mengenal kayu oak dari karakteristik, plus minus, harga & jenisnya

Mengenal Kayu Oak – Seperti yang kita ketahui bahwa olahan kayu solid memang kerap kali dipakai untuk memenuhi berbagai keperluan dibidang tertentu, salah satunya digunakan dalam bidang industri furniture dan kontruksi. Jenis kayu yang cukup terkenal untuk saat ini yaitu kayu jati, karena memang kualitas yang sangat tinggi.

Namun tahukah kalian, bahwa terdapat salah satu jenis kayu solid yang memiliki kualitas dan karakteristik yang cukup bagus, jenis kayu tersebut yaitu kayu oak atau kayu ek. Pernah dengar kayu oak sebelumnya? Wajar saja jika tidak, karena pasalnya pohon oak hanya tumbuh di daerah dingin seperti Amerika, Asia dan Afrika Utara.

Sedangkan di Indonesia sendiri kayu oak cukup langka, jika ada pun pasti harganya sangat mahal dan ukurannya terbatas. Yang menariknya disini ialah mengapa kayu oak sangat begitu banyak diminati oleh berbagai kalangan? apa keunggulannya? simak ulasannya dibawah ini :

Fakta Menarik Tentang Kayu Oak

ciri-ciri pohon oak di Indonesia

 

Kayu oak memang sudah cukup populer di kalangan tertentu berkat tingkat kekerasan yang dimilikinya, semakin tua umur pohon kayu oak maka semakin meningkat juga kualitasnya baik dari segi kekerasan maupun keawetannya. Tinggi pohon oak bisa mencapai 20-35 meter dengan diameter rata-rata sekitar 1,2 meter.

Uniknya kayu oak ini dijadikan sebagai pohon nasional oleh beberapa negara seperti Amerika, Francis, Inggris, Jerman dan Negara lainnya. Umur pohon oak bisa mencapai 200 tahun, diperkirakan terdapat 600 spesies pohon oak yang tersebar di dunia. Namun secara garis besar kayu oak hanya dibedakan menjadi dua jenis yaitu oak putih dan oak merah (White Oak & Red Oak).

Karakteristik kayu oak

Salah satu ciri khas dari kayu oak yaitu memiliki pori-pori yang besar namun bukan termasuk sebagai kayu lunak, tingkat kekerasan kayu oak sendiri kelas II dan tergolong sebagai jenis kayu yang tahan terhadap serangan rayap dan pertumbuhan jamur. Karena memang faktanya kayu oak memiliki kandungan anti rayap dan jamur dalamnya seperti pada kayu jati perhutani atau teak wood.

mengenal karakteristik kayu oak

Namun sayangnya, kayu oak memiliki kekurangan yakni tidak tahan terhadap cuaca panas, jika terkena paparan sinar matahari secara langsung dalam kurun waktu yang cukup lama, maka lambat laun kayu oak akan bengkok karena mengalami penyusutan yang drastis. Sehingga tidak di rekomendasi jika kayu oak dimanfaatkan sebagai elemen dekorasi outdoor atau furniture luar ruangan.

Proses pengolahan kayu oak tergolong cukup sulit, sebab jenis kayu solid yang satu ini meskipun mempunyai tingkat kekerasan yang cukup tinggi namun mudah retak. Jika kayu sudah kering, proses pemotongan kayu oak harus menggunakan pisau gergaji yang tajam karena jika tidak akan mengalami keretakan.

Baca juga : Karakteristik Kayu Kempas

Jenis-jenis Kayu Oak

Karakteristik kayu oak juga didasari dari jenis-jenis, yang dimana terdapat dua jenis kayu oak yaitu white oak dan red oak. Kedua jenis kayu oak ini tentunya memiliki karakteristik yang berbeda namun dengan kualitas yang sama.

1. White oak

White oak atau kayu oak putih ini mempunyai nama latin Querbus Alba dan banyak ditemukan di daerah Amerika Timur. Pohon oak putih ini memiliki ukuran ketinggian yang mencapai 20-25 meter dengan diameter pohon 1,2 meter. Dengan teras kayu berwarna coklat muda dan terkadang kedapatan warna kehijauan.

jenis kayu oak putih

Sedangkan pada bagian gubal kayu oak berwarna coklat terang dan tidak memiliki tampilan yang mirip dengan warna teras kayu. Selain itu, kayu ek putih mempunyai serat kayu alami yang lurus menyerupai kayu merbau dengan tekstur permukaan yang tidak halus alias cenderung agak kasar.

Pengolahan kayu oak terbaik ialah menggunakan gergaji atau mesin potong. Tidak memiliki daya susut yang tinggi setelah proses pengeringan selesai, dan setelah proses pengolahan selesai akan menghasilkan kayu ek putih yang stabil.

2. Red oak

Red oak atau kayu ek merah ini mempunyai nama ilmiah Quercus Rubra dan banyak dijumpai di wilayah Amerika Utara dan Kanada. Tinggi pohon oak merah bisa mencapai 25-40 meter dengan diameter pohon 1,2 meter. Lebih tinggi dari pohon oak putih.

jenis kayu oak merah

Kayu oak merah ini hampir mirip dengan kayu merbau, dari segi warnanya coklat kemerahan dengan serat kayu yang lurus dan teratur. Serta memiliki tekstur permukaan yang cukup kasar. Warna gubal kayu oak merah ini berwarna putih dan tidak terlalu terlihat batasanya dengan warna teras kayu.

Bedanya white oak dengan red oak ini, yaitu kayu oak merah mempunyai pori-pori yang cukup besar dan saling terhubung, sehingga bila kita meniup pada lubang pori oak merah maka akan keluar udara pada lubang pori lainnya. Dan tingkat keawetan kayu oak merah ini tidak sebagus kualitas awet kayu oak putih, bahkan tergolong rendah serta cenderung tidak tahan rayap.

Manfaat Kayu Oak Di Indonesia

manfaat kayu oak di Indonesia

Terdapat beragam manfaat yang bisa dihasilkan oleh kayu oak, diberbagai negara di belahan dunia kayu oak ini sering kali digunakan untuk memenuhi keperluan di bidang kontruksi dan industri mebel atau furniture. Begitu pun sama halnya di Indonesia. Namun yang sedikit berbeda ialah di Indonesia kayu oak atau kayu ek ini lebih cenderung dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan elemen dekorasi hunian.

Furniture indoor & outdoor

Baik kayu oak merah maupun putih, keduanya bisa dimanfaatkan sebagai produk furniture rumah tangga. Namun yang berbeda terdapat pada segi penempatannya. Yang dimana untuk kayu oak merah lebih cocok dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai bahan baku pembuatan furniture indoor, mengingat kualitasnya yang kurang tahan terhadap cuaca panas alias sinar matahari.

furniture kayu oak putih dan merah

Sedangkan kayu oak putih sangat cocok dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai furniture outdoor, mengingat kualitasnya yang cukup bagus. Tahan rayap, memiliki tingkat keawetannya yang tinggi dan bisa bertahan dari perubahan suhu atau cuaca. Hanya saja harga kayu oak putih lebih mahal dibandingkan dengan harga kayu ek merah.

Jenis furniture yang bisa diolah menggunakan kayu oak atau ek yaitu, meja, kursi, lemari, tempat tidur, rak hingga dijadikan sebagai hiasan dinding tembok minimalis. Unik dan terlihat menarik karena karakteristik yang dimiliki kayu oak.

Baca juga : Manfaat Kayu Keruing

Kusen jendela & pintu rumah

kusen jendela dan pintu kayu oak

Selain dimanfaatkan sebagai furniture outdoor dan indoor, kayu oak juga tak jarang dipakai untuk dijadikan sebagai bahan baku pembuatan kusen jendela dan pintu untuk sebuah hunian atau bangunan. Selain kayu manglid, kayu oak juga bisa digunakan sebagai kusen jendela yang kuat dan tahan lama, serta tidak mudah rusak.

Bahkan kayu oak lebih kokoh dan awet ketimbang kayu lain jika dipakai sebagai kusen jendela atau pintu. Tidak hanya rekomendasi namun kayu oak cukup unik untuk dijadikan sebagai kusen jendela minimalis dengan gaya hunian yang mengusung konsep yang sama yaitu minimalis atau modern, klasik hingga industrial.

Lantai parket oak

flooring parquet oak

Selain kayu jati dan merbau yang lebih sering digunakan untuk lantai kayu, tetapi kayu oak juga kerap kali dipakai sebagai lantai parket minimalis yang unik, kuat dan dapat bertahan lama. Lantai kayu oak ini mempunyai tampilan yang sangat khas dan terkesan alami, sama seperti parket jati atau flooring merbau. Proses finishing lantai parket oak juga cenderung mudah dan mampu menghasilkan tampilan lantai kayu oak yang indah yang berkesan hangat.

Namun tentunya, harga lantai kayu oak per meter dijual dengan harga yang cukup mahal. Bahkan lebih mahal dibandingkan dengan harga parket merbau atau jati. Mengingat kayu oak sendiri di Indonesia yang cukup langka dan sudah didapatkan, sekalinya ada pasti harga per meter kubiknya mahal dan ukurannya terbatas. Sehingga alternatif lantai kayu oak, kalian bisa menggunakan lantai kayu jati atau parket kayu merbau.

Baca juga : Daftar Harga Lantai Kayu Per Meter Lengkap & Biaya Pasang

Apakah kalian tertarik ingin menggunakan kayu oak Amerika ini?

Demikianlah ulasan kita kali ini mengenai kayu oak, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari referensi jenis kayu berkualitas untuk dijadikan sebagai furniture, lantai kayu, bahan baku kontruksi dan elemen dekorasi. Cukup sekian dan terimakasih.

(Visited 8 times, 1 visits today)
Scroll to Top
Open chat
Hallo
Ada yang bisa saya bantu?
%d bloggers like this: