mengenal kayu aras atau kayu cedar di Indonesia

Mengenal Kayu Cedar – Olahan kayu solid memang sering kali dipakai untuk dimanfaatkan oleh manusia guna memenuhi berbagai keperluan dibidang kontruksi, industri furniture atau mebel dan tak jarang pula digunakan sebagai elemen dekorasi hunian.

Kayu solid memang banyak jenisnya, namun dari sekian banyaknya jenis kayu solid yang kita ketahui. Tak banyak yang bisa dimanfaatkan sebagai olahan produk berkualitas seperti furniture, parket, veneer, dekorasi interior dan eksterior rumah. Hanya beberapa jenis kayu saja.

Terdapat salah satu jenis kayu yang cukup unik dan menarik yakni kayu cedar, jenis kayu yang satu ini menjadi simbol negara Libanon sehingga orang-orang menyebutnya sebagai Cedar Of Lebanon. Sedangkan di Indonesia sendiri, kayu ini dikenal dengan sebutan kayu aras. Penasaran seperti apa karakteristik kayu cedar beserta plus minus dan manfaatnya? simak ulasannya dibawah ini :

Pohon Cedar

Pohon cedar atau aras ini merupakan tumbuhan yang memiliki nama ilmiah Cedrus Libani yang berasal dari negara Lebanon atau lebih tepatnya di wilayah Mediterania, di daerah pegunungan. Ciri-ciri pohon cedar ini mempunyai batang dan cabang dengan jumlah yang banyak dan memiliki sifat kayu yang kuat.

asal muasal pohon cedar dan unsur magisnya

Selain itu, pohon cedar ini mempunyai aroma yang sangat wangi karena terdapat kandungan resin yang cukup tinggi didalamnya. Dan uniknya, kayu cedar ini memiliki motif kayu yang khas dan terlihat menarik.

Tinggi pohon cedar bisa mencapai 30-60 meter dengan diameter batang sekiatar 2 meter, memang cukup tinggi dan besar. Sehingga ketika melihatnya dapat membuat kita terkagum-kagum. Umumnya pohon cedar ini dapat tumbuh dengan baik di daerah pegunungan dengan ketingan 1000 meter dari permukaan laut.

Karakteristik Kayu Cedar

Secara alami, kayu cedar ini memiliki tampilan warna coklat tua dan krem muda dengan didukung warna putih pada kedua sisinya. Namun terdapat pula cedarwood yang berwarna coklat kemerah-merahan seperti kayu merbau. Hal inilah yang membuat cedar kayu mudah dikenali oleh sebagian besar orang atau produsen.

mengenal karakteristik kayu cedar atau aras

Kayu cedar mempunyai bentuk garis lurus secara vertikal dengan adanya bercak hitam bekar dari batang pohon atau dahanya. Seperti yang kita ketahui bahwa pohon cedar punya banyak dahan dan batang dengan jarak yang cukup berdekatan. Sehingga corak hitam akan selalu ada pada bagian kayu cedar yang akan menambah nilai keindahan.

Dari segi kualitas, kayu cedar mempunyai tingkat kekerasan kelas I dengan tingkat keawetan kelas I, hampir mirip dengan kayu ulin. Bahkan kayu cedar mampu bertahan hingga puluhan tahun dan tidak mudah rusak.

Baca juga : Karakteristik Kayu Oak

Kelebihan kayu aras

kelebihan kayu aras atau kayu cedar di Indonesia

Seperti pada kayu kebanyakan yang memiliki nilai plus minusnya, begitupun pada kayu aras atau kayu cedar ini. Namun hebatnya, lebih banyak keunggulan dibanding kelemahannya. Contohnya seperti dibawah ini :

  • Kayu cedar mampu bertahan di berbagai musim

Tahukah kalian, bahwa kayu cedar ini dapat bertahan di segala musim atau cuaca, baik musim dingin maupun panas. Bahkan ketika musim salju pun tidak akan mempengaruhi kekuatan dari kayu cedar itu sendiri. Cukup hebat bukan? Hal ini lantara kayu cedar atau aras mempunyai kandungan resin yang sangat tinggi yang mampu menyerap kelembaban dan aroma tidak sebab disekitarnya.

  • Kayu aras atau cedar tahan rayap

Dikarenakan kayu cedar ini mempunyai tingkat kekerasan yang sangat tinggi dan terdapat aroma wangi yang khas, sehingga rayap atau kutu kayu enggan untuk memakannya. Terlebih lagi adanya kandungan resin yang tinggi yang mampu mencegah tumbuhnya jamur.

  • Kayu khas Lebanon ini mudah dibentuk dan diolah

Meskipun memiliki tingkat kekerasan yang tinggi, namun pada umumnya kayu cedar atau aras ini mudah dalam hal pengolahannya dan tidak sulit untuk dibentuk sesuai keinginan. Sebab kayu cedar mempunyai tekstur yang cukup lunak dan ringan.

  • Punya ukuran kayu yang besar

Seperti yang sudah dijelaskan diawal, bahwasanya kayu cedar dapat tumbuh tinggi mencapai 60 meter dengan diameter batang sekitar 2-3 meter. Sehingga akan sangat mudah mendapatkan kayu cedar dengan ukuran yang besar. Jadi tak heran, jika kayu aras ini dapat dipergunakan untuk berbagai keperluan diberbagai bidang pula.

  • Kayu cedar punya tampilan yang unik dan menarik

Pohon aras mempunyai batang dan dahan dengan jarak yang cukup berdekatan, sehingga menciptakan tampilan corak kayunya sangat khas, unik dan terkesan artistik. Terlebih lagi serat kayu cedar sangat lurus menyerupai kayu kelapa atau kayu merbau.

Kekurangan kayu aras

kekurangan kayu cedar atau kayu aras di Indonesia

Kayu cedar bisa dikatakan hampir mendekati kata sempurna, sebab hanya sedikit kekurangan yang dimilikinya yaitu :

  • Sulit didapatkan di negara Indonesia

Kayu cedar sangat sulit ditemukan terlebih di negara Indonesia, karena memang pada dasarnya kayu aras ini bukan habitatnya di negara tersebut. Kayu khas Lebanon ini akan terdengar cukup asing ditelinga para pengrajin kayu di Indonesia, sehingga kecil kemungkinan kita mendapatkannya. Jika memang ada pun pasti harga mahal dan ukurannya terbatas. Solusinya kita harus impor kayu cedar tersebut dari negara lain.

  • Pertumbuhannya tergolong lambat

Pertumbuhan pohon cedar bisa dibilang cukup lambat, menunggu kayu aras agar tumbuh hingga puluhan meter saja membutuhkan waktu lama bahkan hingga bertahun-tahun.

  • Harga kayu aras mahal

Jenis kayu yang memiliki kualitas tinggi dengan didukung karakteristik yang mumpuni, pastinya harga jualnya mahal. Hal ini pun berlaku pada kayu aras atau cedar, yang dimana selain sulit didapatkan di Indonesia dan pertumbuhannya terbilang lambat, tetapi juga harga kayu cedar ini relatif mahal.

Baca juga : Plus Minus Kayu Trembesi

Manfaat Kayu Cedar

Perlu kalian ketahui, bahwa kayu aras atau kayu cedar ini mempunyai segudang manfaat bagi kebutuhan manusia di segala bidang. Baik di bidang kecantikan, kontruksi, furniture, elemen dekorasi, farmasi dan masih banyak lagi.

Furniture kayu cedar

olahan produk kayu cedar atau aras untuk furniture atau mebel

Memang sudah hal yang biasa, jika olahan kayu solid dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan furniture. Sama halnya pada kayu cedar atau kayu aras ini yang cukup sering dipergunakan untuk memenuhi di bidang industri furniture atau mebel. Seperti meja, kursi, lemari, pintu, kusen jendela, rak, dan perabotan rumah tangga lainnya.

Bahan baku kontruksi

kayu cedar untuk bahan baku kontruksi

Kayu cedar juga tak jarang dipakai untuk dijadikan sebagai bahan baku di bidang kontruksi seperti dipakai untuk membuat kabinet, tiang penyangga, pagar kayu outdoor, dinding kayu hingga dijadikan sebagai rangka atap plafon kayu atau besi.

Ketahanannya yang cukup kuat dan tergolong sangat awet, bahkan bisa bertahan disegala musim dan tahan lama. Membuat kayu cedar ini sangat rekomendasi untuk bahan bangunan atau kontruksi berat maupun ringan. Dibelahan dunia diluar sana sudah memanfaatkan kayu aras ini untuk kebutuhan tersebut.

Lantai parket

wood flooring parquet cedar

Cedar wood flooring cukup populer diberbagai negara diluar sana, terlebih lagi Amerika dan di habitatnya yaitu Lebanon. Sedangkan di Indonesia sendiri jenis lantai kayu yang populer yakni parket kayu jati dan parquet kayu merbau.

Tingkat kekerasan dan keawetan yang dimiliki kayu cedar ini sangat tinggi serta mempunyai tampilan corak yang bagus, sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai lantai parket minimalis yang keren dan bernilai seni tinggi. Sehingga mampu membuat rumah terlihat alami, unik, dan terkesan artistik. Bahkan terdapat pula yang memanfaatkan kayu aras atau cedar ini untuk dijadikan sebagai decking kayu atau lantai kayu outdoor.

Baca juga : Manfaat Kayu Sungkai

Manfaat lain dari kayu aras

manfaat kayu cedar untuk kebutuhan manusia

Selain digunakan untuk memenuhi dibidang kontruksi dan elemen dekorasi interior dan eskterior bangunan atau hunian. Akan tetapi terdapat manfaat lain yang bisa dihasilkan dari kayu cedar ini, diantaranya yaitu :

  • Pengusir serangga
  • Mengatasi jerawat
  • Pewangi alami
  • Anti septik luka
  • Mengatasi rambut rontok

Itulah beberapa manfaat kayu cedar yang saat ini masih digunakan, semoga ulasan mengenai karakteristik kayu cedar dan pertumbuhan pohon aras khas Lebanon ini dapat menambah wawasan kalian ya. Cukup sekian untuk pembahasan kali ini, terimakasih.

(Visited 12 times, 1 visits today)
Scroll to Top
Open chat
Hallo
Ada yang bisa saya bantu?
%d bloggers like this: