10 tips mendesain apartemen studio minimalis

Salah satu hunian yang banyak dijadikan pilihan warga kota besar adalah apartemen studio. Apartemen studio merupakan hunian praktis dan fasilitasnya yang lengkap. Ukurannya memang tidak sebesar rumah pada umumnya, namun apartemen studio bisa ditata dengan sedemikian rupa sehingga bisa nyaman untuk penghuninya.

Ukuran apartemen yang tergolong minimalis kerap jadi penghambat bagi kamu untuk merencanakan desain interior dan menatanya sesuai dengan keinginan. Contohnya saja karena perabot atau furnitur yang terlalu besar, pencahayaan yang minim, warna-warnanya membuat ruangan terasa sempit, dan lain sebagaimnya. Karena inilah kamu jadi malas dan mengurungkan keinginan untuk mewujudkan desain interior yang kamu inginkan.

Namun kini kamu jangan mengeluh lagi karena kamu bisa mencoba beberapa tips mendesain apartemen studio yang nyaman yang bisa kamu jadikan inspirasi dan referensi.

10 Tips Mendesain Apartemen Studio Minimalis

Membagi Area

membagi area apartemen

Apartemen studio memang memiliki luas yang tergolong sempit, yakni hanya terdiri dari satu ruang. Namun hal ini bukan berarti jadi halangan untuk kamu membuat apartemen studiomu jadi hunian yang nyaman. Kamu juga perlu membagi apartemen studio menjadi beberapa bagian meskipun apartemen studio hanya terdiri dari satu ruang. Dengan membaginya menjadi beberapa area yang jelas, kamu bisa lebih mudah dalam beraktivitas. Selain itu, pembagian area juga bisa membuat apartemenmu terlihat lebih rapi dan tertata.

Area bisa kamu bagi sesuai dengan fungsinya. Namun dalam pembagian ini, janganlah menggunakan pembatas seperti dinding atau partisi, karena justru akan membuatnya terlihat semakin sempit. Kamu bisa menggunakan furnitur sebagai pembatas, misalnya sofa dan karpet untuk membatasi antara area tempatmu tidur dengan area untuk menonton TV.

Kurangi Penggunaan Motif

kurangi penggunaan motif

Agar apartemenmu terkesan luas, kurangilah penggunaan motif yang terlalu ramai. Sebaiknya kamu menggunakan perabot, cat dinding, dan dekorasi dengan dominasi warna-harna yang soft dan simpel. Jika menggunakan motif yang terlalu ramai maka akan membuat ruanganmu terlihat sempit dan sesak yang bisa mengganggu kenyamanan.

Namun hal ini bukan berarti kamu tidak boleh menggunakan motif sama sekali, jika ingin menggunakan motif, kamu bisa menerapkannya pada wallpaper dinding di salah satu dinding, karpet, atau juga sarung bantal.

Jangan Lupakan Cermin

cermin apartemen minimalis

Tips lainnya agar apartemen studiomu nyaman adalah dengan menggunakan cermin. Cermin yang dipasang di apartemen bisa memberikan ilusi ruangan lebih luas.  Kamu bisa memasang cermin dengan bentuk vertikal memanjang ke bawah sehingga ruangan bisa terlihat lebih panjang. Jika ingin terlihat lebih lapang, kamu bisa memasang cermin yang cukup lebar di salah satu dinding apartemenmu.

Pilih Futrniture Yang Tepat
furtninture untuk apartemen minimalis

Furnitur yang harus kamu pilih untuk menciptakan apartemen studio yang nyaman adalah furnitur yang memang menitikberatkan pada fungsi. Sebaiknya gunakan furnitur dengan bentuk yang ramping agar bisa menghemat tempat. Hindarilah menggunakan lemari yang berpintu dengan ukuran yang besar karena bisa membuat ruangan tampak sesak dan sempit. Jika memungkinkan, kamu bisa membeli atau kostumisasi furnitur yang bisa multifungsi dan menunjang kamu beraktivitas sehari-hari di apartemen.

Misalnya saja ranjang tempat tidur yang memiliki lemari atau laci penyimpanan di bawahnya, meja makan lipat, lemari belajar dengan laci, dan sebagainya. Kamu juga bisa memaksimalkan ruangan dengan memanfaatkan dinding sebagai tempat untuk menyimpan benda-benda kamu. Seperti rak simpel yang ditempel di dinding, yang juga bisa kamu jadikan tempat untuk menyimpan dekorasi atau koleksi pribadimu.

Hal ini berlaku juga pada bagian lantai, yang mana anda bisa menggunakan lantai dari kayu seperti kayu jati ataupun kayu merbau yang menawan. Lantai kayu memiliki segudang manfaat selain dari segi tampilan. Anda bisa mengenali terlebih dahulu tentang lantai kayu dalam artikel : Kenali Tipe Lantai Kayu Solid dan Pemasangannya

Mengatur Pencahayaan

mengatur pencahayaan apartemen

Pencahayaan adalah elemen yang sangat penting dlaam menciptakan kenyamanan terlebih pada ruangan yang sempit seperti apartemen studio. Pencahayaan alami atau juga pencahayaan lampu tidak hanya berfungsi penting sebagai sumber penerangan, nmaun juga bisa memberikan ilusi dan kesan luas pada ruangan.

Jika apartemen studiomu memiliki jendela besar, maka manfaatkanlah jendela tersebut dengan maksimal sebagai sumber cahaya alami dari matahari. Dengan mendapatkan cahaya yang cukup, apartemen studiomu akan terkesan lebih segar dan sehat.

Artikel Terkait : Tips Desain Ruang Tamu Minimalis

Gunakan Warna Yang Sesuai

warna minimalis apartemen

Warna sangat mempengaruhi kesan dan kenyamanan hunian, termasuk untuk di apartemen studio. Jika kamu ingin mengusung konsep yang chic, sporty, minimalis modern, dan konsep lainnya, itu tergantung dari warna yang menjadi latar dan dominan dari sebuah ruangan. Jika kamu ingin membuat apartemen studio menjadi terkesan lebih luas, sebaiknya kamu menggunakan warna-warna netral dan terang sehingga satu ruangan akan terasa luas. Sementara itu jika ingin membuat ruangan lebih ceria, kamu bisa menggunakan warna-warna yang terang seperti kuning, hijau, lilac, merah, dan sebagainya.

Namun perlu diingat juga jika kamu menggunakan warna-warna yang terang dan mencolok, berilah ruang di beberapa bagian agar apartemen memiliki kesan yang lebih luas. Cara untuk menyiasatinya yakni dengan mengunakan furnitur dalam jumlah yang sedikit.

Kosongkan Area Jendela

jendela apartemen minimalis

Jika apartemen studiomu memiliki jendela di salah satu sisinya, kamu bisa mengosongkan area ini untuk area lapang. Kamu bisa meletakkan televisi dengan layar datar yang digantung di tembok supaya tidak memakan tempat. Dengan begitu, area ini bisa terlihat lebih luas. Sebaiknya hindari menggunakan meja yang berukuran besar atau meletakkan lemari di area ini karena bisa memberikan kesan yang sempit. Jendela sebagai bukaan alami akan membuat apartemenmu menjadi lebih sehat dan segar. Desain apartemen yang minimalis seperti ini juga akan membuatmu merasa nyaman ketika berkumpul dengan keluarga atau kerabat terdekatmu.

Menggunakan Rak Display Tanpa Kaki

rak untuk apartemen minimalis

Penggunaan rak display tanpa kaki dilakukan untuk menyiasati ruangan supaya terlihat semakin luas. Rak gantung bisa kamu gunakan dan jadi solusi untuk mendesain apartemen studio minimalismu. Selain memberikan efek luas, rak gantung seperti ini juga akan membuat tempatmu terlihat bersih karena tidak ada kotoran atau debu tak terlihat yang sulit dibersihkan di area tertutup.

Manfaatkan Area Dapur Dekat Pintu Masuk

dapur apartemen minimalis

Dapur dekat area pintu masuk sudah sering ditemukan di model apartemen-apartemen studio khusus mahasiswa di luar negeri. Kamu bisa mengadaptasi desain ini, dimana area transisi antara pintu masuk dengan kamar mandi atau ruang inti bisa kamu manfaatkan sebagai area dapur. Terlebih lagi jika kamu merupakan tipe yang banyak melakukan kegiatan di luar apartemen, ukuran dari dapur tidak memerlukan area yang besar. Untuk dapur ini, kamu bisa membuatnya dengan kitchen set mini. Meskipun areanya minimalis, namun dapur tetap bisa memenuhi fungsi dan kebutuhanmu sebagaimana mestinya. Jangan lupa juga untuk memasang penghisap asap kompor agar area lainnya tidak terasa sumpek karena kegiatanmu di dapur.

Memaksimalkan Furtnitur Ruang Tidur Hanya Satu Sisi

kamar tidur apartemen minimalis

Agar kesan minimalis di apartemen studiomu maksimal dan bisa memberikan kenyamanan, kamu bisa memilih furnitur untuk ruang tidur dengan nuansa kayu atau nuansa putih. Agar terasa luas dan fungsional, kamu bisa menggunakan tempat tidur yang di bawahnya terdapat laci penyimpanan. Kamu juga bisa memilih tempat tidur tanpa dipan jika menginginkan ruang tidur yang ringan dan minimalis.

Baca Juga : Inspirasi Kamar Ala Korea

Usahakan untuk menempatkan furnitur secara sejajar agar ruangan terasa lebih luas. Gunakan juga cermin-cermin besar di beberapa sisi yang sempit. Menggunakan cermin ini bisa memberikan kesan yang lebih luas pada ruangan karena memantulkan ruangan dan cahaya lampu ruangan.

(Visited 22 times, 1 visits today)
Scroll to Top
Open chat
Hallo
Ada yang bisa saya bantu?
%d bloggers like this: