikan pembersih lantai

Cara menggunakannya cukup mudah, kita hanya perlu menyemprotkan cuka secara menyeluruh pada lantai jamban hingga masuk ke sela-sela lantai, lalu diamkan selama 10-15 menit, kemudian bilas atau siram menggunakan air biasa dan diamkan kembali selama 2 menit, setelah itu siram menggunakan air hangat.

Menggunakan baking soda

Selain cuka, baking soda juga sangat ampuh dalam hal membersihkan permukaan lantai, terutama pada lantai kamar mandi. Cara memakainya sangat simple.

baking soda bisa membersihkan lantai kamar mandi

Taburkan baking soda secara menyeluruh pada area kamar mandi, lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit. Jika dirasa sudah cukup, kemudian sikat permukaan lantainya hingga bersih. Setelah itu siram menggunakan air biasa.

Bagaimana mudah kan?

Demikianlah ulasan kita kali ini mengenai daftar jenis lantai terbaik untuk kamar mandi dan sekaligus langkah-langkah dalam mengatasi lantai kamar mandi yang licin. Semoga pembahasan diatas dapat bermanfaat ya. Terimakasih.

(Visited 9 times, 1 visits today)
Scroll to Top
Open chat
Hallo
Ada yang bisa saya bantu?
%d bloggers like this: