mengenal kayu meranti khas Kalimantan

Olahan kayu memang kerap kali di gunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan, baik di bidang kontruksi, furniture, kerajinan maupun interior dan eksterior hunian atau bangunan. Terlebih lagi olahan kayu solid, yang sangat sering dimanfaatkan. Namun tahukah kalian, bahwa terdapat salah satu olahan kayu solid yang cukup banyak diminati dan disukai oleh sebagian besar orang dan beberapa produsen kayu. Jenis kayu tersebut yaitu kayu meranti.

Kayu meranti meranti merupakan jenis kayu yang cukup populer di tanah air, bukan tanpa alasan, sebab kayu meranti ini dikenal sebagai kayu yang tahan rayap. Oleh karena itu, pemanfaatannya cenderung lebih sering dipakai sebagai bahan baku kontruksi dan furniture. Namun tak jarang pula digunakan sebagai alas lantai, tiang, papan tangga dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya mengenai kayu meranti, mulai dari pohonya, jenis-jenisnya, hingga karakteristik beserta kelebihan dan kekurangannya. Simak ulasannya dibawah ini :

Pohon Meranti Khas Kalimantan

Pohon meranti banyak ditemukan di daerah Kalimantan, namun bila dilihat penyebarannya, flora bergenus Shorea ini dapat juga dijumpai di beberapa kawasan Asia lainnya. Mereka menyebar mulai dari arah barat, Srilanka, India Utara, Filipina Timur hingga ke pulau Maluku.

mengenal pohon meranti khas Kalimantan

Biasanya pohon meranti ini lebih suka tumbuh di daerah hutan hujan tropika dan menjadi jenis flora yang dominan di area tersebut. Tahukah Kalian, bahwa ketinggian pohon meranti pernah di dokumentasi oleh para ahli yang tingginya mencapai 88,3 meter yang tertanam di Nasional Perbukitan Tawau.

Pertumbuhan pohon meranti sendiri tergolong cukup lambat, hal ini lantaran pohon meranti termasuk kedalam jenis kayu yang keras yang dimana jenis kayu keras kebanyakan pertumbuhannya sangat lambat.

Karakteristik kayu meranti

ciri-ciri kayu meranti yang jarang orang ketahui

Setiap jenis kayu memiliki karakter yang berbeda-beda. Pemanfaatan olahan kayu dapat efektif dan efisien apabila dilakukan sesuai dengan prosedur dan karakter kayu itu sendiri. Nah pada karakteristik kayu meranti ia memiliki tekstur yang ditentukan berdasarkan sel kayu dan keseragaman ukuran sel kayu yang menyusun kayu.

Pada umumnya, ciri-ciri kayu meranti ini dapat dilihat dari ciri batas lingkar yang tumbuhnya tidak jelas, pembuluh berpori baur, ganda radial dan persebaran tunggal. Serat tensturnya cenderung rata. Hebatnya, Serat kayu meranti ini termasuk kedalam jenis kayu dengan serat terbaik di kelasnya, karena serat kayu meranti mempunyai ikatan antar serat kayu 1 dengan serat kayu lainnya sangat baik.

Baca juga : Karakteristik Kayu Keruing

Jenis-Jenis Kayu Meranti

Uniknya, kayu meranti ini memiliki beberapa jenis. Setidaknya saat ini terdapat 3 jenis kayu meranti yang sudah banyak dikenal oleh segelintir orang, diantaranya yaitu :

terdapat 3 jenis kayu meranti, meranti merah, kuning & putih

1. Meranti merah

Pada umumnya, meranti merah bantak ditemukan di daerah hutan Asia Tenggara, terutama Indonesia. Menariknya, kayu meranti merah ini dapat berbaur dengan tanaman lain, sehingga dapat tumbuh dimana saja dengan kondisi tanah yang random. Akan tetapi tidak bisa tumbuh di tanah liat.

Karakteristik kayu meranti merah mempunyai warna gelap kemerahan dengan adanya warna coklat keunguan, terdapat pula garis putih resin yang berada di bagian di antara serabut didalamnya. Biasanya jenis kayu meranti merah ini banyak dimanfaatkan untuk bahan baku bangunan atau kontruksi karena memiliki daya tahan yang baik terhadap pembusukan, cuaca ayau suhu, tidak mudah lapuk dan tahan rayap.

2. Meranti putih

Kayu meranti putih ini sangat berbeda 180 derajat dengan jenis kayu meranti merah, pasalnya kayu meranti putih hanya bisa tumbuh di kondisi tanah tertentu dan umumnya tumbuh di ketinggian 1000 mdpl.

Namun yang berbeda dar segi karakteristiknya, yang dimana kayu meranti putih memiliki tekstur yang halus dan terkesan licin meskipun permukaannya cenderung kasar. Secara pemanfaatan, pada umumnya kayu meranti putih ini sering digunakan sebagai bahan baku furniture seperti lemari, kursi dan meja.

3. Meranti kuning

Dan yang terakhir, kayu meranti kuning ini memiliki karakteristik dengan tekstur permukaannya yang paling kasar dibandingkan dengan kayu meranti putih dan merah. Pori-pori kayunya juga sangat besar dan cukup terlihat. Serta memiliki warna kuning kecoklat-coklatan hampir menyerupai kayu bengkirai, dan warnanya akan semakin gelap seiring bertambahnya usia kayu tersebut.

Namun yang berbeda disini ialah, kayu meranti putih cenderung lebih mudah terkena serangan hama atau rayap, tidak dapat bertahan dari pembusukan, cuaca atau suhu kelembaban. Maka dari itu, perlu bahan pertimbangan untuk memanfaatkan jenis kayu meranti putih ini sebagai bahan bangunan, furniture atau kontruksi.

Kelebihan & Kekurangan Kayu Meranti

Seperti pada jenis kayu kebanyakan yang memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing, kayu meranti juga memiliki plus minusnya tersendiri. Berikut inilah dia kelebihan dan kekurangan kayu meranti :

Keunggulan kayu meranti

plus minus kayu meranti untuk furniture & kontruksi

  • Kuat dan awet

Kayu meranti merah tergolong kedalam jenis kayu yang memiliki kualitas cukup bagus, baik dari segi ketahanan maupun keawetannya. Jenis kayu meranti merah seperti kayu jati grade A. Kayu meranti merah mempunyai tingkat kekuatan kelas II-IV dengan tingkat keawetan kelas III-IV, kayu meranti merah ini mampu beratahan hingga puluhan tahun.

  • Mudah dikeringkan

Kadar kandungan air yang dimiliki kayu meranti yaitu sekitar 15% dengan berat jenis sekitar 0,3-0,86. Meskipun kandungan airnya tergolong cukup banyak, namun kayu meranti ini termasuk juga kedalam jajaran kayu yang mudah dikeringkan.

  • Anti rayap

Kayu meranti termasuk kedalam jenis kayu yang tahan akan serangan rayap, kutu kayu, hama atau pertumbuhan jamur sekalipun, karena kayu meranti ialah kayu kayu keras sehingga bukan hanya tahan rayap saja melainkan tidak mudah menyusut alias stabil.

  • Tergolong cukup mudah untuk diolah

Kayu meranti ini meskipun termasuk jenis kayu yang keras, akan tetapi mudah dalam hal pengolahannya. Bahkan kayu meranti banyak disukai olah para produsen kayu atau pengrajin kayu untuk dijadikan sebagai bahan baku furniture maupun bangunan.

Kelemahan kayu meranti

inilah kekurangan kayu meranti

  • Teskturnya agak kasar

Tekstur yang kasar dan permukaan yang cenderung tidak halus, menjadikan kayu meranti ini salah satu jenis kayu dengan proses finishing yang akan memakan waktu yang cukup lama. Hal ini menjadi salah satu kekurangan dari kayu meranti.

  • Tidak terlalu awet

Meskipun kayu meranti itu kuat, namun dari segi keawetannya masih tergolong cukup rendah. Sehingga bila kalian ingin memakai kayu meranti perlu dipertimbangkan kembali. Pasalnya, kayu meranti tidak terlalu kuat terhadap perubahan cuaca atau suhu.

  • Harga kayu meranti tergolong cukup mahal

Sebagai olahan kayu yang sering dipergunakan untuk berbagai macam kebutuhan di bidang tertentu, kayu meranti dijual dengan harga yang terbilang cukup mahal. Hal ini bukan tanpa asalan, usia kayu meranti menjadi hal utama perihal harga. Selain itu, masalah akomodasi juga menjadi peranan penting mengapa harga kayu meranti menjadi mahal.

Baca juga : Plus Minus Kayu Kamper

Manfaat Kayu Meranti

manfaat kayu merantai untuk furniture & interior rumah

Pemanfaatan kayu meranti di bidang tertentu terbilang cukup banyak, mulai dari bidang furniture, kontruksi hingga dijadikan sebagai elemen dekorasi pada hunian atau bangunan. Papan kayu meranti bisa digunakan untuk berbagai keperluan seperti lantai parket atau lantai kayu, railing tangga, papan tangga kayu, rangka atap, jedela, pintu hingga dijadikan sebagai bahan baku pembuatan kusen.

Namun di era yang modern ini, kayu meranti lebih sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan furniture atau perabotan rumah tangga seperti meja, kursi, lemari, rak dan lain sebagainya. Ketimbang dimanfaatkan sebagai bahan baku kontruksi, mengingat kualitas kayu meranti sendiri yang tergolong kurang bagus untuk hal tersebut.

Baca juga : Manfaat Kayu Trembesi Untuk Hunian

Harga kayu meranti

harga log kayu meranti per kubik & per meter

Harga kayu meranti sangat bervariasim tergantung ukuran dan jenisnya. Biasanya ada yang menjual kayu meranti dengan harga batangan yang dibandrol sekitar 80 ribu hingga 130 ribuan per satuannya. Namun terdapat pula harga furniture kayu meranti yang sudah jadi, seperti daun pintu meranti yang dijual sekitar 1,5 juta, sedangkan untuk kusen jendela sekitar 1,2 juta dan terdapat pula harga lemari kayu meranti yang beragam, mulai dari harga 3 jutaan.

Baca juga : Harga Kayu Sungkai

Perbandingan Kayu Meranti Dengan Kayu Jati

Bila kalian ingin menggunakan kayu meranti, sebaiknya ketahui terlebih dahulu perbandingan kayu meranti dengan kayu jati, apakah dari segi kualitas dan tampilannya sama? Yuk simak ulasannya dibawah ini :

perbandingan kayu merantai dengan kayu jati

Konon kabarnya, kayu jati mempunyai tekstur yang paling bagus diantara jenis kayu kebanyakan, namun jenis kayu meranti merah juga memiliki tekstur dan serat kayu yang bagus. Aka tetapi bila dilihat dari perbandingannya, tekstur kayu jati jauh lebih unggul.

Selain itu, kualitas kayu jati juga jauh lebih mendominasi. Yang dimana tingkat kekerasan kayu jati kelas I-II sedangkan tingkat keawetannya kelas I-II. Berbanding terbalik dengan kualitas kayu meranti yang tingkat kekuatannya saja kelas II-IV sedangkan tingkat keawetannya kelas III-IV.

Perbandingan harga kayu jati dengan harga kayu meranti, terlihat sangat signifikan. Harga kayu meranti jauh lebih murah bila dibandingkan dengan harga kayu jati perhutani pada umumnya.

Bagaimana, apakah kalian tertarik ingin menggunakan kayu meranti sebagai bahan baku furniture, kontruksi atau sebagai elemen dekorasi?

Bagi kalian yang ingin mempercantik tampilan hunian atau bangunan menggunakan olahan kayu solid seperti kayu jati, bengkirai, merbau, kayu ulin, hingga kayu sintetis. Dengan produk berupa, lantai kayu parket, decking kayu, dinding kayu, tangga kayu hingga plafon kayu lambersering dan pagar kayu minimalis. Bisa langsung mengubungi salah satu pihak marketing kami yaa.

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai kayu meranti, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat untuk kalian yang sedang berencana ingin memakai kayu meranti. Cukup sekian dan terimakasih.

(Visited 18 times, 1 visits today)
Scroll to Top
Open chat
Hallo
Ada yang bisa saya bantu?
%d bloggers like this: