cara mengatasi lantai kayu licin

Bisakah lantai parket menjadi licin ? Memang secara alami lantai kayu ini tidaklah licin, Fenomena licin lantai kayu sangatlah jarang ditemukan. Namun kadang karena perawatan yang tidak sesuai dengan prosedur semestinya bisa menjadikan lantai kayu atau ubin parket ini licin.

Lantai yang licin memang sangat mengganggu aktivitas kita ketika didalam rumah dan akan sangat membahayakan bila terjatuh atau terpeleset, terlebih lagi jika dirumah terdapat seorang anak kecil atau lansia. Maka kekhawatiran akan selalu menyertai kita. Akan tetapi kalian tidak perlu khawatir, solusi mengatasi lantai kayu yang licin terbilang cukup mudah.

Sebelum kita mengatasi lantai parket yang licin, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu penyebab kenapa lantai kayu dirumah bisa licin? Simak ulasannya berikut ini :

Penyebab Lantai Parket Menjadi Licin & Cara Mengatasinya

Tertumpah cairan yang bersipat Licin

tertumpah cairan licin menjadikan ubin parket licin

Minyak merupakan bahan yang sangat licin. Resiko tumpahan minyak lebih besar terjadi di dapur sehingga jika ubin parket anda licin dan ubin parket tersebut kebetulan terpasang di area dapur, tumpahan minyak ini bisa menjadi penyebab parket menjadi licin.

Solusinya, Bersihkan lantai dengan menggunakan campuran air dan deterjen secara perlahan, agar cairan ini tidak menyerap ke bagian dalam parket yang bisa mengakibatkan lantai cepat rusak.

Lap secukupnya saja di area lantai yang dirasa licin untuk mengembalikan kondisi lantai.

Setelah itu lakukan perawatan lantai kayu sesuai dengan apa yang telah kami anjurkan.

Baca selengkapnya : Cara merawat lantai kayu parket agar bisa bertahan hingga puluhan tahun

Menggunakan bahan poles kayu sembarangan

bahan poles sembarangan ubin parket licin

Memoles kayu pada furniture dan pada lantai berbeda, jangan sampai memoleskan bahan polesan untuk furniture ke lantai kayu karena bisa membuatnya menjadi licin.

Pemolesan menggunakan bahan polesan memang membantu tampilan lantai kayu pada hunian menjadi lebih kinclong. Akan tetapi jika kita sembarangan memoles lantai kayu dengan bahan yang tidak sesuai, maka akan mengalami beberapa masalah. Salah satu masalahnya adalah lantai menjadi licin.

Solusinya, Gunakan bahan polesan dan finishing kayu yang sudah dianjurkan kegunaannya untuk lantai kayu karena polesan khusus lantai kayu tidak hanya menjadikan lantai mengkilap, tetapi akan menjaga lantai dari goresan ringan dan licin.

Mungkin saja Kaki anda yang Licin ?

Ini juga bisa terjadi, baik itu licin karena Debu atau karena air sebaiknya bersihkan kaki terlebih dahulu sebelum masuk ke ruangan. Tidak hanya yang berlapis parket kayu melainkan ruangan apa saja, lengkapi ruangan tersebut dengan keset agar kebersihan ruangan terjamin dan juga menghindari licin pada lantai hunian.

mengatasi ubin kayu Licin

Bagaimana, apakah lantai kayu anda sudah mulai tidak licin ?

sangat mudah untuk mengatasi lantai kayu Licin karena memang sejatinya lantai kayu itu tidak licin dan itu merupakan kelebihan dari lantai kayu.

selain licin, lantai kayu juga lebih nyaman karena dapat menyerap panas ketika panas, dan bisa memberikan kehangatan ketika cuaca sedang dingin.

Tetapi memilih lantai tidaklah sembarangan, diperlukan ketelitian dan ketepatan agar nanti anda gak salah membeli lantai kayu.

Baca selengkapnya : Bagaimana memilih lantai kayu yang bagus ? ini tipsnya

Mau Lantai Kayu Mengkilap Dengan Awet?

Setelah kita mengatasi lantai kayu yang licin, selanjutnya agar tampilan lantai kayu parket dirumah Anda selalu terlihat kinclong, fresh seperti baru di pasang. Maka yang Anda perlukan yaitu melakukan tips-tips berikut ini :

Jangan biarkan debu menempel pada lantai kayu terlalu lama

agar lantai kayu mengkilap harus sering dirawat & bersihkan

Salah satu cara agar lantai kayu dirumah terlihat mengkilap dan selalu bersih yaitu dengan cara rutin membersihkan lantai seperti di sapu. Untuk lantai kayu sendiri cukup hanya disapu, jangan terlalu sering di pel karena akan merusak permukaan lantai parket. Dan yang terpenting, bila kedapatan debu yang menempel pada permukaan lantai kayu segera untuk dibersihkan. Dengan begitu, lantai kayu dirumah Anda akan selalu bersih dan kinclong setiap harinya.

Hindari lantai kayu dari sinar matahari secara langsung

hindari lantai kayu dari sinar matahari secara langsung

Dalam segi penempatan, alangkah lebih baiknya jika Anda mempertimbangkan terlebih dahulu jika ingin memasang lantai kayu pada ruangan. Jangan sampai ruangan yang Anda pilih untuk diterapkan lantai kayu parket ternyata kontak langsung dengan paparan sinar matahari. Hal ini tentunya tidak disarankan, mengingat lantai kayu sendiri akan cepat terlihat kusam atau memudar bila terkena sinar UV secara langsung dalam kurun waktu yang cukup lama.

Lakukan coating ulang pada lantai kayu

memperbaharui warna lantai kayu

Bagaimana cara mengatasi lantai kayu yang kusam? Bila warna permukaan lantai kayu dirumah Anda sudah terlihat kusam atau memudar maka solusi untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan cara mengcoating ulang atau memperbaharui warna lantai kayu tersebut. Proses waxing atau coating ulang adalah penyiraman lantai kayu agar terlihat mengkilap kembali dan terjaga warna khasnya.

Biasanya warna permukaan lantai kayu yang memudar itu sudah dalam masa pemakaian 2-3 tahun, atau bisa juga dalam kurun waktu 1 tahun bila memang kondisi lantai kayu yang dipakai jarang terawat dengan baik. Maka dari itu, solusinya agar lantai kayu mengkilap dengan cara coating ulang dan jangan lupa untuk merawat lantai parket kayu tersebut dari paparan sinar matahari secara langsung dan membersihkan debu yang menempel.

Informasi selengkapnya seputar harga lantai kayu atau parket lantai, bisa langsung berkonsultasi dengan pihak marketing kami di bawah ini :

Ibnu : 0811-212-031

Demikian ulasan kita kali ini mengenai permasalahan lantai kayu licin, kejadian ini sebetulnya jarang sekali terjadi karena umumnya lantai kayu tidak licin. Akan tetapi bila lantai kayu dirumah Anda licin semoga saja dengan adanya pembahasan diatas ini dapat membantu menyelesaikan permasalahannya. Cukup sekian dan terimakasih.

(Visited 329 times, 1 visits today)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Open chat
Hallo
Ada yang bisa saya bantu?
%d bloggers like this: